Sukses


Garuda Select Angkatan Ketiga Berangkat, Siap Menimba Ilmu di Inggris, Italia, dan Jerman

Bola.com, Jakarta - Setelah melewati proses seleksi dan penyaringan yang panjang, akhirnya program Garuda Select angkatan ketiga resmi akan dimulai. Hal ini bersamaan dengan dilepasnya para pemain di Jakarta pada Rabu (2/12/2020).

Dalam upacara pelepasan itu, hadir Perwakilan Mola TV, Mirwan Suwarso, Wakil Sekjen PSSI, Ira Puspita, dan hadir melalui komunikasi virtual, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali. Para pemain Garuda Select telah berangkat ke Inggris pada Kamis (3/12/2020) malam WIB.

Melalui sambutannya, Ira Puspita yang hadir mewakili Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, mengapresiasi Program Garuda Select yang sudah berjalan hingga musim ketiga ini. Para pemain ini diharapkan bisa menjadi bibit-bibit muda berbakat Indonesia untuk bisa memperkuat Timnas Indonesia di masa mendatang.

"PSSI memiliki cita-cita dalam pengembangan usia muda. Target pencapaian terhadap cita-cita tersebut dilakukan dengan melaksanakan beberapa program kerja sama dengan berbagai pihak, satu di antaranya adalah program akselerasi pembinaan pemain antara PSSI dengan Mola TV yang pada 2020 ini merupakan gelaran yang ketiga kalinya," tutur Ira dalam rilis Mola TV.

"PSSI berharap semua pemain bisa terus meningkatkan kualitas individu mereka. Jangan cepat menyerah dalam menimba ilmu selama mengikuti program di Eropa agar kelak menjadi tumpuan tim nasional," jelas Ira.

Perwakilan Mola TV, Mirwan Suwarso, menekankan agar para pemain bisa memaksimalkan kesempatan langka ini untuk bisa mengasah kemampuan mereka sambil belajar banyak hal baru selain sepak bola. Diharapkan, dengan metode serta berbagai fasilitas penunjang yang ada selama di Eropa, mampu meningkatkan kualitas individu dari masing-masing pemain.

"Kalau untuk membentuk tim Garuda Select, itu ranahnya PSSI. Mola TV hanya membantu mengembangkan bakat-bakat yang ada, untuk menjadi pemain yang lebih baik. Tolok ukur keberhasilan dari program ini adalah para pemain mampu meningkatkan performa dari hari ke hari lewat latihan yang didapat," kata Mirwan.

"Nantinya para pemain akan bergabung dengan beberapa pemain dari negara lain untuk melatih keberanian serta mental mereka. Jadi, mereka juga bisa mempelajari budaya dari bangsa lain sebagai bekal mereka nanti," tutur Mirwan.

Selain di Inggris, Garuda Select angkatan ketiga juga bakal menimba ilmu di Italia dan Jerman. Total 20 pemain dipercaya oleh direktur sepak bola Dennis Wise dan pelatih Des Walker.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 3 halaman

3 Pemain Lama Ikut Serta

Dalam rombongan pemain yang berangkat, ada tiga pemain dari angkatan kedua diberangkatkan kembali. Hal ini adalah tahapan kedua dari bagian program Garuda Select, di mana pemain terbaik dari musim sebelumnya masuk ke tahapan berikutnya dan mendapatkan latihan lanjutan dari musim sebelumnya.

Ini adalah bentuk tanggung jawab dari Program Garuda Select tahapan kedua, yaitu pengembangan pemain seperti yang dialami oleh Bagus, Bryllian, David Maulana pada musim lalu, untuk memberikan pelatihan level berikutnya dalam pembinaan kemampuan pemain.

Ketiga pemain tersebut adalah Fernando Pamungkas, Edgard Amping, dan Rafli Asrul. Kehadiran mereka diharap bisa menjadi penghubung antara tim pelatih dan para pemain angkatan ketiga yang baru bergabung tahun ini.

"Sejauh ini biasanya mereka sering bertanya kepada saya soal kondisi di Inggris. Saya memberi tahu untuk jaga kondisi karena cuaca di sana berbeda dengan di sini. Banyak hal baru yang akan didapat di sana. Kalau untuk kekompakan, saya yakin tidak ada masalah karena komunikasi berjalan lancar," jelas pemain yang akrab disapa Nando tersebut.

3 dari 3 halaman

20 Pemain Garuda Select Angkatan Ketiga

1. Wahyu Agung Drajat Mulyono - eks Persebaya U-16

2. Hokky Caraka - PSS U-16

3. Frezy Al-Hudaifi - Bhayangkara U-16 (Astam)

4. I Gusti Made Rendi Sanjaya Putra - Persebaya U-16

5. Muhammad Faqih Maulana - Bhayangkara U-16 (Tajimalela)

6. Noval Junior Iskandar - FASS Junior

7. Krisna Sulistia Budianto - Gabsis Sambas

8. Adre Arido Geovani - Bina Taruna

9. Ridwan Ansori - Persib U-16

10. Dustin Pratama Bramantio - Persela U-16

11. I Putu Dipa Yogi Arta- Bali United U-16

12. Ridho Syuhada Putra - PSIS U-16

13. Daniel Naa - Bhayangkara U-16

14. Rafli Asrul - Garuda Select II

15. Fernando Pamungkas - Garuda Select II

16. Edgar Amping - Garuda Select II

17. Ibnu Murarak - Kalimantan Timur

18. I Gede Aditya Juli Antara - Persebaya U-16

19. Muhammad Faiz Maulana - Bina Taruna

20. Roki - Gabsis Sambas

Video Populer

Foto Populer