Sukses


6 Pesepak Bola Indonesia Nyambi Jadi Youtuber, Rajin Bikin Konten dan Banyak Subscriber

Bola.com, Jakarta - Tak hanya pesepak bola internasional, pemain Indonesia belakangan juga mulai 'nyambi' menjadi Youtuber. Fenomena unik ini mulai populer di Indonesia dalam dua tahun terakhir.

Para pesepak bola menjadikan Youtube sebagai media untuk lebih dekat dengan suporter dan penggemar. Contohnya adalah pesepak bola Indonesia yang gemar membuat konten seputar kegiatannya di dalam dan luar lapangan.

Aktivitas itu dilakukan ketika sedang memiliki waktu luang. Bahkan, mereka memproduksi konten secara profesional dan sudah memiliki tim penyunting sendiri.

Kegiatan menjadi Youtuber memang bisa menambah penghasilan di luar sepak bola. Dengan status sebagai pesepak bola, mereka tidak kesulitan dalam mendapatkan subscribers.

Selain itu, konten menarik yang dibuat juga mengundang banyak viewers. Contohnya adalah melakukan pembicaraan seputar sepak bola dan kegiatan di luar lapangan sesama pesepak bola.

Namun, sisi negatifnya adalah para pesepak bola mulai alergi terhadap media massa. Jika ada sesuatu hal yang menjadi rumor, mereka lebih memilih memanfaatkan konten pribadi sebagai media klarifikasi.

Bola.com mencatat ada enam pesepak bola Indonesia yang aktif sebagai Youtuber. Mereka dikenal rajin membuat konten dan memiliki banyak subscribers. Siapa saja?

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 6 halaman

Marc Klok

Gelandang Persija Jakarta, Marc Klok, mulai rajin membuat konten di Youtube sejak kompetisi Shopee Liga 1 ditunda. Padahal, Klok sudah memiliki channel Youtube sejak 21 Juli 2017.

Channel Marc Klok berisi kegiatannya di dalam dan luar lapangan. Belakangan, Marc Klok mulai merambah ke dunia perbincangan alias podcast.

Di antaranya adalah podcast bersama Irfan Bachdim hingga pemain Timnas Belanda, Ryan Babel. Marc Klok sejauh ini sudah membuat 39 konten video dengan jumlah subscribers mencapai 21 ribuan.

3 dari 6 halaman

Bambang Pamungkas

Legenda Persija Jakarta, Bambang Pamungkas, setelah pensiun ini dikenal rajin membuat konten di Youtube. Sejauh ini, channel Bambang Pamungkas yakni Bepe20 memiliki 61 ribuan subscribers.

Padahal, pemain yang akrab disapa Bepe itu baru membuat channel Youtube pada 11 Mei 2019. Konten yang dibuat juga baru berjumlah 29 video.

Konten yang dibuat Bepe mayoritas berisi kegiatan di luar sepak bola. Contohnya adalah kuliner, perbincangan dengan pesepak bola, hingga cerita seputar karier dan kehidupannya.

4 dari 6 halaman

Hanif Sjahbandi & Rendy Juliansyah

Hanif Sjahbandi dan Rendy Juliansyah mulai serius membangun channel Youtube sejak 2 Mei 2020. Namun, keduanya terbilang sukses dalam membangun channel karena jumlah subscribers mencapai 68 ribuan.

Channel bernama Hanif & Rendy Show ini sudah memiliki 94 video. Mayoritas kontennya berisi perbincangan dengan para pesepak bola.

Hanif dan Rendy gemar menggali pengalaman dari para pesepak bola. Mereka juga andal dalam menggali topik-topik sisi lain di dalam dan luar lapangan.

5 dari 6 halaman

Atep

Atep juga dikenal rajin membuat konten di Youtube. Legenda Persib Bandung itu sejauh ini sudah memiliki 85 ribuan subscribers.

Channel bernama Atep TV itu sudah join ke Youtube sejak 16 Januari 2017. Sejauh ini, Atep TV sudah memproduksi 107 video dengan jumlah 12 jutaan viewers.

Dalam konten video yang dibuat Atep TV, tak sekadar berbicara tentang sepak bola. Namun, Atep gemar berbagi informasi unik seputar kegiatan di luar lapangan.

6 dari 6 halaman

Hamka Hamzah

Bek Persita Tangerang, Hamka Hamzah, bisa dikatakan sebagai pesepak bola Indonesia dengan jumlah subscriber tertinggi di Indonesia. Sampai Rabu (16/12/2020), Hamka Hamzah melalui channel-nya Hamka Story 23 sudah memiliki 268 ribuan subscribers.

Jumlah yang sangat tinggi untuk channel Youtube yang dimulai pada 9 April 2018. Pencapaian itu didapat berkat rutinitas Hamka Hamzah dalam membuat konten.

Sejauh ini, Hamka Hamzah sudah membuat 217 konten dengan total viewers mencapai 21 jutaan. Mayoritas konten Hamka Hamzah adalah perbincangan dengan pemain-pemain sepak bola Indonesia dan kegiatannya di luar lapangan.

Video Populer

Foto Populer