Sukses


Melangkah ke Piala AFC, Persipura Tak Mau Terus-terusan Dikaitkan dengan Persija

Bola.com, Jakarta - Persipura Jayapura bakal tampil pada Piala AFC 2021. Namun, Persipura merasa jengah dengan beredarnya rumor kesempatan berkiprah di kasta kedua Asia itu, karena mereka menggantikan posisi Persija yang awalnya disodorkan PSSI sebagai wakil Indonesia bersama Bali United.

Asisten Manajer Persipura Bento Madubun menyampaikan istilah Persipura menggantikan Persija ini tidak tepat.

"Saya perlu tegaskan bahwa Persipura lolos ke AFC Cup, karena permintaan langsung dari AFC berdasarkan aturan yang berlaku. Jadi kami bukan menggantikan siapa-siapa, karena Persipura finish kompetisi sebagai peringkat ketiga, maka Persipura berhak untuk itu," kata Bento.

Jadi penggunaan kata 'menggantikan' menurut Bento Madubun tidak tepat.

"Kata menggantikan itu tidak pas dan itu cukup mengganggu kami. Jatah tampil di Piala AFC memang bukan hak runner up Piala Indonesia. Yang menunjuk runner up Piala Indonesia yang salah, siapa? Ya Exco. Mereka yang putuskan itu, jadi mereka yang salah. Dalam hal ini jelas Persija tidak salah karena penunjukkan itu," ujarnya.

Dari telaah regulasi yang dirilis AFC, menurut Bento, PSSI tidak mengikuti Entry Manual for AFC Club Competitions 2021.

Pada Pasal 9 tentang Sporting Criteria atau Kriteria Keolahragaan tertulis bahwa slot tiket ke turnamen antarklub Asia menjadi jatah bagi pemenang kompetisi domestik, turnamen domestik, runner-up kompetisi domestik, peringkat kompetisi domestik, dan posisi keempat kompetisi domestik.

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Jangan Dikaitkan Lagi

Jika PSSI menyodorkan Persija jelas tak sesuai dengan Pasal 9 tersebut karena posisi Macan Kemayoran sebagai runner-up Piala Indonesia tak tercantum pada Pasal 9 itu. Sementara Persipura sebagai penghuni peringkat ketiga Liga 1 sebagai kompetisi domestik masuk dalam aturan Pasal 9.

Jika dirunut kembali, sebenarnya Persebaya juga berhak tampil di Piala AFC 2021. Namun Bajul Ijo tak lolos dalam klub licensing AFC. Secara gradasi, maka otomatis Persipura lah yang naik sebagai wakil Indonesia di Piala AFC 2021.

"Jadi untuk lebih jelasnya harus seperti itu (aturan entry manual AFC). Jadi jangan dibungkus-bungkus lagi," tuturnya.

Mantan Media Officer Persipura ini secara bijak mengajak semua pihak untuk cooling down dan tak membuat narasi baru.

"Kami juga sudah lelah dengan semua ini, jangan lagi jadi panjang, mari kita akhiri polemik ini. Mari kita kembali pada aturan AFC," pesan Bento Madubun.

Video Populer

Foto Populer