Sukses


PSS Mengusulkan Shopee Liga 1 2021 Digelar 2 Wilayah

Bola.com, Sleman - PSS Sleman, melalui Dirut klub Marco Gracia Paulo memiliki gagasan tentang format ideal untuk kompetisi musim 2021.

Satu di antaranya adalah format dua wilayah yang dirasa paling pas untuk menjalankan kompetisi dalam masa pandemi COVID-19.

"Setelah melalui rangkaian ajang pra musim di bulan Februari-Maret, baru kemudian jadwal pelaksanaan kompetisi di bulan Mei atau Juni sampai Desember 2021," papar Marco Gracia Paulo, Selasa (19/1/2021).

PSSI segera mengambil sikap setelah melihat hasil pertemuan virtual antara PT LIB dengan para perwakilan klub. Adapun hasil pertemuannya adalah kesepakatan menghentikan Shopee Liga 1 2020.

PSS Sleman juga meminta federasi segera merealisasikan wacana kompetisi tahun 2021, terutama perihal jadwal yang diusulkan setelah Idul Fitri 2021 atau bulan Juni.

"Bisa setelah Idul Fitri, logikanya tidak mungkin secara kompetisi penuh. Namun dengan format dua wilayah, karena jadwal akan panjang pemain rentan cedera," ungkapnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Regulasi Ditentukan PSSI dan AFC

Di sisi lain, PSS Sleman juga tak mempermasalahkan sistem degradasi yang bisa kembali diaktifkan oleh PSSI. PSSI sempat menerapkan regulasi tanpa degradasi baik di Liga 1 maupun Liga 2, ketika status kompetisi berjalan force majeure.

Menurut Marco, pelaksanaan kompetisi tidak boleh meninggalkan sisi persaingan yang sportif. Namun, ia menyerahkan wewenang memutuskan regulasi tersebut kepada PSSI, melalui persetujuan AFC.

"Kemudian untuk degradasi atau tidak itu semua wewenang di PSSI, asal sesuai persetujuaan AFC. Memang ada banyak hal harus diperhatikan, jangan sampai hilang kompetitif di Liga Indonesia," tuturnya.

"Kompetisi tujuannya persaingan dan tidak boleh takut adanya degradasi. Tidak boleh khawatir, yang memalukan adalah memutuskan secara teruru-buru. Waktu masih panjang, 2021 bisa kompetisi pertama setelah pandemi," jelas Marco.

Video Populer

Foto Populer