Sukses


5 Rahasia Robby Darwis Rebut 2 Medali Emas SEA Games Bersama Timnas Indonesia, Kedisiplinan Nomor Satu

Bola.com, Bandung - Robby Darwis menorehkan prestasi yang cukup komplet saat berkiprah sebagai pemain. Bukan hanya melegenda di Persib Bandung, Robby juga harum kiprahnya bersama Timnas Indonesia

Pemain kelahiran Bandung 30 Oktober 1964 itu dua kali merengkuh medali emas di ajang SEA Games, pada 1987 dan 1991. Prestasi itu belum pernah disamai oleh pemain Indonesia lainnya. 

"Dua medali itu didapat dengan perjuangan cukup berat, terutama dari sisi mental, kemudian kami harus mengikuti intruksi pelatih. Dalam situasi apapun kami memang harus kerja keras, pasti akan ada hasilnya," tutur Robby Darwis dalam channel Youtube Simamaung.

Robby mengatakan saat pembentukan Timnas Indonesia untuk persiapan SEA Games 1987 dan 1991, proses seleksi sangat selektif dan berat.

"Terutama dalam penggabungan era Perserikatan dan Galatama itu tentu membutuhkan pelatih yang benar-benar jeli. Pemain yang terpilih harus benar-benar bisa mengangkat nama baik persepakbolaan Indonesia," kata Robby.

"Saya merasa dari dulu sampai sekarang tidak beda jauh dari segi latihan, segi permainan, dan taktik. Selalu sama ama dari zaman ke zaman. Tetapi dulu memang kebersamaan terjalin lama sekali, terutama dalam event-event sebelum menuju SEA Games atau Asian Games," tambah Robby.

Event yang diikuti Timnas Indonesia sebelum bertempur di ajang SEA Games tersebut antara lain Malaysia, Thailand, dan Sinngapura. "Semua pemain dikirim ke event tersebut untuk menambah pengalaman, jadi begitu seleksi sudah siap dan kondisinya prima, kemudian latihan juga berkelanjutan dan tidak pernah terganggu, jadi fokus," imbuh Robby Darwis.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Rahasia Bersinar di Timnas Indonesia

Apa rahasia Robby bisa bersinar dan berprestasi bersama Timnas Indonesia? Robby menyebutkan setiap orang punya resep yang berbeda-beda. 

Dia setidaknya menyebutkan lima resep, yaitu disiplin, mau maju, bermental juara, bisa mematuhi aturan, dan mau menambah porsi latihan sendiri. 

"Kalau saya dari dulu memang cita-citanya ingin jadi pemain timnas, kemudian saya punya karakter ingin maju, terutama dalam kedisiplinan. Lingkungan juga berpengaruh karena mental dan kedisiplinan itu banyak tantangannya. Setiap dipanggil saya tidak pernah bolos atau mangkir sesuai dengan keinginan dari pelatih," kata Robby.

"Maka itu secara keseluruhan saya sebagai pemain nasional, masalah kedisiplinan harus bagus. Pemain juga harus bisa mematuhi aturan dari PSSI dan dan dari pelatih itu sendiri, lalu 100 persen kita bekerja sesuai dengan program pelatih," kata Robby lagi.

Robby juga mengatakan pemain harus memiliki mental juara, mau menambah porsi latihan sendiri selain yang diberikan oleh pelatih, terutama demi menutupi kekurangannya.

"Jadi kalau latihan sendiri harus lebih berat lagi daripada apa yang diberikan pelatih itu. Kita harus berusaha dengan porsi lebih, atas kemauan sendiri dan kepribadian sendiri. Selain itu harus punya cita-cita ingin maju dan menjadi pemain terbaik bisa dilakukan seperti yang saya inginkan," ucap Robby.

 

Video Populer

Foto Populer