Sukses


Ingin Pensiun di Persib, Ferdinand Sinaga Buka-bukaan Mengenai Sosok I Made Wirawan

Bola.com, Jakarta - Ferdinand Sinaga mengenang satu di antara pemain Persib yang menurutnya punya pengaruh besar dalam kariernya. Pemain tersebut bukan berposisi sebagai penyerang, melainkan sang kiper andalan, I Made Wirawan.

Ferdinand Sinaga resmi bergabung dengan Boavista FC pada 2 Februari 2021. Pemain berusia 32 tahun itu menandatangani kontrak berdurasi setahun bersama klub asal Timor Leste tersebut.

Ferdinand Sinaga tak menampik memiliki kedekatan dengan kiper Persib Bandung, I Made Wirawan. Kedekatan itu sudah terjalin jauh sebelum keduanya pernah bermain setim di Persib Bandung dan Timnas Indonesia.

Striker yang kerap menjadi langganan Timnas Indonesia itu menganggap I Made sebagai sosok kebapakan yang bisa memimpin rekan-rekannya.

"Duluan saya yang menonton bang Made, beliau duluan yang tenar, jadi saya sering nonton. Lalu 2010 saya bertemu bang Made di Timnas Indonesia untuk Pra-Piala Dunia," kata Ferdinand lagi.

"Waktu itu saya masih di Persiwa. Kebetulan saya satu kamar sama bang Made, jadi ada tukar pikiran antara senior dengan junior. Dia sangat kebapakan, terlepas dari dia lebih senior, maneha oge (dia juga) suka kasih arahan," sambungnya.

"Jadi bukan cuma di Persib, tapi di Timnas juga sekamar."

2 dari 4 halaman

Pensiun di Persib?

Persib memang memberikan kenangan manis buat Ferdinand Sinaga. Bukan hanya itu saja, pemain yang telah berusia 32 tahun itu menghabiskan masa kecilnya di Bandung, tepatnya Cicalengka.

Saat ditanya apakah ia mau pensiun di Persib, Ferdinand Sinaga hanya bisa berharap. "Saya mengikuti lah. Sekarang kan banyak tim yang lebih memilih pemain muda. Jadi saya ikut saja tim yang mau pemain berkepala tiga."

"Tapi jangan lihat umur. Lihat totalitasnya!"

3 dari 4 halaman

Robert Rene Alberts Tertarik Boyong Ferdinand Sinaga

Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts, mengaku sangat tertarik mendatangkan Ferdinand Sinaga. Terlebih, karakter permainan Ferdinand Sinaga yang pernah bermain bersama Maung Bandung juga sudah diketahui oleh pelatih asal Belanda itu.

Namun, keinginan untuk mendatangkan Ferdinand tidak hanya berdasarkan keputusan dari tim pelatih saja, tapi harus juga ada keputusan manajemen Persib Bandung.

"Ferdinand Sinaga selalu menjadi topik panas di Bandung. Mendengar nama 'Si Dragon' di Bandung selalu membuat antusias. Tentunya Ferdinand dan saya mempunyai hubungan yang bagus selama berada di Makassar," ujar Robert usai memimpin sesi latihan di Stadion GBLA, Kota Bandung, Selasa (2/3/2021).

Robert Alberts pun mengaku kerap membangun komunikasi dengan Ferdinand Sinaga yang belum lama ini dikabarkan bergabung dengan klub Timor Leste.

"Tentunya Ferdinand mau datang bermain di Persib, saya pernah berdiskusi dengannya, dia suka Bandung, mengenal Bandung, dan keluarganya juga tinggal di Bandung. Saya selalu berharap bisa membawa Ferdinand ke dalam tim, tapi bukan saya yang mengambil keputusan," ungkap Robert.

4 dari 4 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer