Sukses


Penjelasan Lengkap Polri Terkait Penundaan Mendadak Duel Timnas Indonesia Vs Tira Persikabo

Bola.com, Jakarta - Kepolisian Republik Indonesia memberi penjelasan terkait pembatalan secara mendadak duel uji coba Timnas Indonesia melawan Tira Persikabo, Rabu (3/5/2021) malam WIB.

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri, Ahmad Ramadhan, menyebut proses perizinan yang mendadak diajukan membuat pihaknya tak cukup waktu untuk melakukan kajian keamanan.

Duel Timnas Indonesia melawan Tira Persikabo batal terlaksana satu jam sebelum kick-off yakni pukul 19.00 WIB. Pembatalan itu dipimpin langsung Kapolsek Tanah Abang, Kompol Singgih Hermawan, yang beralasan laga tersebut tak memiliki izin.

Ahmad Ramadhan membenarkan, panita pelaksana pertandingan mengajukan izin pada hari H pertandingan. Hal itu tak sesuai dengan mekanisme Polri, di mana sebuah kegiatan harus mengajukan izin keramaian tujuh hari sebelum penyelenggaraan.

"Surat yang masuk tentunya membutuhkan waktu untuk diproses Polri. Kami memiliki mekanisme dalam mengeluarkan izin tersebut, salah satunya adalah melakukan kajian yang lebih dalam dari sisi keamanan dan lain-lain," kata Ahmad Ramadhan dalam konferensi pers, Kamis (4/3/2021).

"Itu sudah sesuai dengan peraturan, pengajuan izin keramaian yakni harus diajukan tujuh hari sebelum kegiatan, atau seminggu sebelumnya. Kami sampaikan jika pertandingan tersebut bukan dibatalkan, namun ditunda," tegas pria berpangkat Kombes Polisi itu.

Tindakan yang dilakukan Polri dengan membatalkan pertandingan uji coba Timnas Indonesia melawan Tira Persikabo pada Rabu (3/3/2021) sudah sesuai aturan. PSSI melalui Sekjen Yunus Nusi juga mengajukan permintaan maaf atas kelalaian pihaknya.

"PSSI mengerti dan memahami kenapa Mabes Polri belum mengizinkan pertandingan. Mungkin karena izin kami (PSSI) terlalu mendadak, sehingga Mabes Polri perlu melakukan kajian lebih mendalam sebelum mengeluarkan izin. Dengan ini PSSI meminta maaf kepada Mabes Polri yang sudah direpotkan,'' ujar Yunus Nusi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Izin Keluar dan Jadwal Baru

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri, Ahmad Ramadhan, juga mengonfirmasi izin pertandingan uji coba Timnas Indonesia sudah keluar. Terdapat jadwal baru dengan waktu kickoff yang juga berubah.

"Hasil koordinasi PSSI dan Mabes Polri adalah pertandingan tetap berlangsung. Pertandingan pertama digelar 5 Maret 2021. Lalu, yang kedua digelar pada 7 Maret 2021 di Stadion Madya," ujar Ahmad Ramadhan.

Menurut izin yang diajukan, tak ada perubahan lawan yang akan dihadapi Timnas Indonesia. Ahmad Ramadhan menyebut waktu kick-off menjadi pukul 19.00 WIB yang semula dijadwalkan 20.00 WIB.

"Pertandingan pertama Timnas U-22 melawan Tira-Persikabo. Yang kedua, berhadapan dengan Bali United. Waktunya adalah pukul 19.00 WIB," jelas Ahmad Ramadhan.

Video Populer

Foto Populer