Sukses


Berkarier dalam Usia 40 Tahun, Beto Goncalves Merasa Tertantang

Bola.com, Surabaya - Striker naturalisasi Beto Goncalves berpotensi menjadi satu di antara beberapa pemain tertua yang akan tampil di Liga 1 2021. Pemain yang kini menjadi milik Madura United itu telah berusia 40 tahun, usia yang sangat gaek untuk pemain depan.

Namun, kualitasnya di atas lapangan masih patut diandalkan. Produktivitasnya dalam mencetak gol yang membuatnya menjadi pemain pertama yang dikontrak Madura United untuk musim 2021.

Beto Goncalves sudah mulai mengikuti pemusatan latihan Madura United yang digelar di Kota Batu. Beto sebenarnya baru saja menempuh perjalanan panjang dari Brasil. Namun, semangat besar membuatnya ingin segera bertemu dengan rekan-rekan setimnya.

Pemain berdarah Brasil itu merasa musim ini bakal menjadi tantangan yang tidak mudah. Beto menyadari kondisi fisiknya sudah mulai menurun seiring makin bertambah usia, apalagi kini sudah memasuki kepala empat.

"Saya akan kembali bersiap, karena umur saya sudah tidak muda seperti dulu. Usia 40 tahun memang harus khawatir. Tapi, di sana saya sudah melakukan persiapan. Memang bisa kuat dan siap untuk berkompetisi. Tidak mudah pemain berusia 40 tahun bisa dikontrak," ujar Beto.

Pada musim 2020, Beto sempat dipinjamkan ke Sriwijaya FC yang tampil di Liga 2 2020. Namun, dia belum sempat kembali unjuk kemampuan bersama Laskar Wong Kito lantaran kompetisi dihentikan.

Penyerang berpostur 175 itu tercatat mulai bergabung dengan Madura United pada musim 2019 dan telah menyumbang 21 gol dalam 30 penampilan. Angka itu cukup apik di usianya saat itu yang telah mencapai 39 tahun itu.

Pemain kelahiran 31 Desember 1980 itu merupakan fenomena unik dengan koleksi golnya yang melimpah selama berkarier di Indonesia. Dia tidak ragu untuk kembali memiliki target pribadi dalam mencetak gol untuk Madura United musim ini.

“Setiap kami bergabung di klub, target saya harus mampu mencetak dua puluh gol,” ucap Beto Goncalves.

Video

2 dari 2 halaman

Dukungan Keluarga

Dukungan keluarga juga menjadi satu di antara beberapa alasan utama bergabung dengan Madura United. Ia mengaku sudah memiliki banyak teman di klub tersebut, dan tidak pernah punya masalah, baik dengan klub atau para pemain.

“Saya senang, keluarga juga senang saya bisa kembali ke Madura United. Saya pasti akan berikan yang maksimal di mana pun saya berada. Di sini juga tidak berbeda, saya pasti juga kerja keras biar bisa maksimal dan ada prestasi dengan Madura United,” ujarnya.

“Saya sudah lama di Madura United, tapi belum bisa menyumbang trofi. Saya bekerja dengan teman-teman supaya tahun ini bisa menjadi tahun yang sukses,” tutur pemilik nama lengkap Alberto Goncalves da Costa tersebut.

Beto Goncalves sebenarnya bukanlah pemain pertama yang pernah tampil di Liga 1 pada usia yang sudah tak lagi muda. Sebelumnya, terdapat striker naturalisasi Cristian Gonzales yang membela Arema FC saat berusia 41 tahun.

Video Populer

Foto Populer