Sukses


Persela Menatap Piala Menpora 2021: Uji Kelayakan Laskar Joko Tingkir Usai Eksperimen Cuci Gudang

Bola.com, Jakarta - Persela Lamongan menjalani start yang buruk pada Liga 1 2020, namun 'untungnya', kompetisi terhenti karena pandemi virus corona. Kini, manajemen timnya telah merombak susunan pemain dengan melakukan cuci gudang menyambut Piala Menpora 2021.

Tiga kekalahan beruntun didapat tim berjulukan Laskar Joko Tingkir itu dari tiga pertandingan pembuka Liga 1 2020. Apesnya, Persela Lamongan dibekap PSIS Semarang di Stadion Surajaya, markas mereka, dengan skor 2-3.

Menyambut Piala Menpora 2021 dan Liga 1, Persela Lamongan melakukan perubahan skuad secara masif. Setidaknya, per 7 Maret 2021, total sudah 13 pemain yang hengkang dan tidak akan ambil bagian bersama Laskar Joko Tingkir di Piala Menpora 2021.

Beberapa di antaranya merupakan pemain yang terhitung baru membela Persela Lamongan sejak musim 2020. Di antaranya adalah bek kanan Novan Sasongko, kiper Reky Rahayu, striker Diego Banowo, dan striker Gabriel do Carmo.

Khusus Gabriel do Carmo, penyerang asing asal Brasil itu sebetulnya sempat ingin terus membela Persela. Namun apa daya, manajemen Persela memutuskan untuk tidak memertahankannya, termasuk dua legiun asing lainnya, Marcus Vinicius Vidal Cunha dan Brian Ferreira.

Per 2 Maret 2021, Persela memiliki 19 pemain Mereka adalah pemain yang sudah lama menjadi bagian klub seperti Eky Taufik dan Birrul Walidain. Lalu ada pula Ahmad Bustomi, dan Malik Risaldi.

Tiga pemain anyar juga diumumkan pada hari yang sama. Satu di antaranya adalah Nasir, pemain asli Tuban yang pernah membela Arema FC selama tiga musim pada 2017-2019 sebelum bergabung dengan Persebaya Surabaya pada 2020, namun belum sempat tampil dalam laga resmi.

Dua hari berselang, giliran gelandang serang muda berusia 20 tahun, yakni Adrianus Dwiki Arya Purnomo. Dwiki sudah bergabung dengan mengikuti latihan bersama skuat Laskar Joko Tingkir di Stadion Surajaya, Lamongan, Kamis (4/3/2021) pagi. Dia datang dengan status sebagai pemain pinjaman dari Persija Jakarta.

Persela memastikan, proses seleksi pemain masih dilakukan, termasuk mencari pemain asing. "Semua posisi masih seleksi untuk asing,"

"Masih kita komunikasikan, karena ada yang masih di luar negeri," tandas Agus Hariyono, asisten manajer Persela Lamongan.

Video

2 dari 4 halaman

Promosikan Pemain Persela U-20, Coret 6 Pemain Seleksi

Selain itu, klub asal Kota Soto itu juga memutuskan mempromosikan tiga pemain yang sebelumnya berstatus pemain Persela U-20. Mereka adalah Misbakhul Choiri, David Beckham, dan Ferry Setiawan.

Persela sudah menjalani latihan perdana untuk menyongsong musim 2021 sejak Senin sore (1/3/2021). Namun, hanya terdapat 17 pemain yang baru ikut berlatih dalam agenda di Stadion Surajaya, Lamongan, itu.

“Latihan sekaligus untuk menyeleksi beberapa pemain sebagai tambahan mengisi beberapa posisi yang kosong,” ucap Yunan.

Di sisi lain, keseriusan manajemen tim menyongsong Piala Menpora 2021 dan Liga 1 tak tanggung-tanggung. Mereka mencoret enam pemain seleksi yang dinilai tak masuk skema tim.

Pelatih Persela, Didik Ludianto, menuturkan ada beberapa pertimbangan yang membuatnya mengeluarkan kebijakan tersebut. Namun, nama-nama pemain yang dicoret masih belum bisa diumumkan.

“Kami berdiskusi dengan tim pelatih (soal pencoretan pemain). Ada lima orang (pemain yang dicoret). Kalau untuk itu (pemain baru), nanti perlu ada pembicaraan dengan manajemen,” kata Didik.

“Kami sudah tahu kebutuhan pemain seperti apa. Ini untuk main di Liga 1 juga. (Kalau tidak terpilih) bukan karena jelek, tapi lebih kebutuhan kami pemain siap pakai,” imbuhnya.

3 dari 4 halaman

Menang 7-0 dalam Laga Uji Coba

Persela Lamongan sukses memetik kemenangan dalam laga uji coba kontra tim Porprov Lamongan. Mereka menang dengan skor mencolok 7-0 dalam laga yang digelar di Stadion Surajaya, Lamongan, Sabtu (6/3/2021).

Dalam laga ini, pelatih Persela, Didik Ludianto, menurunkan para pemain yang bergabung dengan status seleksi untuk proyeksi Piala Menpora 2021. Duel ini dibagi dalam tiga babak, dengan masing-masing berdurasi 40 menit, 35 menit, dan 40 menit.

“Saya melihat kerangka tim sudah mulai terbentuk, meski permainannya tentu masih belum seperti yang saya harapkan. Anak-anak juga merasakan itu. Mungkin karena sudah lama tidak bertanding jadi perlu adaptasi,” ungkap Didik kepada Bola.com.

Didik juga tidak cepat merasa puas dengan apa yang ditunjukkan oleh Eky Taufik dkk. Menurutnya, ada beberapa hal yang tetap mengalami perbaikan, meski berhasil memenangkan laga dengan skor besar dan tidak kebobolan.

“Secara keseluruhan, kami tidak banyak mendapat ancaman, karena kualitas tim yang dihadapi di bawah kami. Setidaknya, anak-anak sudah merasakan kembali situasi pertandingan. Ini jadi awal untuk ke depannya,” kata arsitek tim asli Lamongan itu.

“Yang jelas saya tidak melihat hasilnya tapi bagaimana permainan secara individu dan secara unit. Tadi kami menekankan dua kali sentuhan. Kami hanya ingin membentuk karakter Persela Lamongan yang dipersiapkan untuk Piala Menpora,” imbuhnya.

4 dari 4 halaman

Skuad Sementara untuk Piala Menpora 2021

Data per 7 Maret 2021:

Reza Agus Febrian, Rio Agata, Moch. Zaenuri, Feri Sistianto, Ahmad Ubaidillah, Nasir, Birrul Walidan, Eky Taufik (C), Sheva Mendeita, Lucky Wahyu, Dwiki Arya, Ahmad Bustomi, Syahroni, Revan Joni Nurianto, Rizky Sena, Riyatno Abiyoso, Friska Womsiwor, Malik Risaldi, Misbakhul Choiri, David Beckham S, Ferry Setiawan, Brian Ferreira (untuk Liga 1), Marcus Vidal (masih dipinjamkan ke Liga Rumania).

Video Populer

Foto Populer