Sukses


Menanti Kepak Sayap PSS di Piala Menpora 2021: Pembuktian Era Baru Elang Jawa

Bola.com, Sleman - Era baru PSS Sleman akan dimulai tahun ini, dan tentunya diawali dengan tampil di turnamen pramusim Piala Menpora 2021. Tim kebanggaan Brigata Curva Sud (BCS) dan Slemania ini bisa menjadi tim penuh kejutan.

Suasana baru di tim Elang Jawa sudah tampak sejak hadirnya investor yang dipimpin Marco Gracia Paulo dari 2020. Pondasi yang kuat dibangunnya untuk PSS Sleman sebagai kekuatan baru di Liga 1.

Diawali dari pencapaian apik saat debutnya di Liga 1 2019. PSS yang saat itu menjadi tim promosi, secara mengejutkan finis di posisi delapan klasemen akhir. Alhasil tidak banyak perubahan tentang komposisi skuatnya pada musim 2020.

Sayangnya, pandemi COVID-19 memaksa sepak bola Indonesia ikut berhenti selama satu tahun. PSS justru memanfaatkan situasi dengan memperkuat diri, termasuk melakukan perombakan cukup besar.

Untuk pemain lokal mereka tidak banyak mengalami perubahan, dan sebagian besar masih dipertahankan. Muka lama masih menghiasi, seperti Ega Rizky, Derry Rachman, Bagus Nirwanto, Arthur Irawan, hingga bintangnya Irfan Bachdim.

Perbedaan paling besar ada pada daftar pemain asingnya, dengan hanya mempertahankan bek Aaron Evans asal Australia. Tiga ekspatriat yang sebelumnya merupakan andalan PSS telah dilepas, yakni Yevhen Bokhasvili, Zah Rahan, dan Guilherme Batata.

Namun anak asuh Dejan Antonic terus memperkuat diri dengan melakukan rekrutan mengejutkan pada musim ini. Tim yang berdiri sejak 1976 tersebut berpotensi sebagai tim yang matang dan satu di antara beberapa tim favorit di Piala Menpora nanti.

"Ada dimensi baru yang belum pernah disentuh, dieksplorasi, dan manajemen PSS saat ini berani melakukannya. Membuat apa yang ada sekarang ini memang baru. Jadi terkesan tidak biasa. Mungkin kemarin kami biasa-biasa saja. Untuk itu kami ingin tunjukkan bahwa PSS bisa dan memang luar biasa," kata Dirut PSS Sleman, Marco Gracia belum lama ini.

Video

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Komposisi Skuat

Pada tahun ini, PSS Sleman telah melepas sembilan pemain lokalnya, ditambah trio ekspatriat. Namun pembelian 'cerdas' juga berhasil dilakukan PSS untuk menambah kekuatan mereka.

Diawali dengan keberhasilan mempertahankan pilarnya yang lebih dulu sukses di tim PSS, seperti penjaga gawang Ega Rizky yang begitu sulit tergantikan, dan ditambah kiper tak kalah tangguh, Miswar Saputra serta kiper muda potensial Adi Satryo.

Kemudian barisan pertahanan yang tetap setia antara lain Bagus Nirwanto, Asyraq Gufron, Purwaka Yudhi, Derry Rachman, Arthur Irawan, dan Samsul Arifin. Mereka cukup membuktikan kekompakan sejak musim lalu.

Justru kekuatan di lini belakang bertambah dengan bertahannya Aaron Evans dan datangnya bek asal Serbia, Mario Maslac. Kemudian bek senior penuh pengalaman, Fabiano Beltrame, dan hadirnya mutiara asal Papua, Fandry Imbiri.

Dejan Antonic tidak perlu pusing dengan stok pemain tengah yang melimpah. Nama-nama musim lalu masih ada, seperti Wahyu Sukarta, Ocvian Chanigio, Misbakus Solikin, Jefri Kurniawan, dan Irkham Zahrul Mila.

Kemudian datang para gelandang baru PSS, seperti Kim Jeffrey Kurniawan, Irfan Jaya, dan playmaker berdarah Argentina, Nicolas Leandro Velez. Sementara di lini depan, sosok Irfan Bachdim tetap akan menjadi pilihan utama untuk berkolaborasi dengan pemain muda, seperti Saddam Emiruddin Gaffar dan Dwi Rafi Angga.

3 dari 4 halaman

Peluang di Piala Menpora

Tim berlogo candi Prambanan tersebut akan berjuang di Grup C Piala Menpora, dengan menghadapi empat wakil Jawa Timur. Persebaya Surabaya, Persela Lamongan, Persik Kediri, dan Madura United adalah lawan-lawan yang harus dihadapi PSS Sleman.

Melihat komposisi dan kedalaman skuatnya, PSS masih bisa bersaing. Skuat PSS yang cukup mewah di atas kertas, setidaknya membuat tim ini lebih diunggulkan dari lawan-lawannya. Kekuatan mereka bisa disejajarkan dengan Madura United yang masih menjaga kualitas timnya untuk Grup C nanti.

Terlebih PSS era baru memang sedang ingin membuktikan diri bukanlah tim biasa-biasa saja seperti tahun-tahun sebelumnya. Hasil minor pada tiga laga awal Shopee Liga 1 2020, sudah sepantasnya ditebus musim ini yang diawali dengan turnamen pramusim.

"Bagi PSS, lewat Piala Menpora ini dapat tercipta chemistry pemain lama dan yang baru bergabung. Waktu persiapan memang mepet, tapi tim harus siap. PSS tidak menargetkan juara, tapi optimistis lolos dari fase grup," tegas manajer tim PSS, Danilo Fernando.

4 dari 4 halaman

Daftar Pemain PSS Sleman

Kiper: Ega Rizky, Miswar Saputra, Muhammad Adi Satryo

Belakang: Bagus Nirwanto, Asyraq Gufron, Purwaka Yudhi, Derry Rachman, Arthur Irawan, Samsul Arifin, Jodi Kustiawan, Dendi Agustian, Aaron Evans, Fabiano Beltrame, Mario Maslac

Gelandang: Wahyu Sukarta, Ocvian Chanigio, Misbakus Solikin, Jepri Kurniawan, Irkham Zahrul Mila, Kim Jeffrey Kurniawan, Irfan Jaya, Nicolas Leandro Velez

Depan: Irfan Bachdim, Saddam Emiruddin Gaffar, Dwi Rafi Angga

Pelatih: Dejan Antonic

Video Populer

Foto Populer