Sukses


Persebaya di Piala Menpora 2021: Membangun Asa Setelah Ditinggal 12 Pemain

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya menjadi bahan perbincangan sejak Februari 2021. Itu menyusul sebanyak 12 pemain yang memilih hengkang. Itu sudah termasuk empat pemain asing serta pemain top macam Irfan Jaya dan Hansamu Yama.

Tapi, klub berjulukan Bajul Ijo itu mampu mempertahankan lebih banyak pemainnya. Sebanyak 17 nama memutuskan tetap berseragam Persebaya. Di antaranya adalah Rachmat Irianto, Arif Satria, Oktafianus Fernando, dan Mochammad Supriadi.

Mereka berusaha untuk tetap menjalankan agenda tim memasuki musim baru. Salah satu kebijakan yang mengejutkan adalah dengan tidak merekrut pemain asing. Persebaya bahkan berencana tampil dengan skuat muda di Piala Menpora 2021.

“Salah satu tujuan manajemen mengikuti Piala Menpora ini adalah yang terpenting bagaimana bibit-bibit pemain muda siap tampil di kompetisi. Di samping itu, kami akan berusaha maksimal mendapatkan prestasi,” kata pelatih Persebaya, Aji Santoso.

Nama-nama yang masih belum berpengalaman pun bermunculan di skuat arahan Aji Santoso. Beberapa diantaranya adalah Rizky Ridho, Koko Ari Araya, hingga Frank Rikard Sokoy.

Persebaya juga merekrut lima pemain anyar yang diprediksi bakal berpengaruh penting buat tim. Selain Frank Rikard, masih ada Satria tama, Reva Adi Utama, Ady Setiawan, hingga Samsul Arif.

Jangan lupakan juga tiga pemain yang menjalani trial dan patut ditunggu aksi-aksinya, yakni Meru Kimura, Thaufan Hidayat, serta Rivaldi Bawuo.

Melihat kondisi itu, Persebaya terkesan tidak banyak jor-joran lagi seperti musim 2020. Mereka berusaha untuk tetap bisa bersaing dengan kontestan lain dengan mengorbitkan nama-nama baru.

“Saya tetap akan berusaha maksimal di Piala Menpora nanti. Paling tidak tim Persebaya dengan pemain muda bisa berbuat banyak. Yang terpenting lagi adalah bagaimana saya bisa memberi kesempatan kepada pemain-pemain muda ini untuk bisa mendapatkan jam terbang untuk di kompetisi nanti,” imbuh legenda Persebaya Surabaya itu.

 

Video

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

Masih Bongkar Pasang

Total sekarang terdapat 25 pemain yang bergabung dengan Persebaya Surabaya, itu sudah termasuk tiga pemain trial. Namun, komposisi lini depan masih minim karena stok striker yang sudah dikontrak hanyalah Samsul Arif.

Aji Santoso menyadari kekurangan pemain depan timnya. Dia juga masih dalam proses untuk merekrut pemain baru demi memenuhi kebutuhan tersebut.

“Posisi yang paling urgen ada di pemain depan, terutama striker. Karena kami masih punya Samsul, sambil mencari siapa yang akan kami rekrut. Yang jelas posisinya sudah pasti ada, kami juga masih mencari untuk mendapatkan striker,” imbuh Aji Santoso.

Sisa pemain yang berhasil dipertahankan sudah memenuhi kebutuhan di masing-masing lini lainnya. Posisi penjaga gawang diisi oleh Satria Tama yang bakal bersaing dengan Ernando Ari Sutaryadi.

Lalu, lini belakang cukup melimpah dengan keberadaan Rachmat Irianto, Arif Satria, Rizky Ridho, Koko Ari Araya, dan Abu Rizal Maulana. Frank Rikard dan Reva melengkap komposisi ini dengan mengisi pos bek kiri.

Jumlah gelandang juga masih memenuhi dengan diisi oleh Hambali Tolib, Rendi Irwan, Muhammad Hidayat, Zulfikar Akhmad, Ricky Kambuaya, dan Muhammad Kemaluddin.

3 dari 5 halaman

Jajaran Pelatih

Komposisi jajaran pelatih Bajul Ijo juga tidak mengalami perubahan signifikan. Aji Santoso tetap menjadi pelatih kepala dengan dibantu oleh Mustaqim, Uston Nawawi, dan Bejo Sugiantoro sebagai asisten pelatih. Lalu, Benyamin van Breukelen menjabat pelatih kiper.

Hanya jabatan pelatih fisik yang mengalami pergantian. Gaselly Jun Panam, yang kini bergabung Timnas Putri Indonesia digantikan oleh Muhammad Alimuddin.

Aji Santoso merupakan pelatih yang memiliki reputasi mentereng dalam turnamen pramusim. Dia pernah mempersembahkan gelar Piala Presiden 2017 untuk Arema FC. Tiga tahun berselang, giliran Persebaya yang merasakan trofi Piala Gubernur Jatim 2020.

Di Piala Menpora 2021 nanti timnya langsung menghadapi tantangan tak mudah dengan bertemu tiga tim Jawa Timur lainnya dalam Grup C di Bandung. Di antaranya adalah Persik Kediri, Persela Lamongan, Madura United, dan PSS Sleman.

“Kalau bisa meraih yang hasil terbaik bisa, kenapa tidak? Meskipun menurut saya tidak mudah. Karena kami tidak menggunakan pemain asing, ada pemain baru. Tapi bagi saya tidak ada alasan untuk tidak berbuat banyak. Ada pemain baru dan muda, saya akan sekuat tenaga bagaimana tim ini bisa berbuat banyak,” imbuhnya.

“Kebetulan ada empat tim Jawa Timur. Tentunya ini juga pertandingan cukup bergengsi. Makanya, kami akan berusaha maksimal untuk di penyisihan grup untuk bisa lolos,” ucap pelatih berusia 50 tahun tersebut.

4 dari 5 halaman

Persaingan Grup

Calon lawan yang akan dihadapi oleh Persebaya memang cukup berat. PSS Sleman misalnya yang baru menjelma menjadi kekuatan baru dengan mendatangkan banyak pemain top. Lalu, Madura United pun tak kalah berkualitas.

Lantas, tim mana yang akan menjadi saingan terberat Persebaya untuk bisa lolos ke fase gugur nanti?

“Semua tim. Saya tidak berani meremehkan lawan yang ada di Grup C. Apakah itu Persik, Persela, Madura, bahkan PSS Sleman, itu juga tim-tim yang bagus. Tidak boleh ada yang meremehkan,” imbuh Aji Santoso.

 

5 dari 5 halaman

Daftar Skuad

Kiper: Satria Tama, Ernando Ari Sutaryadi, Andhika Ramadani

Belakang: Arif Satria, Rizky Ridho, Koko Ari Araya, Rachmat Irianto, M. Syaifuddin, Abu Rizal Maulana, Frank Sokoy, Reva Adi Utama, Meru Kimura (trial)

Tengah: Zulfikar Akhmad, Muhammad Hidayat, Ricky Kambuaya, Alwi Slamat, Rendi Irwan, Hambali Tholib, M. Kemaluddin, Ady Setiawan, Thaufan Hidayat (trial)

Depan: Samsul Arif Munip, Oktafianus Fernando, M. Supriadi, Rivaldi Bawuo (trial)

Video Populer

Foto Populer