Sukses


Harapan Besar Jacksen F Tiago: Doakan Saja Persipura Bisa Hidup Kembali

Bola.com, Jakarta - Dalam dua bulan belakangan, ada dua kabar yang sangat disayangkan. Pertama adalah dihentikannya aktivitas Persipura Jayapura sehingga tim berjulukan Mutiara Hitam itu tidak tampil di Piala Menpora 2021, lalu yang kedua hengkangnya Jacksen F Tiago.

Ketidakjelasan nasib kompetisi membuat Persipura Jayapura memilih menyetop kegiatan klub pada Januari sampai waktu yang belum ditentukan. Satu per satu, penggawa Persipura dinaungi tanda tanya, termasuk Jacksen F Tiago, meski pada akhirnya otoritas sepak bola Indonesia meranang Piala Menpora 2021 sebagai turnamen pramusim dan test case menyambut kompetisi Liga 1 2021.

"Kami kan secara resmi telah mengirim surat sebelum drawing dan menyampaikan tidak bisa mengikuti Piala Menpora. Mereka (PSSI) sudah tahu itu,” kata Benhur Tomi Mano, Ketua Persipura.

Lalu, muncul pemberitaan bahwa Jacksen resmi meninggalkan Persipura. Kabar tersebut disusul dengan isu bahwa ia eks pelatih Persebaya Surabaya itu tengah didekati dua klub luar negeri.

Dalam sebuah sesi wawancara dengan kanal YouTube Billy Brando Massie, Jacksen F Tiago tak banyak berkomentar. Ia hanya mendoakan yang terbaik agar Persipura Jayapura bisa hidup kembali.

"Timnya sudah dibubarkan sejak 6 Januari, kenapa orang baru kaget sekarang?" kata Jacksen melalui chat Facebook dengan Billy.

"Kita doakan saja Persipura Jayapura bisa hidup kembali," tambahnya lagi.

 

2 dari 4 halaman

Kelanjutan Karier

Mengenai rumor ada dua klub luar negeri yang tertarik meminangnya, Jacksen F Tiago membenarkan hal tersebut. Namun, semua masih dalam proses.

"Memang benar, saya dapat dua tawaran bekerja sama dengan dua klub luar negeri. Komunikasi sangat lancar. Tapi, karena kita sedang dalam masa pandemi, proses visa kerja agak sedikit rumit," kata Jacksen kepada Bola.com.

"Perkembangan pribadi buat saya. Umur saya 52 tahun, sebagai pelatih, boleh dikatakan saya relatif muda. Sehingga banyak ruang buat saya berkembang sebagai pelatih dan dapat pengalaman lebih lagi," katanya lagi mengenai peluang melatih tim luar negeri.

 

3 dari 4 halaman

Bikin Akademi di Timika

Jauh hari sebelumnya, Jacksen F Tiago pernah mengutarakan niatnya mendirikan sebuah akademi sepak bola di Timika. Ia berharap muncul bibit-bibit muda dari sana.

"Sudah. Arahnya sangat baik. Waktu ini sangat bermanfaat untuk saya mengurus proses ini. Lokasinya antara Surabaya, Batu, atau Timika. Anda kenal pemain bola dari Timika? Kalau tidak, itu alasannya," terangnya.

"Saat ini sedang dalam proses. Sebenarnya saya mau turun langsung. Pasca JFT Camp kemarin, terlihat antusiasme dari anak-anak maupun beberapa orang tua sangat besar."

"Sehingga saat ini, saya sedang menyeleksi beberapa profesional yang bisa membantu saya dalam akademi ini," ujarnya lagi.

Sumber: YouTube/Billy Brando Massie

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer