Sukses


Kondisi Bintang Timnas Indonesia U-19 Jack Brown Usai Operasi Cedera ACL, Paling Cepat Merumput 6 hingga 8 Bulan

Bola.com, Jakarta - Cedera Anterior Cruciate Ligament (ACL) merupakan momok menakutkan untuk semua pemain sepak bola, nahasnya cedera ini harus dialami pemain Timnas Indonesia U-19, Jack Brown.

Sosoknya yang sempat menuai pujian Shin Tae-yong kini haus menepi sangat lama akibat cedera ACL. Melalui channel Youtube Tik Tak Football First, eks pemain Lincoln City itu buka-bukaan soal kondisinya pasca cedera.

"Dari operasi sudah tujuh minggu. Kini sudah merasa lebih baik dan bisa jalan. Tapi setiap minggu latihannya di fisioterapi. Hasilnya terus naik. Jadi sekarang kalau jalan sudah enak," kata Jack Brown.

Meskipun kondisinya sudah membaik, menurut Jack Brown, dokter menyebut dirinya baru bisa beraktivitas normal sebagai pesepakbola sekitar 6-8 bulan ke depan.

"Kata dokter setelah enam bulan bakal terus latihan sama fisioterapu. Jika itu sudah terlewati, baru boleh (bermain sepak bola) ujian itu sudah boleh," ujar pemain keelahiran 2 November 2001 itu.

"Awal-awal harus latihan ringan dulu. Seperti passing. Setelah itu 7-8 bulan dari sekarang baru naik level. Seperti ikut pertandingan," lanjutnya.

Sebagai pesepakbola, Jack Brown mengaku sangat sedih harus dibebat cedera ACL. Kesedihan semakin bertambah lantaran Piala Dunia U-20 juga ikutan ditunda akibat COVID-19.

"Saat cedera tentunya sedih. Kalau tidak latihan bola, aku bingung. Karena biasanya latihan terus. Saat tahu vonis istirahat 6-7 bulan, itu sakit buat saya," Jack Brown menceritakan.

"Ditambah Piala Dunia juga ditunda. Padahal itu kesempatan, persiapan kita sudah ke luar negeri. Lalu diundur, tentu sangat sedih," lanjutnya.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Yakin Bangkit

Meskipun sedih, Jack Brown percaya diri bisa bangkit sebagai pesepakbola meski sudah merasakan cedera ACL. Dia bahkan optimistis bisa meningkatkan kemampuan usai sembuh nanti.

"Ya, bisa (saat ditanya apakah bisa bangkit setelah cedera). Kalau aku lihat sudah banyak pemain timnas dan pemain sepak bola lainnya, cedera seperti ini lalu balik ke lapangan lebih kuat," Jack Brown menuturkan.

"Kalau mereka bisa, kenapa saya tidak bisa. Kembali ke mental pemain masing-masing. Saya pasti balik lagi ke lapangan," lanjutnya.

Oleh karena itulah, meski belum boleh bermain sepak bola, Jack Brown berusaha menjaga kondisi dengan berlatih fisik yang fokus pada bagian atas tubuh atau bukan posisi yang cedera.

"Saya terus jaga kondisi. Perkuat bagian upperbody. Itu juga dibatasi oleh dokter. Maksimal dalam satu pekan cuma empat kali latihan," tambahnya.

 

Sumber: Tik Tak Football First

Video Populer

Foto Populer