Sukses


Sempat Terinfeksi COVID-19, 5 Pemain Persib Harus Menunda Vaksinasi

Bola.com, Bandung - Lima pemain Persib Bandung terpaksa tidak bisa menjalani vaksinasi COVID-19 yang digelar pada hari ini, Jumat (19/3/2021). Kelimanya sempat terkontirmasi positif saat awal tim kembali berlatih, baik ketika menjalani rapid test antigen maupun swab test PCR.

Persib Bandung memang menggelar vaksinasi COVID-19 pada hari ini jelang keberangkatan mereka ke Sleman untuk berlaga di Piala Menpora 2021. Namun, ada lima pemain di antaranya harus batal vaksin karena memang persyaratan penerima vaksin satu di antaranya adalah mereka yang pernah terkonfirmasi positif COVID-19 harus menunggu tiga bulan setelah sembuh baru bisa menerima vaksin.

"Mereka sudah negatif, tapi karena ada persyaratan vaksin baru bisa dilakukan setelah tiga bulan terkonfirmasi positif, sehingga saat ini belum bisa divaksin," ujar dokter tim Persib, Rafi Ghani, di Graha Persib, Jumat (19/3/2021).

Namun, Rafi enggan menyebutkan nama kelima pemain yang sempat terkonfirmasi positif COVID-19. Sementara untuk para pemain asing, seperti Nick Kuipers, Wander Luiz, juga pelatih asing seperti Robert Alberts dan Luizinho Passos, dijawdalkan baru akan menerima vaksin pada 26 Maret mendatang.

"Hari ini prioritasnya memang dari lokal dulu, artinya WNI. Jadi untuk pemain dan pelatih asing dijadwalkan 26 Maret pada saat Piala Menpora sudah bergulir," ujar dokter tim Persib Bandung.

2 dari 3 halaman

Vaksinasi Lebih Awal dari Jadwal

Rafi Ghani bersyukur 50 orang, antara lain pemain, asisten pelatih, ofisial, dan manajemen Persib Bandung lancar menjalani vaksinasi COVID-19 yang pertama oleh Dinas Kesehatan Kota Bandung. Pelaksanaan vaksin kedua akan dilakukan minimal dua pekan setelah vaksin pertama.

"Sebenarnya vaksin ini difasilitasi oleh Kemenpora, jadi kami sudah ada jadwal 26 Maret mendapatkan vaksin, tapi saya sebagai dokter di tim persib Bandung meminta bantuan untuk melakukan permintaan mandiri, jadi dilakukan sebelum berangkat ke Piala Menpora," jelas Rafi.

Rafi mengaku cukup khawatir setelah divaksin ada efek samping kepada skuat Maung Bandung. Apalagi Persib akan bertolak pada Senin (22/3/2021) menuju Sleman, Yogyakarta, untuk mengarungi Grup D Piala Menpora 2021 bersama Bali United, Persiraja Banda Aceh, dan Persita Tangerang.

"Tapi, mudah-mudahan setelah vaksin tidak ada efek samping, apalagi sudah dekat pertandingan karena khawatir memengaruhi performa pemain. Jadi sebelum berangkat ke Jogja kita lakukan vaksinasi. Mudah-mudahan kekebalan tubuh terbentuk dan kita bisa memutus mata rantai COVID-19 dan normal lagi," harap Rafi mengakhiri.

3 dari 3 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer