Sukses


Persebaya Tunjuk Rachmat Irianto Jadi Kapten di Piala Menpora 2021

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya resmi memiliki kapten baru untuk musim ini. Jajaran pelatih telah menunjuk pemain muda, Rachmat Irianto, sebagai kapten tim selama Persebaya tampil di Piala Menpora 2021.

“Saya sudah berbicara dengan seluruh pelatih, menunjuk Rian (sapaan Irianto) jadi kapten. Jadi, untuk di Piala Menpora ini, kapten nomor satu Persebaya adalah Rachmat Irianto,” ungkap Aji Santoso, pelatih Persebaya, kepada Bola.com, Sabtu malam (20/3/2021).

Rian sendiri sebenarnya masih berusia 21 tahun, usia yang cukup muda untuk memimpin sebuah tim. Namun, pengalamannya sudah tidak diragukan lagi karena dia memulai karier profesional bersama Bajul Ijo di usia 17 tahun.

Aji Santoso menyebutkan bahwa ada dua alasan kuat jajaran kepelatihan memilih putra Bejo Sugiantoro itu sebagai kapten. Yang utama adalah melihat potensi Rian yang mampu memimpin rekan-rekan setimnya.

“Pertama, anak ini di Timnas Indonesia juga sering jadi kapten. Kedua, saya lihat Rian juga, meskipun masih muda, dia memiliki jiwa kepemimpinan yang cukup bagus,” imbuh pelatih asli Malang itu.

Rian memiliki karakter yang ideal untuk menjadi kapten Persebaya Surabaya. Dia merupakan pemain didikan kompetisi internal Persebaya Surabaya. Sang ayah, Bejo Sugiantoro, juga berstatus legenda klub dan kini menjabat asisten pelatih.

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Jadi Kapten Sejak Bocah

 

Jiwa kepemimpinan yang dimiliki oleh Rian itu memang sudah terbukti sejak dia usia remaja. Pemain asli Surabaya tersebut kerap menjadi kapten tim di berbagai kelompok usia Timnas Indonesia.

Itu dimulai saat Rian memimpin Timnas Indonesia U-19 asuhan Indra Sjafri saat tampil di Piala AFF U-19 2017 di Myanmar.

Pemain kelahiran 1999 itu juga menjabat kapten tim dan mengangkat trofi saat Timnas Indonesia U-22 menjuara Piala AFF U-22 di Kamboja. Teranyar, dia dipercaya sebagai kapten Timnas Indonesia oleh pelatih Shin Tae-yong dalam uji coba kontra Tira Persikabo dan Bali United.

Rian juga tercatat bergabung dengan Persebaya Surabaya di usia 17 tahun pada awal musim 2017. Dia sempat menjadi kapten tim dan mencetak gol tunggal saat Bajul Ijo menang 1-0 kontra PSIS Semarang dalam laga uji coba di Surabaya pada 19 Maret 2017.

Di musim pertamanya sebagai pemain profesional, Rian kemudian mampu menyumbang titel kampiun Liga 2 2017 sekaligus menjadi tiket promosi ke Liga 1.   

Video Populer

Foto Populer