Sukses


Piala Menpora: Kolaborasi Samsul Arif dan Rifaldi Bawuo di Mata Pelatih Persebaya, Banyak Bicara Lewat Bahasa Sepak Bola

Bola.com, Bandung - Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, membuat keputusan mengejutkan saat timnya menang 2-1 atas Madura United, Minggu (29/3/2021). Dia sempat menurunkan dua striker sekaligus dalam matchday kedua Grup C Piala Menpora 2021 di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, itu. 

Mulanya, Aji menurunkan Samsul Arif sebagai striker tunggal dalam formasi 4-2-3-1. Persebaya Surabaya kemudian bermain dengan dua striker sejak menit ke-56. Rifaldi Bawuo masuk menggantikan Akbar Firmansyah.

Sekilas, kolaborasi Samsul dan Rifaldi terlihat masih belum padu. Apalagi, tak ada gol yang lahir dari kerja sama mereka. Namun, Aji Santoso memiliki pandangan yang berbeda mengenai penampilan dua strikernya itu.

“Menurut saya, justru Samsul dan Rifaldi juga banyak komunikasi melalui bola-bola bawah, melalui bahasa sepak bola, umpan-umpan. Meskipun, Rifaldi baru datang ke Persebaya, dan ketika datang, dia tidak langsung latihan karena kondisinya masih cedera,” kata Aji. 

“Bisa saya hitung, Rifaldi ini paling baru latihan 2-3 kali bareng tim. Menurut saya, sangat wajar. Saya sangat puas dengan permainan Rifaldi meskipun hanya main beberapa menit, tetapi cukup membahayakan pertahanan lawan,” imbuh pelatih Persebaya Surabaya itu.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Kontribusi Penting

Samsul Arif membukukan dua gol lewat titik putih pada pertandingan pertama melawan Persik Kediri (23/3/2021). Sayang, dia tidak lagi mencatatkan namanya di papan skor melawan Madura United.

Dalam duel bertajuk Derbi Suramadu itu, Ady Setiawan dan Rendi Saputra yang menyumbang gol untuk kemenangan Persebaya. Masing-masing lahir di menit ke-11 dan ke-72.

Rifaldi tampil cukup apik meski tak mencetak gol. Total, dia melepaskan tiga tembakan ke arah gawang Madura United dengan dua di antaranya tepat sasaran. Apa yang ditunjukkannya sudah bagus mengingat dia baru sembuh dari cedera.   

Video Populer

Foto Populer