Sukses


Buka-bukaan Yakob dan Yance Sayuri di PSM: Kembar Identik yang Ingin Main Bareng di Piala Menpora

Bola.com, Makassar - Penyerang sayap PSM Makassar, Yakob Sayuri, pantas masuk dalam daftar kandidat pemain terbaik di Piala Menpora 2021. Dalam dua laga bersama PSM Makassar di Grup B, Yakob mencetak dua gol dan satu assist.

Dalam channel youtube PSM Makassar, Yassa panggilan akrab Yakob, mengungkapkan penampilannya bakal lebih trengginas bila tampil bersama dalam satu lapangan bersama saudara kembarnya, Yance Sayuri.

Sang saudara kembar memang khusus direkrut manajemen PSM jelang ajang pramusim itu. Yassa yakin bersama kembarannya itu, tim lawan bakal kesulitan untuk meredam serangan PSM dari sisi sayap.

"Kualitas teknik kami sama saja. Saya bermain di sayap kanan sedang Yan di kiri. Semua orang di kampung sudah tahu kemampuan kami bila tampil bersama dalam satu tim. Ini soal kesempatan saja," kata Yassa yang berstatus kakak dari kembarannya itu.

Peruntungan Yassa di sepak bola memang lebih baik dari sang adik. Nama Yakob mulai mencuat setelah direkrut Barito Putera pada 2019 setelah menjadi top scorer Liga 3 zona Papua bersama Persemi Mimika.

Legenda Persipura, Eduard Ivakdalam merupakan sosok yang berperan besar pada awal karier Yakob Sayuri sebelum akhirnya berlabuh bersama PSM Makassar saat ini. Sebelumnya, Yassa hanya pemain kampung sebelum diajak bergabung ke Persewar Waropen yang ditangani Edu pada 2017 silam.

Video

2 dari 3 halaman

Kembar Identik

Layaknya kembar identik, Yakob  dan Yance Sayuri memiliki banyak kesamaan, selain wajah dan postur. Itulah mengapa orang yang baru pertama bertemu dengan mereka pasti sulit membedakan keduanya.

"Tapi, kalau keluarga dan teman-teman di kampung sudah tahu dan terbiasa dengan kami berdua. Ciri fisik yang membedakan kami terletak pada bentuk dan susunan gigi. Kalau saya rapat sedang Yan agak renggang," terang Yassa.

Dalam keseharian, keduanya kerap mendapatkan masalah yang sama. Satu contoh, kalau Yassa sakit, biasanya tak lama kemudian giliran Yan yang mengalami hal serupa.

"Malah pada satu waktu, kaki saya kena knalpot motor, sepekan kemudian Yan juga kena."

Meski keduanya memiliki banyak kesamaan, Yan mengaku sang kakak lebih rajin dan peduli pada keluarga.

"Yassa paling ringan tangan membantu pekerjaan rumah," ungkap Yan dikenal paling usil diantara mereka berdua.

"Meski sering usil, Yan yang paling disayang sama bapak," timpal Yassa yang diakui Yan selalu lebih dulu bangun pagi.

3 dari 3 halaman

Motivasi Sang Kakak

Bagi Yance Sayuri, bergabung di PSM Makassar jelang Piala Menpora 2021 adalah pertama kalinya menembus tim kasta tertinggi. Ia pun menyimpan keinginan mengikuti jejak Yakob Sayuri yang lebih dulu mentas dan sudah masuk dalam daftar panggil Timnas Indonesia.

"Saya dan Yassa percaya dengan proses. Itulah mengapa, saya terus berlatih keras sambil menunggu kesempatan. Yassa pun terus memberikan motivasi agar saya tetap fokus menjalani proses itu," papar Yan.

Termasuk ketika Yance hanya bisa menyaksikan penampilan sang kakak dari bangku cadangan PSM di Piala Menpora.

"Saya bilang ke Yan agar sabar dan terus tunjukkan kemampuan dalam latihan. Soal tampil atau tidak itu urusan pelatih," pungkas Yassa.

Video Populer

Foto Populer