Sukses


Curhat Samsul Arif, Tak Gentar Bersaing dengan Striker Asing dan Target Bersama Persebaya

Bola.com, Jakarta - Samsul Arif Munip merupakan satu di antara striker lokal yang mampu bersaing dengan pemain-pemain asing di kompetisi sepak bola Indonesia. Penyerang Persebaya Surabaya itu mengaku tak gentar untuk adu kemampuan dengan striker asing.

Mengawali karier sejak 2004, Samsul Arif pernah memperkuat klub-klub top di Tanah Air. Dia tercatat membela Persela Lamongan, Arema Cronus, Persib Bandung, dan Barito Putera.

Berposisi sebagai striker, pria yang kini berusia 36 tahun tersebut juga piawai dalam membobol gawang lawan. Pencapaian terbaiknya terjadi ketika membela Arema pada musim 2014 dan Persela musim 2017.

Pada musim 2014, Samsul Arif berhasil mendulang 16 gol dari 25 penampilan di Indonesia Super League (ISL). Koleksi tersebut membuat Samsul berada di posisi kedua top skorer ISL, dan terpaut sembilan gol dari Emmanuel Kenmogne (Persebaya 1927) yang menghuni posisi teratas.

Sementara itu, ketika berseragam Persela Lamongan di Liga 1 musim 2017, Samsul Arif mengoleksi 17 gol dari 34 laga. Dia pun menjadi pemain Indonesia tersubur dan hanya kalah dari striker asing, mulai dari Sylvano Comvalius (Bali United; 37 gol), Marclei Santos (Mitra Kukar; 24 gol), dan Alberto Goncalves (Sriwijaya FC; 22 gol).

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

2 dari 3 halaman

Tak Gentar

Samsul Arif mengakui jika kualitas dan pengalaman pemain Indonesia masih kalah dari deretan pesepak bola asing. Meski begitu, Samsul mengaku tak gentar untuk bersaing dengan striker asing yang berkiprah di kompetisi Indonesia.

"Kita tahu klub-klub di Indonesia mengalami krisis striker dalam beberapa tahun ini, mungkin juga sejak 10 atau 20 tahun belakangan. Tetapi, semua tergantung motivasi setiap pemain. Saya pribadi sering bersaing dengan jajaran top skorer di liga dan turnamen," ujar Samsul di kana YouTube Official Persebaya.

"Saya menyadari pemain asing atau striker asing menjadi sosok yang lebih dipilih oleh pelatih, karena mereka punya pengalaman, teknik, dan kemampuan di atas rata-rata pesepak bola Indonesia," tambahnya.

"Saya pribadi memiliki motivasi yang tinggi untuk bisa berada di level yang sama seperti mereka, minimal semangat harus kita jaga terus, karena level sepak bola sekarang membutuhkan pemain pekerja keras, bukan hanya teknik semata dan juga bakat. Yang terpenting adalah motivasi dan mau bekerja, dan saya berada di jalur itu," tutur Samsul Arif.

 

3 dari 3 halaman

Target Bersama Persebaya

Kini, Samsul Arif melanjutkan kariernya bersama Persebaya Surabaya sejak Maret 2021. Dia pun telah memperlihatkan ketajamannya bersama Persebaya di ajang Piala Menpora 2021.

Dari dua laga yang sudah dimainkan, pemain kelahiran Bojonegoro itu berhasil mencetak dua gol. Berkat kontribusi Samsul Arif, Tim Bajul Ijo berhasil memetik dua kemenangan dan kini bercokol di puncak Grup C dengan nilai enam.

Samsul memiliki target yang ingin bisa diwujudkannya bersama Persebaya, yakni mengembalikan masa keemasan klub. Sebagai langkah awal, Samsul Arif bertekad membawa Persebaya Surabaya menjuarai Piala Menpora 2021.

"Kita semua tahu Persebaya adalah tim yang memiliki tradisi bagus di Indonesia dan memiliki DNA juara, dan itu menjadi alasan saya bergabung dengan Persebaya," kata Samsul.

"Tim ini memiliki DNA juara dan saya yakin bisa berbuat banyak dan mengulang prestasi masa-masa emas dulu," imbuhnya.

Sumber: YouTube Official Persebaya

Video Populer

Foto Populer