Sukses


Todd Rivaldo Ferre Akui Bahasa Jadi Kendala Selama Berkarier di Thailand

Bola.com, Jayapura - Todd Rivaldo Ferre telah merampungkan masa pinjaman bersama klub Thai League 2, Lampang FC. Menurut Todd, bahasa menjadi kendala terbesarnya menjalani karier di Thailand.

Todd Rivaldo Ferre dipinjamkan ke Lampang FC selama tiga bulan periode Januari-Maret 2021. Pemain berusia 22 tahun itu tampil mengesankan dalam 12 laga dan sukses mencetak satu gol.

Meski demikian, Todd mengaku sempat khawatir saat awal-awal bermain di Thailand. Hal itu terjadi karena dia tidak fasih menggunakan bahasa Inggris dan Thailand.

"Saya tidak tahu bahasa Inggris apalagi bahasa Thailand. Makanya, yang menjadi kendala. Saya sangat takut sekali waktu pertama ke sana," kata Todd dalam wawancara dengan YouTube Persipura.

Meski begitu, Todd tidak menyerah dan berusaha berkomunikasi dengan rekannya dengan memanggil sesuai nama di jersey. Akan tetapi, hal itu sia-sia karena ternyata nama panggilan dan nama di jersey pemain di Thailand rupaya berbeda.

"Saya cuma berpatokan pada nama mereka di jersey. Ternyata nama panggilan mereka ada lain lagi makanya saya sulit sekali saat bermain di sana," tegas Todd Rivaldo Ferre.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Tidak Fanatik

Todd Rivaldo Ferre menilai, suporter klub-klub di Thailand tak terlalu fanatik. Hal itulah yang membuat bermain di Thailand menimbulkan atmosfer yang berbeda buat Todd.

"Di Thailand mereka pada saat klub sepak bola bertanding yang banyak datang ke stadion itu usianya 20 tahun ke atas. Jadi, kebanyakan orang-orang yang sudah tua," kenang Todd.

"Jadi, mereka datang hanya untuk menikmati pertandingan. Suporternya tidak sefanatik di Indonesia. Kalau Indonesia pasti suporter fanatik dan selalu menuntut tim untuk menang," tegas Todd.

Saat ini, Todd Rivaldo Ferre masih terikat kontrak sampai Januari 2023 di Persipura Jayapura. Dalam waktu dekat, Todd akan membela Persipura di Piala AFC 2021.

Video Populer

Foto Populer