Sukses


Timnas Indonesia: 4 Wajah Memukau di Piala Menpora 2021 yang Layak Dilirik Shin Tae-yong

Bola.com, Jakarta - Sejumlah pemain tampil memesona pada Piala Menpora 2021. Kiprahnya pada turnamen pramusim itu bisa saja membuat pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tergoda memanggilnya.

Timnas Indonesia akan menjalani sedikitnya lima pertandingan dalam beberapa bulan ke depan. Dimulai pada partai uji coba kontra Afghanistan pada 25 Mei 2021, lalu Oman empat hari berselang.

Dua laga persahabatan itu akan dimaksimalkan betul oleh Shin Tae-yong guna menggeber kekuatan Asnawi Mangkualam dkk. pada tiga pertandingan di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar Zona Asia. Adapun Timnas Indonesia duduk di klasemen terbawah Grup G.

Belum diketahui komposisi pemain seperti apa yang akan dipilihnya nanti, namun Shin Tae-yong akan mengumpulkan para pemain usai Piala Menpora 2021. Ketua Umum PSSI, Mochammad Iriawan mengatakan bahwa seluruh penggawa Timnas Indonesia bakal memulai pemusatan latihan pada 1 Mei 2021.

"Insya Allah Timnas Indonesia pada 1 Mei 2021 akan memulai TC di Jakarta," kata Mochamad Iriawan dilansir Bola.com dari laman resmi PSSI.

"PSSI akan mengumumkan pemain-pemain yang mengikuti TC pada akhir bulan April ini, bertepatan setelah laga final turnamen Piala Menpora 2021," ujarnya.

Piala Menpora 2021 sebetulnya bisa jadi kesempatan buat Shin Tae-yong memantau langsung pemain incarannya. Sayang, pelatih asal Korea Selatan itu mengidap COVID-19.

Ia lantas memerintahkan asisten pelatihnya, Nova Arianto guna menyaksikan pertandingan-pertandingan Piala Menpora 2021. Lee Jae-hong juga aktif memberikan pantauannya kepada Shin Tae-yong.

Piala Menpora 2021 yang telah mencapai semifinal menghadirkan fenomena unik. Sejumlah wajah segar unjuk kebolehan dan seakan menggoda Shin Tae-yong untuk memanggilnya ke pemusatan latihan. Siapa saja mereka?

2 dari 6 halaman

Hilman Syah - PSM Makassar

 

PSM Makassar mesti bersyukur memiliki Hilman Syah di bawah mistar gawang. Berkat kepiawaiannya, ia sanggup membawa timnya melaju hingga semifinal Piala Menpora 2021.

Laga kontra PSIS Semarang pada perempat final menjadi panggung utama buat kiper berusia 23 tahun itu. Hilman Syah menjadi pahlawan dengan keberhasilannya menepis dua tendangan awal PSIS dari Pratama Arhan dan Hari Nur Yulianto.

Shin Tae-yong memiliki sederet kiper, mulai dari Nadeo Argawinata (Bali United), M Adisatryo (PSS Sleman), dan Aqil Savik (Persib Bandung), namun hanya M Riyandi saja yang jadi starter di Barito Putera.

Dengan kegemaran Shin Tae-yong pada kiper muda, bukan tidak mungkin Hilman Syah mendapatkan kesempatan membela Timnas Indonesia dalam waktu dekat, apalagi kalau ia sukses mengantar PSM Makassar juara Piala Menpora 2021.

3 dari 6 halaman

Frets Butuan - Persib Bandung

 

Dari sekian pemain Persib, Frets Butuan bisa jadi yang paling konsisten sepanjang Piala Menpora 2021. Selain selalu menjadi starter sejak fase grup, pemain bernomer punggung 21 itu sering memberikan sumbangsih nyata buat Maung Bandung.

Tambahan satu gol saat berhadapan dengan PSS Sleman pada semifinal leg pertama membuat Frets telah mengoleksi tiga gol dan dua assist dari lima penampilan. Melihat performa dan kontribusinya untuk Persib, pemain kelahiran Ternate itu berpotensi kuat meraih gelar individu pemain terbaik di Piala Menpora 2021.

Jika mampu mempertahankan konsistensi hingga partai puncak, bukan tidak mungkin satu tempat di Timnas Indonesia menjadi miliknya.

4 dari 6 halaman

Assanur Rijal - Persiraja Banda Aceh

Sosok Assanur Rijal jadi sorotan publik sepak bola Indonesia pasca-Persiraja Banda Aceh menekuk Persita Tangerang dengan skor 3-1 pada laga pertama Grup D Piala Menpora 2021 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (24/3/2021).

Pada laga itu, Torres, sapaan akrabnya, memborong gol kemenangan Laskar Rencong, sekaligus menorehkan hattrick pertamanya di ajang pramusim tersebut. Dua dari tiga gol itu lahir lewat sundulan kepala Torres.

Satu gol lagi dibuatnya pada laga pamungkas Grup D kontra Persib Bandung. Meski Persiraja gagal lolos dari fase grup, hingga berita ini turun, namanya masih menjadi top scorer Piala Menpora 2021 dengan lesakkan empat gol.

Assanur Rijal 'Torres' mungkin belum bicara banyak di pentas tertinggi sepak bola Indonesia, apalagi setelah ia memutuskan hengkang ke Persis Solo, tim Liga 2. Namun itu tak menutup kemungkinan dipanggilnya striker berpostur 165 cm itu ke skuad Merah Putih arahan Shin Tae-yong.

5 dari 6 halaman

Kim Jeffrey Kurniawan - PSS Sleman

Kim Kurniawan mungkin bukan nama baru dalam kancah sepak bola Indonesia. Tapi bukan berarti namanya sudah habis tak tersisa.

Pada Piala Menpora 2021, justru kelihaiannya tercermin betul. Bergabung dengan PSS Sleman dari Persib Bandung, Kim Jeffrey Kurniawan terbilang langsung nyetel dengan permainan tim berjulukan Elang Jawa tersebut.

Ia urung mencetak gol maupun assist, namun itu memang bukan tugas utamanya. Sebagai gelandang, saudara Irfan Bachdim itu sukses menggalang lini tengah.

Dilansir dari Lapangbola.com, ia mencatatkan 18 tekel dan menjadi pemain dengan menit terbanyak, yakni 540 menit, alias selalu bermain sejak fase grup.

Ia juga melepaskan 192 operan dengan rata-rata 32 passing per laga. Ini bisa jadi poin plus buat Shin Tae-yong yang menyukai tipe pemain seperti Kim Jeffrey Kurniawan; lugas dan taktis.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Video Populer

Foto Populer