Sukses


Hilman Syah, Pahlawan PSM yang Selalu Clean Sheet Kontra Persija

Bola.com, Solo - Kiper Hilman Syah punya catatan menarik dengan tidak pernah kebobolan (kecuali adu penalti), saat membela PSM Makassar melawan Persija Jakarta di Piala Menpora 2021.

Selain dua kali clean sheet di semifinal, masih ada satu laga grup yang membuat gawangnya perawan.

Itu terjadi saat PSM menang 2-0 atas Persija dalam laga pertama Grup B. Dia seolah menjadi mimpi buruk buat pemain Macan Kemayoran yang benar-benar mandul menghadapi penjaga gawang setangguh Hilman Syah.

Saat babak adu penalti selesai, Hilman Syah menangis melihat hasil pertandingan. Dia harus rela melihat Persija yang lolos ke final dan PSM harus puas memperebutkan peringkat ketiga.

Sebab, babak adu penalti ini berakhir dengan skor 4-3 untuk Persija. Sebanyak lima tembakan pemain PSM gagal berbuah gol. Tiga di antaranya ditepis Andritany, dan dua lainnya melambung ke atas mistar.

Kiper berusia 23 tahun itu memang layak mendapat pujian. Hilman Syah dia punya keberanian dalam mengambil inisiatif menghalau serangan lawan. Misalnya saat memotong bola umpan silang yang sudah sampai ke kotak penalti.

Video

2 dari 2 halaman

Layak Dicoba di Timnas Indonesia

Hilman Syah sebenarnya baru mendapat kesempatan sebagai penjaga gawang utama PSM di Piala Menpora 2021 ini.

Sejak bergabung di Tim Juku Eja pada 2017, Hilman berada di bawah bayang-bayang kiper yang pernah dimiliki PSM seperti Rivki Mokodompit, Shahar Ginanjar, dan Miswar Saputra.

Nama Hilman sempat mencuat ketika masuk daftar panggil Timnas Indonesia U-22 yang dipersiapkan menghadapi Piala AFF U-22 pada 2019, setelah tampil apik bersama PSM pada tiga laga terakhir di Liga 1 2018. Sayang, ia kalah bersaing dengan nama familier seperti Nadeo Argawinata, Awan Setho, dan Satria Tama.

Dengan apa yang ditunjukkannya selama Piala Menpora 2021, Hilman Syah layak mendapat panggilan dari pelatih Shin Tae-yong untuk dicoba di Timnas Indonesia.

Video Populer

Foto Populer