Sukses


PSM Kalah Dramatis via Adu Penalti, Syamsuddin Batola: Selamat Buat Persija, Mereka Lebih Beruntung

Bola.com, Solo - Langkah sensasional PSM Makassar di Piala Menpora 2021 akhirnya terhenti di semifinal. Pada leg kedua di Stadion Manahan Solo, Minggu (18/4/2021), skuad asuhan Syamsuddin Batola disingkirkan seteru bebuyutannya Persija Jakarta via drama adu penalti dengan skor 3-4. Sebelumnya pada waktu normal, kedua tim bermain imbang tanpa gol.

Hilman Syah sebetulnya mampu tampil gemilang baik saat waktu normal maupun babak adu penalti. Ia melakukan banyak penyelamatan ciamik, termasuk menggagalkan penalti Marko Simic dan Riko Simanjuntak.

Pada akhirnya, Andritany Ardhiyasa yang berhasil menjadi pahlawan kemenangan Persija atas PSM Makassar. Meski gagal ke final, Syamsuddin tetap bangga dan memberi apresiasi tinggi kepada pemainnya.

"Semua pemain sudah bekerja keras pada pertandingan tadi. Saya tidak bisa berkomentar banyak. Karena adu penalti bukan semata soal teknik atau mental tapi juga keberuntungan. Saya ucapkan selamat buat Persija," kata Syamsuddin pada sesi jumpa media usai laga.

Itulah mengapa Syamsuddin tak ingin menyalahkan lima eksekutornya yang gagal menjalankan tugasnya yakni Abdul Rachman, Yakob Sayuri, Zulham Zamrun, Saldi Amiruddin dan Zulkifli Syukur.

Syamsuddin malah tanpa sungkan menyanjung penampilan kiper Hilman Syah yang mampu memblok empat tendangan penalti Persija.

"Inilah sepak bola. Pemain dunia saja bisa gagal dalam adu penalti. Jadi lebih baik kami fokus pada laga selanjutnya," terang Syamsuddin. PSM masih tampil pada perebutan tempat ketiga, Sabtu (24/4/2021) menghadapi tim yang kalah pada partai semifinal lainnya, PSS vs Persib.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Zulkifli Tetap Syukuri Pencapaian PSM

Pada kesempatan sama, kapten PSM, Zulkifli Syukur menerima kegagalan timnya dengan lapang dada. Menurut eks bek tim nasional Indonesia ini pencapaian PSM di Piala Menpora sudah luarbiasa.

Dari enam laga yang mereka mainkan, PSM tak pernah kalah dalam waktu normal. Empat dari enam laga itu, gawang PSM cleansheet.

"Kami sudah mengeluarkan seluruh kemampuan terbaik dan bekerja keras sepanjang laga. Tapi, Allah SWT berkehendak lain," ungkap Zulklifli yang menjadi eksekutor terakhir PSM pada adu penalti.

Seperti sang mentor, Zulkifli pun meminta rekan-rekannya agar segera melupakan kegagalan dan fokus menatap laga perebutan tempat ketiga.

Video Populer

Foto Populer