Sukses


Tiga Pemain Persija yang Bersinar di Leg Pertama Final Piala Menpora 2021

Bola.com, Jakarta - Persija Jakarta seperti di ambang juara Piala Menpora 2021, berkat kemenangan 2-0 atas Persib Bandung dalam leg pertama final di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis (22/4/2021) malam. Ada tiga pemain yang bersinar pada pertandingan tersebut.

Pelatih Persija Jakarta, Sudirman, melakukan sejumlah rotasi pemain. Marko Simic dibangkucadangkan, sama seperti Heru 'Hersus' Susanto.

Perjudian tersebut berhasi. Persija mampu mengobrak-abrik pertahanan Persib sejak menit pertama, bahkan mencetak dua gol cepat.

Gol dari masing-masing yang dicetak oleh Braif Fatari dan Taufik Hidayat, cukup untuk membungkam Persib sebagai musuh bebuyutannya. Kini Persija tinggal butuh hasil imbang saja pada leg kedua untuk memastikan gelar juara.

Kemenangan yang dibukukan Macan Kemayoran (julukan Persija) atas Maung Bandung, sangat dipengaruhi oleh pemain-pemain yang tampil apik.

Bola.com mengantongi tiga nama pemain Persija yang paling menonjol saat melawan Persib. Aksi-aksinya berperan besar atas keberhasilan Persija mengamankan kemenangan pada leg pertama Piala Menpora 2021. Berikut ulasannya:

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 4 halaman

Riko Simanjuntak

Pemain pilihan utama pelatih Sudirman untuk membongkar pertahanan lawan dari sektor sayap. Kecepatan dan kelincahannya sangat diharapkan oleh permainan menyerang Persija.

Jika sebelumnya Riko Simanjuntak diplot sebagai pemain pengganti atau supersub, dalam final melawan Persib, ia tampil sejak menit pertama bahkan penuh selama 90 menit.

Benar saja kontribusinya masih sangat besar untuk kualitas penyerangan Macan Kemayoran. Ia mengacak-acak baik di kanan maupun kiri pertahanan Persib. Hingga sebuah assist datang darinya untuk gol kedua yang dicetak Taufik Hidayat.

Menerima umpan dari Novri Setiawan kemudian menusuk ke kotak penalti. Riko Simanjuntak mengirimkan umpan diagonal pelan namun tak dapat dijangkau bek Persib. Taufik Hidayat berdiri bebas tanpa ampun menyelesaikannya dengan baik.

Pengalaman dan kualitas Riko Simanjuntak tak perlu diragukan lagi sebagai sosok yang penting di skuad Persija. Ia diprediksi bakal kembali dimaksimalkan perannya oleh Sudirman saat leg kedua di Solo nanti. Mengingat trofi Piala Menpora sudah tinggal di depan mata untuk Persija.

 

3 dari 4 halaman

Braif Fatari

Lama berada di bangku cadangan sebagai pemain muda, justru dimasukkan pelatih Sudirman untuk sebuah laga final. Buktinya Braif Fatari dapat mengemban kepercayaan pelatih dengan baik.

Ia ditempatkan sebagai gelandang sentral bersanding dengan playmaker Marc Klok dan Rohit Chand. Pemain anggota Timnas Indonesia U-19 tersebut dapat menjaga keseimbangan di lini tengah Macan Kemayoran.

Benar saja ia membayar kepercayaan pelatih, dengan menjadi pencetak gol kilat Persija. Laga belum genap berjalan satu menit, Braif Fatari mencatatkan nama di papan skor. Gol nya cukup apik, memanfaatkan bola luar hasil pantulan Taufik Hidayat.

Tanpa ampun ia menyelesaikan peluang emas menjadi gol. Tendangan lengkung kaki kirinya tak dapat dijangkau kiper Persib, I Made Wirawan. Gol cepat yang dicetaknya membuat mental para pemain Persib seakan runtuh.

Dengan postur jangkung, pemain yang juga anggota Timnas Indonesia U-19 ini juga piawai berduel merebut bola dari kaki lawan. Secara umum, Braif Fatari ikut menambah alternatif kekuatan lini tengah Persija saat ini.

 

4 dari 4 halaman

Taufik Hidayat

Seorang rising star baru Persija. Ia mampu membayar kepercayaan pelatihnya dengan penampilan yang ciamik. Bahkan ia turut mencatatkan namanya di papan skor, sekaligus berperan membawa timnya di ambang juara.

Secara keseluruhan, Taufik Hidayat sangat berperan besar dalam terciptanya dua gol Persija ke gawang Persib di paruh pertama. Diawali dari gol cepat Braif Fatari pada menit pertama. Bola pantulan hasil pergerakan Taufik Hidayat, sebelum diselesaikan dengan kaki kiri Braif.

Peran kedua Taufik adalah ikut berhasil menambah keunggulan Persija saat laga berjalan tujuh menit. Atau hanya berjarak enam menit setelah Braif Fatari membuka skor bagi Persija di menit pertama.

Pergerakan lincah Riko Simanjuntak dari sisi kiri mengirimkan umpan silang ke kotak penalti. Taufik Hidayat dalam posisi bebas dengan mudah mencetak gol dengan tendang kaki kanan, tanpa dapat dijangkau kiper Persib, I Made Wirawan.

Atas penampilan apik Taufik Hidayat malam ini, membuat pelatih Persija, Sudirman kini punya senjata baru dalam strateginya. Permainan Persija jadi tak lagi tergantung pada seorang Marko Simic.

Aksi Taufik Hidayat bakal kembali dimanfaatkan oleh pelatih Sudirman saat melakoni leg kedua di Solo akhir pekan nanti. Apalagi Persija hanya butuh skor imbang untuk memastikan gelar juara Piala Menpora 2021.

Video Populer

Foto Populer