Sukses


Resmi Gabung Cheongju FC, Muhammad Iqbal Susul Asnawi Mangkualam Mengadu Nasib di Korsel

Bola.com, Cheongju - Mantan pemain Timnas Indonesia U-19, Muhammad Iqbal, resmi diperkenalkan sebagai rekrutan anyar klub K-League 3, Cheongju FC. Iqbal menyusul Asnawi Mangkualam dan menjadi pemain Indonesia kedua yang bermain di Negeri Gingseng.

Muhammad Iqbal menandatangani kontrak berdurasi semusim bersama Cheongju FC. Iqbal resmi bergabung dengan Cheongju FC setelah bursa transfer paruh musim 2021 telah dibuka mulai Juni 2021.

"Resmi mendatangkan Muhammad Iqbal dari Timnas Indonesia U-19. Muhammad Iqbal, yang telah bersama kami sejak musim semi lalu, resmi bergabung dengan Cheongju FC," bunyi pernyataan resmi klub, Kamis (3/6/2021). 

Nama Muhammad Iqbal memang terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia. Namun, Iqbal ternyata pernah membela Timnas Indonesia U-19 pada Piala AFF 2017.

Cheongju FC menjadi klub profesional kedua yang dibela Muhammad Iqbal. Sebelumnya, Iqbal pernah bermain untuk PSMS Medan di Liga 2.

Muhammad Iqbal punya waktu untuk membuktikan kualitasnya bersama Cheongju FC. Klub berjulukan saat ini berada di peringkat kedelapan klasemen sementara K-League 2021 dengan raihan 13 poin.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Produk Blusukan

Muhammad Iqbal merupakan pemain yang ditemukan oleh Indra Sjafri. Ketika itu, Indra Sjafri keliling Indonesia untuk mencari pemain melalui sistem blusukan ke desa-desa untuk membentuk Timnas Indonesia U-19.

Bakat Iqbal akhirnya terendus Indra Sjafri dan memasukkannya ke skuad untuk Piala AFF U-19 2017 di Myanmar. Iqbal bermain satu tim dengan Witan Sulaeman hingga Egy Maulana Vikri.

Bermain sebagai gelandang, peran Iqbal di lini tengah sangat krusial. Hal itu terlihat karena Iqbal hampir tak tergantikan di lini tengah Timnas Indonesia U-19.

Iqbal ketika itu turut mencetak dua gol di Piala AFF U-19 2017 dalam kemenangan telak 9-0 melawan Filipina. Namun, dalam duel semifinal melawan Thailand, Iqbal gagal mengeksekusi tendangan penalti sehingga Timnas Indonesia menyerah 2-3.

Setahun berselang, Iqbal kembali mendapatkan kesempatan membela Timnas U-19 di Piala AFF 2018. Sayangnya, menjelang turnamen tersebut Iqbal mengalami cedera sehingga harus dicoret.

Video Populer

Foto Populer