Sukses


Peta Persaingan Persipura di Piala AFC 2021: Hadapi Lawan yang Tak Mudah

Bola.com, Jakarta - Persipura Jayapura akan tampil mewakili Indonesia di Piala AFC 2021. Pencapain itu diraih melalui jalur peringkat tiga Liga 1 2019.

Persipura Jayapura menggantikan PSM Makassar yang menjadi juara Piala Indonesia 2018/2019. Jatah PSM diambil alih Persipura karena Tim Juku Eja tak lolos licensing AFC.

Keberuntungan kembali menaungi Persipura. Sejatinya, Boaz Solossa dkk. harus melalui jalur play-off zona ASEAN dengan menghadapi pemenang duel Vishaka (Kamboja) melawan Lalenok United (Timor Leste).

Namun, mundurnya dua wakil Myanmar yakni Shan United dan Ayeywady United karena situasi politik di negara tersebut, membuat Persipura dinyatakan lolos langsung.

Persipura akhirnya tergabung di Grup H bersama Kedah Darul Aman (Malaysia), Lion City Sailors (Singapura), dan Saigon FC (Vietnam).

Semua lawan tersebut belum pernah menghadapi Persipura. Padahal, mereka adalah nama-nama yang sering tampil di Piala AFC.

Kedah Darul Aman lolos ke Piala AFC 2021 berkat pencapaian peringkat ketiga Liga Super Malaysia 2020. Sejauh ini, Kedah Darul Aman sudah dua kali tampil di Piala AFC dengan pencapaian terbaik adalah perempat final pada edisi 2008.

Sementara itu, bagi Saigon FC musim ini adalah penampilan debut mereka di Piala AFC 2021. Saigon FC melaju ke Piala AFC berkat raihan peringkat tiga V-League 2020.

Persaingan yang ketat bakal dihadapi Persipura Jayapura dari Lion City Sailors. Klub Singapura itu sudah 10 kali tampil di Piala AFC dengan pencapaian terbaik adalah semifinalis pada edisi 2004.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 3 halaman

Ambisi Ulangi Sejarah

Piala AFC bukan kompetisi yang asing buat Persipura Jayapura. Klub berjulukan Mutiara Hitam itu tercatat sudah tiga kali tampil pada kompetisi elite Asia tersebut.

Debut Persipura di Piala AFC terjadi pada musim 2011. Ketika itu, Persipura secara mengejutkan mampu melesat sampai perempat final, namun kalah dengan agregat 1-3 dari wakil Irak, Erbil.

Persipura kemudian kembali tampil di Piala AFC 2014. Mereka kembali melesat dan mampu menebus semifinal. Namun, Persipura harus tersingkir setelah kalah dengan agregat 2-10 dari klub Kuwait, Al-Qadsia.

Adapun penampilan terakhir Persipura terjadi pada Piala AFC 2015. Ketika itu, Persipura kalah WO pada 16 besar dari klub Malaysia, Pahang FC.

3 dari 3 halaman

Jadwal Lengkap di Piala AFC 2021

  • 29/6/2021 - Kedah Darul Aman Vs Persipura Jayapura
  • 2 Juli 2021 - Persipura Jayapura Vs Lion City Sailors
  • 5 Juli 2021 - Saigon FC Vs Persipura Jayapura

Video Populer

Foto Populer