Sukses


PSSI Ditawari AFC Jadi Tuan Rumah Piala AFC 2021, Bali United dan Persipura Minat Enggak Nih?

Bola.com, PSSI - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) masih puyeng mencari tuan rumah untuk babak penyisihan Piala AFC 2021. Indonesia lewat PSSI ditawari untuk menggelar turnamen tersebut.

AFC menerapkan sentralisasi tuan rumah di setiap grup babak penyisihan Piala AFC akibat pandemi COVID-19.

AFC juga telah menunjuk Singapura sebagai tuan rumah untuk Grup H dan I, namun negara tersebut menarik diri karena kebijakan lockdown.

Selain Grup H dan I, AFC juga belum menentukan penyelenggara untuk Grup G.

Akibatnya, nasib dua wakil Indonesia di babak penyisihan terkatung-katung. Ada Bali United di Grup G dan Persipura Jayapura di Grup H.

"AFC telah menawarkan ke kami untuk menyelenggarakan babak penyisihan Piala AFC. Kami sedang koordinasikan dengan klub-klub terkait tawaran ini,"ujar Sekjen PSSI, Yunus Nusi kepada Bola.com, Senin (21/6/2021).

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 4 halaman

Stadion Mana yang Dipakai?

Jika Bali United dan Persipura Jayapura berminat menggelar babak penyisihan Piala AFC, Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, kemungkinan dipilih sebagai stadion penyelenggara.

Masalahnya, Stadion Kapten I Wayan Dipta saat ini masih dalam tahap renovasi untuk Piala Dunia U-20 2023. Bisa saja jadwal babak penyisihan Piala AFC 2021 diundur setelah pemugaran rampung.

"Ini yang sedang kami koordinasikan dengan pihak klub. Masih kami usahakan mainnya di Stadion Kapten I Wayan Dipta," imbuh Yunus Nusi.

"Namun, dengan konsekuensi pengunduran jadwal karena menunggu renovasi selesai," jelas pria asal Gorontalo tersebut.

3 dari 4 halaman

Klaster COVID-19 di Stadion Kapten I Wayan Dipta

Kabar terbaru, Stadion Kapten I Wayan Dipta menjadi klaster baru virus corona. Belasan pekerja terjangkit COVID-19 sehingga pengerjaan dihentikan.

"Terkait itu, kami akan koordinasikan dengan pihak klub dan pemerintah setempat," terang Yunus Nusi.

Sesuai rencana awal, renovasi Stadion Kapten I Wayan Dipta berlangsung pada 20 Juli 2020-2 Juli 2021.

Sementara itu, Bali United akan memulai kampanyenya di Piala AFC pada 30 Juni 2021, sedangkan Persipura Jayapura pada sehari sebelumnya.

4 dari 4 halaman

Terancam Dibatalkan

AFC juga membuka kemungkinan untuk membatalkan Piala AFC karena negara yang wakilnya bermain di Grup H dan I, tidak bersedia untuk menggelar babak penyisihan.

"Belum ada tuan rumah dari tim yang berpartisipasi dan juga tidak ada tempat netral yang tersedia," kata Sekjen AFC, Datuk Windsor John dinukil dari New Straits Times.

"Kami telah meminta komite untuk membuat keputusan dalam pekan depan. Pembatalan Piala AFC akan menjadi opsi terakhir kami," imbuh Datuk Windsor John.

Video Populer

Foto Populer