Sukses


Regulasi Protokol Kesehatan COVID-19 Membuat Pelatih Persipura Ragu Piala FC Digelar Sesuai Jadwal

Bola.com, Kota Batu - Persipura Jayapura seharusnya mengawali kiprah di Piala AFC 2021 pada 29 Juni mendatang. Namun, jadwal kompetisi Asia itu masih belum jelas setelah Singapura yang ditunjuk sebagai tuan rumah mengundurkan diri.

Dua negara lain, Vietnam dan Malaysia, juga menolak menggantikan Singapura. Pandemi COVID-19 menjadi alasan ketiga negara itu enggan menggelar pertandingan Piala AFC.

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) pun memberikan penawaran kepada Indonesia untuk menjadi tuan rumah. Tawaran ini masih dalam pertimbangan PSSI bersama dua wakil Indonesia di kompetisi tersebut, Persipura Jayapura dan Bali United.

Apa pun hasilnya nanti, pelatih Persipura Jayapura, Jacksen Tiago, meyakini Piala AFC 2021 tidak akan digelar dalam waktu dekat.

"Menurut saya kok tidak mungkin sesuai jadwal pada 29 Juni. Persiapannya membutuhkan waktu, terutama terkait protokol kesehatan COVID-19. Peserta Piala AFC juga pasti taat dan disiplin dengan protokol kesehatan itu, seperti karantina yang juga membutuhkan waktu," ujar Jacksen.

Pelatih asal Brasil itu pun sepakat dengan manajemen Persipura untuk memulangkan terlebih dulu para pemain asal Papua ke kampung halamannya agar bisa berkumpul bersama keluarga.

"Dari analisa dan diskusi dengan manajemen, akhirnya kami sepakat untuk meliburkan pemain asal Papua. Ini keputusan bijak untuk menurunkan tensi psikis pemain yang telah lama meninggalkan Papua," tegas pelatih Persipura Jayapura itu.

Video

2 dari 2 halaman

Menunggu Instruksi Manajemen

Tidak hanya itu saja, mantan pelatih Barito Putera itu enggan menanggapi peluang Indonesia menjadi tuan rumah Piala AFC 2021.

"Itu ranah manajemen. Saya fokus di ranah teknik. Tapi, saya sudah diberitahu manajer tim soal wacana tuan rumah itu. Kami akan ikut instruksi dari manajemen," ujar Jacksen.

Mantan striker yang memiliki karier cemerlang di Indonesia itu juga tidak mau berspekulasi  mengenai jadwal Piala AFC.

"Satu yang jelas, saya sudah membuat program untuk Piala AFC dan Liga 1 2021. Apakah Piala AFC digelar sebelum atau di tengah Liga 1, kami akan siap tampil," ujar pelatih Persipura Jayapura itu.

Video Populer

Foto Populer