Sukses


Mengupas Persaingan di Benteng Pertahanan Persik untuk Liga 1 Musim Ini

Bola.com, Kediri - Persik Kediri benar-benar serius membangun tim yang disiapkan tampil di Liga 1 2021/2022. Kebijakan ini sangat berbeda bila dibanding musim 2020 lalu yang dihentikan karena terpaan pandemi COVID-19.

Gebrakan cukup signifikan di lini pertahanan Persik Kediri. Dari skuad 2020 lalu, Joko Susilo yang masih dipercaya menukangi Persib hanya menyisakan Andri Ibo sebagai bek murni.

Berikutnya, klub berjulukan Macan Putih ini mendatangkan tiga bek anyar, seperti sosok muda Aldo Claudio (Persiwa), M. Fisabilillah, dan figur senior naturalisasi OK Jhon.

Setelah gagal di turnamen pramusim Piala Menpora 2020, Joko Susilo merekrut bek asal Brasil, Arthur Felix Silva. Persik butuh tambahan bek asing untuk menutup kelemahan mencolok yang sering ditunjukkan para benteng pertahanan saat Piala Menpora 2021 bergulir.

Duet Andri Ibo dan OK Jhon dalam ajang tersebut belum sempurna. Bahkan beberapa kali keduanya melakukan blunder yang berakibat fatal bagi gawang Persik. Dua bek lainnya, Aldo Claudio dan M. Fisabilillah juga belum menyatu dengan tim.

"Tiga bek baru lokal di Piala Menpora memang kurang meyakinkan. Tapi, saya lihat mereka punya kualitas. Akan saya perbaiki pada persiapan tim untuk Liga 1 nanti," ujar pelatih Persik, Joko Susilo.

Jika menilik nama-nama bek baru Persik, mereka bukanlah pemain kelas A di sepak bola Indonesia.

"Kami menyesuaikan dengan kondisi. Tapi, bek baru ini mau bekerja. Itu yang lebih saya butuhkan daripada pemain bintang mahal yang malas bekerja. Saya melihat Aldo Claudio punya masa depan yang bagus. Dia masih muda dan butuh sentuhan," ujar pelatih Persik Kediri itu.

2 dari 3 halaman

Andri Ibo Bakal Tak Tergantikan

Bicara mengenai legiun asing di lini pertahanan Persik Kediri, Felix Silva, kemampuannya sudah dinilai oleh Joko Susilo melalui beberapa kali laga uji coba sebelum Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa dan Bali diterapkan. Namun, Joko Susilo menilai penampilannya masih belum optimal.

"Wajar bagi pemain yang baru bergabung bersama tim. Felix Silva masih butuh banyak perbaikan, terutama aspek fisik dan kerja sama tim. Tapi, dia akan jadi solusi lini belakang kami di Liga 1 nanti," ucap pelatih yang karib disapa Getuk itu.

Kendati demikian, Joko Susilo mengaku sudah merasa nyaman dengan koleksi bek yang dimiliki Persik. Soal persaingan, tampaknya satu slot pasti menjadi milik Andri Ibo. Apalagi dia adalah kapten tim.

Getuk tinggal memilih di antara empat bek tersisa, yaitu Felix Silva, Aldo Claudio, M. Fisabilillah, dan Oke John untuk menemani Andri Ibo. Semua akan tergantung pola yang bakal diterapkan Getuk dalam kompetisi nanti.

Jika Getuk memakai empat bek dan ingin mengoptimalkan jasa Felix Silva, otomatis dia akan bertandem dengan Andri Ibo. Tiga pemain lain harus siap-siap hanya menjadi penghangat bangku cadangan.

Bila Getuk memilih menerapkan format tiga bek, maka OK Jhon, Aldo Claudio, dan M. Sabilillah harus siap berebut satu tempat tersisa.

3 dari 3 halaman

Video

PT LIB Nyatakan 24 Klub Siap Memulai Kembali Liga 2 2021

Video Populer

Foto Populer