Sukses


Ambisi Besar Erwin Ramdani di Tengah Nama-nama Beken Winger Persib

Bola.com, Bandung - Persib Bandung dikenal memiliki materi pemain berlabel bintang. Nama-nama beken menghiasi setiap lini Skuad Maung Bandung, mulai dari pertahanan hingga penyerang.

Dengan skuad yang mentereng tentu membuat persaingan makin panas. Satu di antara yang merasakan ketatnya persaingan di Persib adalah Erwin Ramdani.

Pemain berusia 28 tahun ini akan saling 'sikut' untuk mendapatkan satu tempat di posisi winger. Dia bersaing dengan pemain-pemain lainnya, seperti Febri Hariyadi, Frets Butuan dan Esteban Vizcarra.

Butuh upaya keras bagi Erwin untuk memperbesar kans menghuni sisi sayap. Sebab, selama ini Erwin selalu diturunkan dari bangku cadangan karena pelatih Robert Alberts lebih mempercayakan duet Frets Butuan dan Febri Hariyadi di sektor tersebut.

Erwin yang tercatat sebagai anggota TNI aktif ini memang punya ambisi besar untuk  memberikan kontribusi lebih terhadap timnya. Maka dari itu, dia memilih bertahan di Persib meski mendapat tawaran menggiurkan dari klub lain.

“Jujur saja saya pribadi tidak puas (perfoma musim lalu), tahun 2021 ini saya ingin mendapatkan menit bermain yang lebih dan mulai dari hari pertama latihan saya berniat untuk lebih baik menyiapkan diri saya pribadi supaya bisa mendapatkan menit bermain dan hasil yang lebih baik,” ujar Erwin kepada wartawan Maret lalu.

Persaingan dalam tim, dikatakan Erwin, merupakan hal yang lumrah dalam sepakbola.  Menurutnya, yang lebih utama adalah menyiapkan diri lebih baik agar ketika diturunkan dia bisa tampil maksimal.

"Ya normal, pasti. Mau dengan siapapun saingan kita ya diri sendiri saja dulu lakukan yang terbaik, disiplin latihan, disiplin makan dan istirahat," kata Erwin belum lama ini.

"Kalau misalkan lihat saingan-saingan kita mau gak mau kita harus lakukan yang terbaik, gitu. Baik buat Persib Bandung saja dengan datangnya pemain bintang juga bukannya malah membuat kita gimana tapi persaingan di setiap lini makin ramai, tim juga menjadi lebih baik," lanjutnya.

Video

2 dari 3 halaman

Latihan Mandiri

Saat ini, eks pemain PSMS Medan ini tengah fokus menjalani latihan secara mandiri sesuai progam yang diberikan tim pelatih. Pemain hanya memberikan laporan latihan lewat format video setiap pekannya.

"Ya olahraga juga di sekitar rumah saja sambil jalankan program latihan, kaya latihan pagi, terus kalau gak ada kegiatan paling olahraga sama orang tua dan adik,"terangnya.

Erwin gabung Persib Bandung pada kompetisi Liga 1 2019. Musim pertamanya bersama Maung Bandung, Erwin tercatat tampil sebanyak 17 kali dari total 34 pertandingan.

Erwin 2 kali dipercaya menjadi starter dan 15 kali sebagai pengganti. Pemain berpostur 169 cm ini hanya mencetak satu gol saat menghadapi PS Sleman di kompetisi Liga 1 2019.

Pada musim keduanya, Erwin belum pernah diturunkan dari tiga laga awal sebelum akhirnya kompetisi Liga 1 2020 dihentikan karena pandemi COVID-19 melanda Indonesia. 

3 dari 3 halaman

Data dan Fakta

  • Nama lengkap: Erwin Ramdani
  • Tanggal lahir: Bandung, 11 Maret 1933
  • Tinggi : 169 cm
  • Posisi : Winger
  • Nomor punggung : 93

Karier senior 

  • PSGC Ciamis 2013-2014
  • PSMS Medan 2014-2015
  • PS TNI 2015-2016
  • PSMS Medan 2017-2018
  • Persib Bandung 2019- sekarang

Video Populer

Foto Populer