Sukses


4 Pemain Jepang yang Kariernya di Liga 1 Terancam Karam

Bola.com, Jakarta - Situasi pandemi COVID-19 di Indonesia yang tak kunjung mereda membuat Pemerintah Jepang mengambil tindakan tegas. Pemerintah Jepang kabarnya berencana mengevakuasi warganya dari Indonesia.

Situasi itu dilakukan untuk menyelematkan warganya dari pandemi COVID-19 di Indonesia. Hal ini tentu saja menjadi kerugian buat warga negara Jepang yang berkarier di Indonesia, termasuk pesepak bola.

Di sisi lainnya, sepak bola Indonesia memang belum pasti bergulir. Liga 1 2021/2022 sebagai kompetisi elite Indonesia sampai saat ini masih ditunda hingga akhir Agustus 2021.

Namun, pemerintah pusat berencana memperpanjang masa PPKM Darurat. Durasi PPKM Darurat kabarnya ingin diperpanjang sampai enam pekan alias sampai September 2021.

Situasi itu tentu saja berdampak pada kembali ditundanya penyelenggaraan Liga 1. Hal ini tentu bakal berdampak pada nasib para pesepak bola lokal dan asing di Indonesia.

Lantas, siapa saja pemain Jepang yang saat ini bermain di Liga 1? Berikut ini empat pemain yang kariernya terancam di Indonesia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 5 halaman

Taisei Marukawa

Taisei Marukawa bergabung dengan Persebaya Surabaya pada akhir Mei 2021. Pemain asal Jepang itu didatangkan dari Noah Jurmala secara gratis.

Marukawa memasang target tinggi saat bergabung dengan Persebaya. Pemain berusia 24 tahun itu bertekad membantu Persebaya juara dan minimal bisa mencetak lebih dari 10 gol pada Liga 1 2021/2022.

"Tentunya saya ingin menjuarai Liga 1. Saya ingin mencetak lebih dari 10 gol. Kota ini sangat tradisional, punya banyak fans. Itulah alasan saya memilih klub ini," ucap Taisei Marukawa.

3 dari 5 halaman

Shori Murata

Shori Murata bergabung dengan Persiraja Banda Aceh pada awal Juni 2021. Ini menjadi kali pertama Shori Murata bermain di Indonesia.

Namun, Murata tentu tak akan kesulitan beradaptasi dengan Persiraja. Shori Murata pernah memiliki pengalaman bermain di Myanmar bersama Yangon United pada 2020.

"Saya akan melakukan adaptasi dengan cepat, dan saya kira itu tidak akan sulit karena sebelumnnya saya bermain di negara asia tenggara. Bagi saya, memberikan penampilan terbaik adalah kewajiban. Jadi, setiap pertandingan saya akan berusaha untuk memberikan penampilan terbaik," tegas Shori Murata.

4 dari 5 halaman

Renshi Yamaguchi

Renshi Yamaguchi bergabung dengan Arema FC pada pertengahan Juni 2021. Arema FC menjadi klub Indonesia pertama yang dibela Yamaguchi.

Namun, Renshi Yamaguchi tentu tak akan membutuhkan waktu lama beradaptasi dengan sepak bola Indonesia. Dia pernah bermain di Laos dan Thailand yang punya atmosfer sepak bola tak jauh berbeda dengan Indonesia.

"Sebelum ke Indonesia saya bermain di Thailand, satu tim dengan Todd Ferre. Banyak bicara soal sepak bola Indonesia pada saat itu. Dari permainan Ferre juga saya bisa melihat sepak bola Indonesia itu simpel. Banyak satu-dua sentuhan," ucap Renshi Yamaguchi.

5 dari 5 halaman

Takuya Matsunaga

Takuya Matsunaga sudah tak asing dengan sepak bola Indonesia. Takuya Matsunaga tercatat sudah bermain di Indonesia sejak 2019.

Sejauh ini, Takuya Matsunaga sudah membela Kalteng Putra dan saat ini bermain untuk Persipura Jayapura. Matsunaga menjadi satu-satunya pemain asing yang dipertahankan pelatih Jacksen F. Tiago.

Meski lahir dan menjalani karier junior di Jepang, Takuya Matsunaga sudah melanglangbuana di level profesional. Takuya Matsunaga pernah berkarier di Lithuania, Estonia, dan Kepulauan Faroe hingga akhirnya berkarier di Indonesia.

Video Populer

Foto Populer