Sukses


Profil Klub BRI Liga 1: Menanti Gebrakan Arema FC di Bawah Kepak Sayap Crazy Rich Malang

Bola.com, Malang - Empat tahun terakhir Arema FC selalu jadi medioker di kasta tertinggi sepak bola Indonesia. Image sebagai klub tangguh yang dibangun sejak 2013 seakan luntur. Padahal setiap musimnya, tim berjuluk Singo Edan ini mematok target papan atas.

Tapi tahun ini, mereka benar-benar ingi melepas status tim medioker. Hadirnya Presiden Klub, Gilang Widya Pramana jadi faktor utama keseriusan Aream menatap BRI Liga 1 2021.

Secara terang-terangan, Gilang menyebut target juara. Sebuah kepercayaan diri yang tinggi. Padahal dari komposisi pemain, Arema tak sementereng Bali United, Bhayangkara FC atau beberapa tim lain.

“Kami optimistis bisa jadi juara karena Arema tim besar,” katanya.

Gilang mengakui jika dari materi pemain, musim ini dia belum leluasa Menyusun the dream team. Namun dia tidak meragukan kemampuan Ahmad Alfarizi dan racikan pelatih Eduardo Almeida.

“Seperti saya sampaikan, musim ini saya masuk ketika persiapan sudah berjalan. Dana ada, tapi tidak bisa leluasa mendatangkan pemain baru. Tapi tim ini sudah kompak,” sambungnya.

Kekompakan ini yang jadi modal utama Singo Edan karena materi pemainnya tak banyak berubah. Praktis mereka hanya mendatangkan tiga pemain asing dan satu naturalisasi, yakni Renshi Yamaguchi (Jepang), Adilson Maringa (Brasil), Carlos Fortes (Portugal) dan Diego Michiels (naturalisasi). Sisanya, ada pemain promosi dari Akademi Arema.

Kendati demikian, masih ada pemain sekelas Dendi Santoso, Ahmad Alfarizi, Bagas Adi Nugroho, Hanif Sjahbandi, M. Rafli, Dedik Setiawan hingga Kushedya Hari Yudo. Sederet pemain lokal itu punya caps bersama timnas Indonesia. Gilang juga punya cara membakar semangat pemainnya. Dengan menambah jumlah bonus kemenangan.

“Setiap pertandingan akan ada bonus yang jumlahnya lebih banyak dari musim sebelumnya,” janjinya.

Rangsangan bonus ini biasanya bisa membuat permainan Arema FC seperti tak kenal lelah. Apalagi di masa pandemi, pemain sudah lama tidak merasakan guyuran bonus sehingga mereka pasti akan memaksimalkan setiap pertandingan.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 5 halaman

VIDEO: 306 Laga BRI Liga 1 Tayang di Multi-Platform EMTEK Group

3 dari 5 halaman

Pemain Bintang

Sebenarnya musim ini Arema FC tak punya pemain yang paling menonjol. Tapi jika melihat siapa yang sedang on fire, nama Kushedya Hari Yudo layak dikedepankan. Sejak tahun lalu dia jadi bagian timnas Indonesia. Di awal Liga 1 2020, dia sempat menorehkan dua gol di partai pembuka lawan Tira Persikabo.

Sayangnya, saat Piala Menpora 2021 lalu, dia mandul dan tampil dibawah performa terbaik. Sebab, dia tampil dengan gangguan cedera. Musim ini, sepertinya dia tetap mendapatkan satu tempat di lini depan. Meskipun Arema juga punya Carlos Fortes, Dedik Setiawan dan M. Rafli.

Jika turun dalam kondisi terbaik, Yudo termasuk striker dengan tipikal petarung. Pergerakannya liar dan sering membuat stoper lawan emosi. Karena striker 28 tahun ini beberapa kali memburu bola dari kaki pemain belakang lawan. Padahal, biasanya stiker yang selalu jadi incaran tackling para stoper.

4 dari 5 halaman

Pelatih

Pelatih asal Portugal ini memang belum pernah mempersembahkan trofi untuk klub Indonesia. Justru awal kariernya dia gagal menyelamatkan Semen Padang dari degradasi musim 2019.

Namun, kali ini Almeida layak diperhitungkan. Dia datang ke Arema saat tim ini dapat dukungan penuh dari presiden klub yang royal, Gilang Widya Pramana.

Dia bisa memberikan kejutan dengan senjata pemain asing yang dibawanya dari Liga Portugal dan Thailand. Tim lawan belum mengetahui seperti apa kelebihan dan kekuatan Renshi, Maringa dan Fortes. Saat ini, Arema juga masih menunggu kedatangkan stoper asing yang kabarnya juga dari Liga Portugal.

Almeida yakin para pemain asing itu bisa bersinar di Indonesia. Karena dia sudah mengetahui permainan mereka. Artinya, dia tidak hanya bermodal cuplikan vidio pemain di YouTube lantaran beberapa tahun terakhir, Arema merekrut pemain asing dengan acuan cuplikan pertandingan yang diberikan agen.

5 dari 5 halaman

Data Klub

Nama Klub: Arema FC

Berdiri: 11 Agustus 1987

Posisi Musim Lalu: Peringkat 9 Liga 1 2019

Pelatih: Eduardo Ameida (Portugal)

Daftar Pemain:

  • Kiper: Adilson Maringa (Brasil), Teguh Amiruddin, Kartika Ajie, Andriyas Francisco.
  • Belakang: Bagas Adi, Ikhfanul Alam, Rizky Dwi Febrianto, Ahmad Alfarizi, Figo Ramadhani, Achmad Galih, Aji Saka, Diego Michiels, Didik Ariyanto.
  • Tengah: Hanif Sjahbandi, Renshi Yamaguchi (Jepang), Jayus Hariono, Dave Mustaine, Vikrian Akbar, Seiya da Costa, Dendi Santoso, Bramntio Ramadhan, Tito Hamzah, Feby Eka Putra, Ridwan Tawainella, Iqbal Faiz.
  • Depan: Dedik Setiawan, Kushedya Hari Yudo, Carlos Fortes (Portugal), M. Rafli.
  • Prediksi posisi di klasemen Liga 1 2021:

Jika melihat semangat yang diberikan Presiden Arema, Gilang Widya Pramana, pemain Arema bakal tampil semangat setiap laga. Dari segi finansial dan keyamanan, skuat Arema musim ini bisa dijamin sang presiden. Komposisi pemain lokal tak banyak berubah. Hanya tinggal mempercepat adaptasi pemain asing dan naturalisasi.

Timnas Indonesia Masih Punya Peluang ke Olimpiade 2024

Video Populer

Foto Populer