Sukses


Kapolri: BRI Liga 1 Digelar 3 Laga Lebih Dulu, Lalu Dievaluasi

Bola.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mempersilakan PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk menggulirkan BRI Liga 1 2021/2022 dalam tiga pertandingan sebelum pihaknya melakukan evaluasi.

Kapolri baru saja mengeluarkan izin untuk BRI Liga 1 pada Senin (23/8/2021). Rekomendasi untuk kompetisi itu diserahkan kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali.

"Tentunya BRI Liga 1 akan kami evaluasi. Jadi dalam tiga kali kegiatan, lalu akan kami evaluasi," kata Listyo Sigit dalam konferensi pers pada Senin (23/8/2021).

BRI Liga 1 akan dimulai pada 27 Agustus 2021 memakai format series secara bubble to bubble dengan sentralisasi di Pulau Jawa.

Kapolri menyatakan, hasil evaluasi pada tiga partai BRI Liga 1 bakal menjadi pertimbangan untuk pihaknya dalam mengeluarkan kebijakan lanjutan.

"Nanti, bila dari hasil evaluasi kami lihat tidak penyelenggaraan tersebut tidak terdampak dengan COVID-19, maka di pekan berikutnya akan ditentukan terkait penambahan lokasi pertandingan," imbuhnya.

"Atau, kebijakan-kebijakan lain yang memberikan kesempatan BRI Liga 1 untuk terus dilanjutkan," tutur Kapolri berusia 52 tahun tersebut.

2 dari 3 halaman

Tergantung Pandemi COVID-19

Listyo Sigit menjelaskan, pelaksanaan BRI Liga 1 sangat bergantung dengan kondisi pandemi COVID-19. Jika kasus positif naik, pihaknya akan kembali menggelar evaluasi.

"Yang menjadi catatan, bila angka COVID-19 kembali meningkat, tentunya kami akan melakukan evaluasi disesuaikan dengan kondisi di lapangan," tutur Listyo Sigit.

"Oleh karena itu, tentunya kami berharap kita semua bisa menghormati dan menyepakati komitmen yang dibuat sehingga kompetisi bisa digelar dengan baik," ucap Kapolri.

3 dari 3 halaman

Jadwal Diumumkan Besok

Sebelumnya, Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (LIB), Sudjarno memastikan bahwa pihaknya akan merilis jadwal, lokasi, dan pertandingan pembuka BRI Liga 1 2021/2022 pada Selasa (24/8/2021).

"Untuk jadwal, lokasi, dan pertandingan pembuka BRI Liga 1, akan kami rilis pada lusa atau 24 Agustus 2021," kata Sudjarno ketika dihubungi oleh Bola.com, Minggu (22/8/2021).

PT LIB sempat berjanji akan mengumumkan jadwal untuk BRI Liga 1 pada 20 Agustus 2021. Namun, rencana tersebut tidak terwujud hingga saat ini.

Sudjarno menyatakan, pihaknya terpaksa harus memundurkan waktu untuk menebritkan jadwal BRI Liga 1 karena berbagai pertimbangan.

"Karena banyak hal terkait, contohnya kami harus asesmen untuk lokasi BRI Liga 1 dan segala macamnya," jelas pensiunan polisi berpangkat terakhir Irjen ini.

Video Populer

Foto Populer