Sukses


Persipura Songsong Era Baru Tanpa Boaz Solossa di BRI Liga 1: Masih Ada Kans Juara Kok!

Bola.com, Jakarta - Persipura Jayapura menatap era baru di BRI Liga 1 2021/2022. Musim ini untuk pertama kalinya Persipura tak akan diperkuat oleh Boaz Solossa.

Persipura Jayapura dan Boaz Solossa resmi berpisah pada awal Juni 2021. Penyebabnya disebut adalah masalah indisipliner berulang yang dilakukan sang pemain.

Bahkan, Boaz Solossa tak sendirian karena Yustinus Pae juga didepak dari Persipura. Sang pelatih, Jacksen F. Tiago, mengambil keputusan yang cukup berat sekaligus berani.

Namun, tindakan itu dinilai tepat mengingat tak ada nama pemain yang mampu melebihi nama besar klub. Jacksen mengaku belum mau berbicara mengenai pergantian sosok Boaz dan Yustinus Pae.

"Tidak ada yang menduga hal itu terjadi. Kami masih bingung dengan keadaan ini. Saya secara pribadi tidak berani membicarakan soal pergantian pemain," kata Jacksen F. Tiago ketika itu.

Tak bisa dimungkiri, Boaz Solossa merupakan ikon sekaligus pemain penting di Persipura. Sejak berkostum Mutiara Hitam pada 2004, Boaz telah tampil sebanyak 305 pertandingan dan turut mencetak 182 gol.

Tak berlebihan bila Boaz memiliki peran penting di balik kesuksesan Persipura Jayapura dalam meraih gelar. Pemilik nama lengkap Boaz Theofilius Erwin Solossa tercatat sudah empat kali membantu Persipura menjuarai kompetisi elite di Indonesia.

"Banyak hal yang luar biasa pernah kami rasakan. Kolaborasi kami sudah berjalan sekian tahun dan mendapat tiga gelar juara bersama Persipura. Bahkan pada 2013 saya bisa mendapatkan penghargaan pelatih terbaik dan Bochi jadi top scorer tiga kali. Saya ikut bangga ketika Bochi menjadi top scorer saya menjadi pelatihnya," ujar Jacksen F. Tiago.

2 dari 4 halaman

Andalkan Asing

Kepergian Boaz Solossa setidaknya tak perlu ditangisi berlebihan oleh Persipura Jayapura. Apalagi Persipura berhasil mendatangkan Yevhen Bokhashvili sebagai pengganti Boaz di lini depan.

Musim ini menjadi yang kedua buat Yevhen Bokhashvili setelah membela PSS Sleman rentang 2019-2021. Secara keseluruhan, Yevhen Bokhashvili sukses mencetak 17 gol dalam 36 laga.

Yevhen Bokhashvili merupakan penyerang yang komplet dan mampu diandalkan untuk mencetak gol dengan semua anggota tubuhnya. Yevhen Bokhashvili memiliki postur tubuh 182 cm dan andal dalam berduel di udara.

Pelatih Jacksen F. Tiago bahkan mengklaim sang pemain sudah betah berada di keluarga besar Persipura. Jika hal ini mampu dijaga sampai akhir musim, Persipura tinggal menunggu gol-gol yang akan dicetak oleh Yevhen Bokhashvili.

"Dia mengaku nyaman sekali. Mulai hari pertama sampai sekarang. Serasa Yevhen sudah lama bermain di klub ini," ucap Jacksen.

Selain itu, Persipura juga akan diperkuat pemain asing lain yakni Henrique Motta (Brasil) dan Takuya Matsunaga (Jepang). Mereka akan semakin membuat Persipura solid terutama di lini belakang dan tengah.

Persipura Jayapura juga masih punya satu slot pemain asing sisa. Kabarnya, manajemen klub sedang berusaha untuk segera mendaratkan sang pemain dalam waktu dekat.

3 dari 4 halaman

Punya Keuntungan

Persipura Jayapura akan mengawali musim ini dengan laga menghadapi Persita Tangerang, Sabtu (28/8/2021). Laga yang digelar di Stadion Pakansari itu bisa menjadi acuan perjalanan musim Persipura.

Pelatih Jacksen F. Tiago mengaku tak khawatir dengan sistem bubble to bubble dan pertandingan tertutup yang diterapkan pada BRI Liga 1 2021/2022. Menurut Jacksen, Persipura sudah punya pengalaman dengan aturan-aturan tersebut.

Jacksen F. Tiago mengatakan Persipura Jayapura sudah pernah mengalami situasi menjadi tim musafir yang bermain di kandang orang. Hal itu terkadang membuat Persipura bermain tanpa adanya dukungan suporter.

"Persipura punya kelebihan karena pada kompetisi 2019 maupun awal 2020, kami bermain tanpa penonton di tempat netral," kata Jacksen F. Tiago.

"Jadi, apa yang terjadi saat ini bukan hal baru buat kami. Secara logika, mungkin adaptasi kami lebih mudah dibandingkan peserta lain," tegas Jacksen F. Tiago.

4 dari 4 halaman

Daftar Skuad Persipura

  1. Kiper: Fitrul Rustapa, Dede Sulaiman, Geri Mandagi, Mario Londok
  2. Belakang: Donny Monim, Israel Wamiau, Henrique Motta (Brasil), Ricardo Salampessy, Evraim Awes, David Rumakiek, Irsan Lestaluhu, Imanuel Rumbiak, Wulf Hurota, I Nyoman Ansanay
  3. Tengah: Nelson Alom, Fridolin Yoku, Muhammad Tahir, Takuya Matsunaga (Jepang), Theo Numberi, Patrick Womsiwor, Todd Ferre, Ian Kabes, Gunansar Mandowen, Ricky Kayame
  4. Depan: Yohanes Pahabol, Yevhen Bokhashvili (Ukraina)

Video Populer

Foto Populer