Sukses


Patahkan Kutukan, Bali United Bungkam Persik di Laga Pembuka BRI Liga 1

Bola.com, Jakarta - Bali United sukses memetik kemenangan perdana di BRI Liga 1 2021/2022. Sang juara bertahan menang tipis 1-0 atas Persik Kediri dalam laga pembuka di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (27/8/2021) malam.

Kemenangan Bali United tersebut mematahkan kutukan untuk juara bertahan dalam tiga edisi terakhir Liga 1. Dalam tiga edisi sebelumnya, tim juara bertahan selalu gagal menang di laga pembuka musim. 

Di Liga 1 2018, Bhayangkara FC sebagai juara bertahan diimbangi Persija Jakarta dengan skor 0-0. Di Liga 1 2019, giliran Persija sebagai juara bertahan, dengan Teco sebagai pelatihnya, terpaksa berbagi poin dengan Barito Putera dengan 1-1.

Kutukan juara bertahan di partai pertama kembali terulang pada musim 2020. Ketika itu, Bali United diimbangi Persita Tangerang 0-0.

Kedua tim mengawali pertandingan BRI Liga 1 dengan mencoba membangun serangan secara perlahan. Namun, keduanya terlihat lebih berhati-hati sambil mencari celah untuk bisa mencuri keunggulan terlebih dahulu.

Peluang pertama laga ini dibukukan oleh striker Bali United, Ilija Spasojevic, di menit ke-10. Dia hampir saja menjebol gawang Persik setelah menerima umpan lambung dari Melvin Platje. Sayang, bola tidak menemui sasaran.

Dua menit berselang, Persik berkesempatan untuk unggul dulu dalam laga ini. Striker Youssef Ezzejjari dijatuhkan oleh Platje di kotak terlarang dalam situasi tendangan sudut. Wasit Yudi Nurcahya pun menunjuk titik putih.

Ezzejjari yang tampil sebagai eksekutor penalti malah gagal memanfaatkan kesempatan ini di menit ke-13. Bola tembakannya mudah saja ditepis oleh kiper Wawan Hendrawan. Bola rebound kemudian ditembak oleh Ezzejjari namun melambung.

Jual beli serangan antara kedua tim masih terus berlangsung. Bola lebih banyak berkutat di lini tengah diperebutkan oleh gelandang masing-masing kesebelasan.

Memasuki menit ke-21, Bali United kembali membukukan peluang. Kali ini stoper Willian Pacheco yang memanfaatkan umpan dari rekannya dengan melepas tembakan voli. Lagi-lagi, bola masih melambung.

Ezzejjari kembali berkesempatan membawa Persik unggul saat pertandingan telah memasuki menit ke-38. Dia yang dibayangi oleh sejumlah bek Bali United melepas tembakan dari luar kotak penalti yang melebar ke sisi kiri gawang Wawan Hendrawan.

Semenit kemudian, giliran pemain Persik Ibrahim Sanjaya yang menebar ancaman melalui tembakan jarak jauh. Bola mengarah ke gawang, namun Wawan masih sigap mampu mengamankannya.

Bali United mendapat peluang lagi pada menit ke-44 dalam situasi sepak pojok. Umpan yang dilepaskan oleh Michael Orah mampu disambut oleh Pacheco yang mengarah ke gawang. Namun, kiper Dikri Yusron sukses menangkapnya.

Tak ada gol yang tercipta selama paruh pertama berlangsung. Skor kacamata 0-0 menghiasi turun minum duel pembuka BRI Liga 1 ini.

 

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Tim Serdadu Tridatu tampil lebih agresif selama paruh kedua. Begitu wasit meniup peluit laga berjalan lagi, Fadil Sausu dkk. berusaha lebih menekan pertahanan Persik Kediri.

Spasojevic kembali berkesempatan mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-56. Dia mendapat umpan matang dari Made Andhika. Sayangnya, bola eksekusinya masih belum menemui sasaran.

Pada menit ke-63, giliran Andhika yang mengirim ancaman ke gawang Macan Putih. Dia memanfaatkan bola muntahan selepas situasi tendangan bebas. Lagi-lagi, bola belum berhasil menjebol gawang Persik.

Melvin Platje juga tidak ketinggalan untuk melakukan serangan. Di menit ke-72, pemain berpaspor Belanda itu secara bertubi-tubi melepas tembakan di area penalti. Namun, banyaknya pemain Persik yang menumpuk menjadi penghalang buatnya.

Bali United akhirnya berhasil unggul saat pertandingan memasuki menit ke-83. Platje mengirim umpan lewat tendangan melambung ke arah Rahmat yang mampu lepas dari jebakan offside. Situasi itu dimanfaatkannya dengan menggetarkan jala gawang Dikri Yusron.

Keunggulan Bali United itu bertahan sampai peluit panjang ditiup wasit. Sang juara bertahan pun berhasil mengawali perjuangan mereka dengan raihan tiga poin.  

 

 

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

  • Bali United (4-3-3): Wawan Hendrawan (kiper); Made Andhika, Leonard Tupamahu, Willian Pacheco, Michael Orah (belakang); Brwa Nouri, Fadil Sausu, Rizky Pellu (tengah); Fahmi Al Ayyubi, Ilija Spasojevic, Melvin Platje
  • Pelatih: Stefano Cugurra Teco
  • Persik (4-4-2): Dikri Yusron (kiper); Dany Saputra, OK John, Arthur Felix, Vava Mario Yagalo (belakang); Ibrahim Sanjaya, Ady Eko Jayanto, Ahmad Agung, Risna Prahalabenta (tengah); Ibrahim Bahsoun, Youssef Ezzejjari     
  • Pelatih: Joko Susilo

Video Populer

Foto Populer