Sukses


BRI Liga 1: Jejak Karier Ian Kabes, Penerus Boaz Solossa sebagai Kapten Baru Persipura

Bola.com, Jakarta - Persipura Jayapura menapaki babak baru di BRI Liga 1 2021/2022. Klub berjulukan Mutiara Hitam itu kini berada di bawah komando kapten anyar, Ian Louis Kabes.

Nama Ian Kabes memang sudah tak asing buat Persipura Jayapura. Sang pemain telah menjadi bagian Persipura sejak 2005.

Tak berlebihan memang menyamakan Ian Kabes dengan Boaz Solossa. Keduanya merupakan pemain yang seangkatan dan sama-sama punya peran penting di Persipura Jayapura.

Ian Kabes mengawali karier profesionalnya bersama Persijap Jepara pada 2003-2004. Adapun Boaz Solossa lebih dulu bergabung dengan Persipura pasca-membela tim PON Papua pada 2004.

Sementara itu, Ian Kabes menyusul pada 2005 ke Persipura Jayapura. Sejak saat itu sampai saat ini, Ian Kabes belum pernah lagi berganti klub dan sukses mencatatkan 333 penampilan dan mencetak 44 gol.

Ian Kabes juga menjadi bagian penting dari Persipura Jayapura. Pemain yang kini berusia 35 tahun itu sudah mempersembahkan empat gelar liga buat Persipura Jayapura yang terdiri dari musim 2005, 2008-2009, 2010-2011, dan 2016. Jumlah yang sama dengan yang dipersembahkan Boaz Solossa.

2 dari 3 halaman

Tak Spesial

Ian Louis Kabes tak merasa spesial dengan tanggung jawab sebagai kapten Persipura Jayapura musim ini. Menurutnya hal itu merupakan sesuatu yang biasa saja.

Menggunakan ban kapten Persipura tentu bukan hal yang pertama diemban Ian Louis Kabes. Meski demikian, pemain berusia 35 tahun itu siap menerima tanggung jawab tersebut.

"Kalau untuk masalah kapten, ini bukan pertama kali bagi saya. Dalam pertandingan di liga-liga sebelumnya juga apabila Boaz tidak ada maka saya jadi kapten," kata Ian Louis Kabes dalam konferensi pers jelang laga.

"Jadi, saya menjadi kapten ini bukan hal baru. Yang terpenting adalah saya bisa bertanggung jawab buat tim," tegas sang pemain.

Kepergian Boaz Solossa membuat Persipura Jayapura kini menyisakan sedikit pemain senior. Mereka yang tersisa adalah Ian Louis Kabes, Ricardo Salampessy, Nelson Alom, dan Dede Sulaiman.

3 dari 3 halaman

Jadi Sorotan

Penampilan Ian Louis Kabes sebagai kapten Persipura Jayapura di BRI Liga 1 2021/2022 langsung menjadi sorotan. Apalagi, setelah Persipura menelan kekalahan 1-2 dari Persita Tangerang pada laga pembuka.

Permainan Persipura terbilang tak jelas dan seperti kehilangan kepemimpinan di lini tengah. Namun, Jacksen F. Tiago langsung pasang badan menghadapi tudingan tersebut.

Menurutnya, kekalahan ini tak ada sangkut-pautnya dengan kepemimpinan. Jacksen menganggap tudingan tersebut sangat tidak relevan dengan situasi timnya saat ini.

“Sebenarnya perbedaan ada seorang pemimpin apa yang bisa terjadi? Selama ini ada seorang pemimpin di situ perbedaanya apa yang bisa terjadi? Apakah kita di luar lapangan itu sudah menjadi seorang pemimpin?" kata Jacksen F. Tiago.

"Pertanyaannya babak pertama begini, babak kedua begitu, apakah perbedan ini terjadi karena perubahan yang dilakukan seorang pemimpin dalam pertandingan? Kira-kira begitu, saya balik bertanya," tegas Jacksen F. Tiago.

Pernyataan keras Jacksen memang cukup masuk akal. Penilaian terkait kepemimpinan Ian Louis Kabes memang tak bisa dilakukan terlalu dini karena kompetisi baru bergulir lagi dan musim ini masih menyisakan banyak pertandingan.

Video Populer

Foto Populer