Sukses


New Ronaldo Debut di BRI Liga 1 pada Usia 16 Tahun untuk Madura United

Bola.com, Tangerang - Pemain Madura United, Ronaldo Kwateh, mencatat rekor di BRI Liga 1 2021/2022. Ronaldo Kwateh mendapatkan predikat sebagai pemain termuda yang melakoni debut musim di Liga 1.

Ronaldo Kwateh mendapat kepercayaan pelatih Rahmad Darmawan untuk menjadi starter Madura United saat menghadapi Persikabo 1973 pada laga BRI Liga 1 2021/2022, Jumat (3/9/2021). Ronaldo Kwateh bermain pada uisa 16 tahun 10 bulan dan 15 hari.

Pencapaian ini membuat Ronaldo Kwateh mengalahkan rekor sebelumnya milik Mochamad Supriadi. Ketika itu, Mochamad Supriadi mencatatkan debut di Liga 1 2019 bersama Persebaya Surabaya pada usia 17 tahun 3 bulan 1 hari.

Keputusan Rahmad Darmawan memberikan kepercayaan pada Ronaldo Kwateh patut mendapatkan apresiasi. Apalagi laga ini menjadi pekan perdana yang dilalui Madura United di BRI Liga 1 2021/2022.

Pelatih Rahmad Darmawan mengusung skema 3-4-3 saat menghadapi Persikabo 1973. Ronaldo Kwateh dipercaya mengisi posisi sayap kanan untuk mendukung pergerakan Rafael Silva yang jadi ujung tombak Madura United.

Ronaldo Kwateh bergabung dengan Madura United pada Februari 2021. Ronaldo Kwateh sebelumnya juga pernah dipercaya bermain tiga kali di Piala Menpora 2021.

2 dari 3 halaman

Berdarah Afrika

Ronaldo Kwateh merupakan pemain yang memiliki darah keturunan Afrika. Ronaldo memiliki darah keturunan Afrika dari sang ayah yang berasal dari Liberia.

Ronaldo Kwateh merupakan putra dari Roberto Kwateh. Sang ayah pernah berkarier di Indoensia dengan membela PSIS Semarang dan Persib Bandung.

Ronaldo Kwateh bertumbuh di Bantul, Yogyakarta. Ronaldo Kwateh menimba ilmu di Sepak Sepak Bola Persiba dan aktif mengikuti kejuaraan semisal Piala Asprov PSSI DIY hingga akhirnya bergabung dengan akademi Persib Bandung yang membuka langkahnya menuju Madura United.

3 dari 3 halaman

Aset Madura United

Ronaldo Kwateh merupakan aset masa depan Madura United. Pemain berusia 16 tahun itu diprediksi memiliki masa depan yang cerah di sepak bola.

Ronaldo Kwateh sebelumnya juga sempat dipercaya mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-16. Keberhasilan Ronaldo Kwateh di Timnas U-16 dan debut di Madura United tak terlepas dari penampilannya di lapangan.

Ronaldo Kwateh memiliki pergerakan yang lincah dalam menguasai bola. Kemampuan itu dilengkapi dengan kecepatan berlari yang dimiliki pemain berpostur 165 cm itu.

Video Populer

Foto Populer