Sukses


Duel Pemain Bintang Madura United Vs PSM Makassar di BRI Liga 1: Menanti Gol Kedua Jaja dan Ilham Udin

Bola.com, Jakarta - Madura United dan PSM Makassar bakal unjuk kemampuan pada laga pekan kedua BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Madya, Jakarta, Minggu (12/9/2021).

Kedua tim akan saling sikut untuk mencetak gol demi membuka peluang meraih tiga poin perdana pada musim ini. Berkaca pada pekan pembuka BRI Liga 1, ada dua pemain yang sudah membuktikan kapasitasnya dalam urusan menjebol gawang lawan.

Dari kubu Madura United ada Hugo Gomes dos Santos Silva alias Jaja, gelandang asal Brasil, pencetak gol Madura United ke gawang Persikabo 1973.

Pada laga tersebut, Jaja tak hanya mencetak gol, namun juga melepaskan 58 operan sukses, tiga intersep, dan melepaskan dua tendangan on target yang berbuah satu gol.

Adapun di PSM, aksi Ilham Udin Armaiyn jadi sorotan lewat tendangan first time menawan yang memanfaatkan umpan sundulan Sutanto Tan. Bola tak mampu dihalau kiper Arema FC, Adilson Maringa, yang sejatinya tampil cemerlang pada laga itu.

Menariknya, meski berposisi sebagai penyerang sayap kiri pada skema awal PSM, eks Timnas Indonesia U-19 terlihat lebih banyak berkeliaran di area kotak penalti Arema FC dibandingkan striker Anco Jansen. Alhasil, Ilham berhasil melepaskan dua tendangan mengarah ke gawang yang berbuah satu gol.

 

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Andalan di Tim Masing-Masing

Aksi cemerlang Jaja dan Ilham membuat keduanya dipastikan jadi andalan tim masing-masing pada laga nanti. Jaja bakal ditopang dua rekannya di lini kedua, Asep Berlian dan Kim Jin-sung atau David Lally.

Sementara itu, Ilham Udin kembali jadi penyerang sayap sekaligus menjadi 'penyerang palsu' PSM Makassar di area lini belakang Madura United.

"Ilham tampil baik saat menghadapi Arema. Saya berharap ia kembali melakukannya ketika PSM bertemu Madura," ungkap pelatih PSM, Milomir Seslija, kepada awak media Makassar.

 

3 dari 4 halaman

Rekam Jejak Jaja

Sebelum resmi jadi bagian Madura United pada Maret 2021, Jaja lebih banyak menghabiskan kariernya dengan berstatus pemain klub elite Flamengo yang kerap dipinjamkan ke tim lain.

Eks pemain Timnas Brasil U-20 itu tercatat pernah dipinjamkan ke Avaí, Tombense, Vila Nova, dan Kalmar (Swedia). Flamengo akhirnya tak memperpanjang kontraknya pada 2020 setelah terakhir dipinjamkan ke Kalmar.

Dari klub Swedia, Jaja pun mencoba peruntungan ke kompetisi Indonesia dengan berkostum Madura United. Sebagai gelandang kreatif yang dimiliki Madura United, Jaja kerap menjadi pemain penyeimbang alur serangan.

Ia juga andal dalam menjaga ritme permainan dan serangan. Selain itu, pemain berusia 26 tahun itu juga rajin dalam membantu pertahanan Madura United.

Jaja juga memiliki kualitas individu yang baik. Selain kemampuan individu, sang pemain juga diberkahi kelincahan dan kecepatan berlari.

 

4 dari 4 halaman

Rekam Jejak Ilham Udin

Ilham jadi bagian Timnas Indonesia U-19 ketika meraih trofi juara di Piala AFF U-19 pada 2013. Sukses itu membuat Persebaya ISL yang kemudian berganti nama menjadi Bhayangkara FC menyodorkan kontrak berdurasi empat tahun buat Ilham pada 21 Oktober 2014.

Penyerang sayap asal Ternate itu melakoni debutnya di level senior ketika Bhayangkara mengalahkan Mitra Kukar di Stadion Gelora Bung Tomo, 5 September 2015. Ia masuk ke lapangan pada menit ke-57 menggantikan Rudi Widodo.

Bersama Bhayangkara, Ilham meraih trofi juara Liga 1 2017. Selepas musim itu, sang pemain menerima tawaran klub Liga Super Malaysia, Selangor FA pada 2 Desember 2017.

Dari Selangor, Ilham kembali ke Bhayangkara jelang musim 2019. Terakhir, sebelum ke PSM, Ilham sempat jadi bagian dari Barito Putera pada Liga 1 2020 yang terhenti dan kemudian dinyatakan batal oleh PSSI.

Saat beraksi di lapangan, Ilham dikenal sebagai penyerang sayap yang memiliki teknik di atas rata-rata. Ia juga kerap berperan sebagai 'penyerang palsu' yang piawai mencetak gol.

Pada pekan perdana BRI Liga 1 2021/2022, Ilham membuktikan kapasitasnya itu dengan menjebol gawang Arema FC dengan tendangan indah nan menawan.

Video Populer

Foto Populer