Sukses


Bentrok Pelatih Bali United Vs Persib di BRI Liga 1: Adu Taktik Stefano Cugurra dan Robert Alberts, Siapa Terbaik?

Bola.com, Bandung - Duel akbar bakal tersaji pada pekan ketiga BRI Liga 1 2021/2022 antara Persib Bandung kontra Bali United. Laga kedua tim berlangsung pada Sabtu (18/9/2021).

Laga Persib dan Bali United diprediksi bakal berjalan sengit dan menarik. Sebab, kedua tim sama-sama dalam kepercayaan diri tinggi karena memperoleh hasil sempurna pada dua laga pertama mereka di BRI Liga 1 musim ini.

Persib menang atas Barito Putera (1-0) dan Persita Tangerang (2-1). Sedangkan, Bali United menang melawan Persik Kediri (1-0) dan Barito Putera (2-1).

Persib memang berambisi menyapu bersih tiga pertandingan awal BRI Liga 1 2021. Skuad Maung Bandung ingin mengulang pencapaian pada Liga 1 2020, sebelum akhirnya kompetisi dihentikan karena pandemi COVID-19.

Pada tiga laga awal musim 2020, Persib sukses membungkam Persela Lamongan, Arema FC dan PSS Sleman. Hasil tersebut membuat Supardi Nasir dan kawan-kawan bertengger di puncak klasemen Liga 1 2019 dengan sembilan poin.

"Tadi saya katakan, kalau tiga kali menang saya akan bawa lagi ke Ciluluk dan mungkin ada sedikit kadeudeuh (bonus)," ujar Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat, Umuh Muchtar, pekan lalu.

Duel kali ini juga mempertemukan dua pelatih hebat yang mempunyai reputasi tinggi, yakni Robert Alberts Alberts dan Stefano Cugurra. Kedua pelatih ini akan saling beradu taktik, siapa yang terbaik.

Dari tiga pertemuan terakhir kedua pelatih, Teco sapaan akrab Stefano Cugurra, lebih unggul dari Robert Alberts. Teco mengalahkan Robert Alberts sebanyak dua kali di kompetisi Liga 1 2019.

Satu pertandingan lagi berakhir imbang. Laga ini terjadi pada fase penyisihan Grup D Piala Menpora yang digelar pada Maret 2021, antara Persib Bandung melawan Bali United. Lalu bagaimana dengan duel di BRI Liga 1 2021/2022 ini?

 

 

2 dari 4 halaman

Stefano Cugurra

Pelatih kelahiran Rio de Janeiro, Brasil, ini biasa menerapkan formasi 4-3-3 yang sukses mengantarkan Persija Jakarta dan Bali United menjuarai Liga 1 pada 2018 dan 2019. Dalam dua pertandingan pertama Bali United di BRI Liga 1 musim ini, Teco pun menerapkan formasi yang sama, yaitu ketika menang atas Persik Kediri dan Barito Putera.

Namun, ada yang berbeda dalam starting lineup Bali United ketika menghadapi Barito Putera pada pekan kedua BRI Liga 1 2021/2022. Pelatih berusia 47 tahun itu melakukan rotasi pemain di sektor tengah dan sayap.

Jika pada pekan pertama menghadapi Persib Teco memasang Fadil Sausu di tengah dan Fahmi Al Ayyubi sebagai winger, ketika melawan Barito Putera posisi tersebut dipercayakan kepada duau pemain yang lebih muda, Kadek Agung dan Yabes Roni.

Taktik tersebut berjalan mulus meski Bali United sempat kewalahan pada awal laga yang membuat Barito Putera bisa mencuri gol. Namun, mental tangguh Serdadu Tridatu yang dipoles dengan taktik ciamik Teco bisa membalikkan keadaan menjadi 2-1.

 

3 dari 4 halaman

Robert Alberts

Pelatih berusia 66 tahun ini dikenal sebagai arsitek tim yang pintar meracik strategi. Tangan dingin Robert Alberts membuat performa Persib Bandung memperlihatkan perubahan ke arah positif.

Tidak heran manajemen Persib berani menyodorkan perpanjangan kontrak kepada pelatih berpaspor Belanda itu hingga 2025.

Dalam dua laga pertama Persib di BRI Liga 1 musim ini, Robert Alberts tidak banyak melakukan perubahan dalam komposisi pemain inti tim asuhannya. Hanya sektor sayap yang mengalami rotasi.

Dalam laga kontra Barito Putera, Frets Butuan menempati sisi kiri, sementara ketika menghadapi Persita Tangerang, Robert Alberts memilih mempercayakan Esteban Vizcarra.

Keputusan tersebut ternyata ampuh dalam menembus pertahanan lawan. Persib pun akhirnya meraih kemenangan kedua menghadapi Persita Tangerang dengan skor akhir 2-1.

Selain itu, taktik Robert Alberts menduetkan Marc Klok dan Mohammed Rashid di lini tengah dinilai tepat. Kedua pemain itu sama-sama tampil menjanjikan.

Bahkan Marc Klok dan Mohammed Rashid sudah sama-sama mencetak gol. Marc Klok mencetak gol penentu kemenangan saat menghadapi Barito Putera, dan Mohamed Rashid mencetak dua gol Persib ke gawang Persita.

 

4 dari 4 halaman

Persaingan Bali United dan Persib di Papan Atas BRI Liga 1

3 Gol Terbaik BRI Liga 1, Salah Satunya Tendangan Spektakuler Irsyad Maulana

Video Populer

Foto Populer