Sukses


BRI Liga 1: Sulit Pertahankan Tren Kemenangan, Iwan Setiawan Minta Persela Jaga Konsistensi

Bola.com, Jakarta - Pelatih Persela Lamongan, Iwan Setiawan meminta anak asuhnya untuk tak terbuai dengan kemenangan atas Persipura Jayapura. Laskar Joko Tingkir, julukan Persela, baru saja mengemas kemenangan perdana di BRI Liga 1 2021/2022 akhir pekan lalu.

Menghadapi Persita Tangerang pada pekan ketiga BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Pakansari, Jum'at (17/09/202) sore WIB, jelas bukan persoalan mudah. Sebab baginya, mempertahankan sesuatu yang sudah diraih jauh lebih sulit daripada mendapatkannya.

"Semua pertandingan berat, semua partai adalah final. Alhamdulillah kita bisa meraih sukses pekan kemarin. Tetapi saya sampaikan ke tim, mempertahankan itu lebih sulit daripada merebut," ungkapnya.

Pelatih asal Medan tersebut berharap Persela Lamongan tampil dengan militansi tinggi seperti saat menang atas Persipura Jayapura. Saat itu, Iwan Setiawan menilai ciri khas permainan Persela Lamongan benar-benar terlihat.

"Jadi ini bagaimana soal tim ini bisa bermain konsisten dengan motivasi, fighting spirit, disiplin, dan kerja keras seperti kurang lebih saat menghadpai Persipura Jayapura," imbuh Iwan Setiawan.

 

2 dari 4 halaman

Iwan Setiawan Tak Ingin Pemain Jemawa

Mantan pelatih Persebaya Surabaya tersebut sadar betul bila kompetisi BRI Liga 1 2021/2022, masih sangat panjang. Euforia kemenangan atas Persipura Jayapura sudah seharusnya tak dinikmati terlalu berlebihan.

Laskar Joko Tingkir, julukan Persela Lamongan tengah diliputi rekor buruk. Satu kekalahan lagi yang mereka derita, bakal memastikan Birrul Walidain dkk menyamai rekor kekalahan terbanyak Liga 1 milik Badak Lampung FC.

"Kita bersyukur dengan 10 pemain lawan tim Persipura yang notabene tim terbaik di Indonesia bisa menang 1-0. Tetapi saya tekankan kepada tim, jangan jadi jemawa karena kemenangan kemarin," tegasnya.

"Anggap saja kemenangan itu langkah untuk menjadi lebih baik ke depannya. Saya enggak mau hasil itu membuat kita puas dan tidak jadi lebih baik lagi ke depannya," Iwan menambahkan.

 

3 dari 4 halaman

Waspadai Motivasi Persita Tangerang

Persita Tangerang memang baru saja dikalahkan Persib Bandung. Tetapi Iwan Setiawan merasa hal itu bisa menjadi ancaman serius bila tak ditangani anak asuhnya dengan benar.

Pendekar Cisadane, julukan Persita, jelas tak ingin menelan hasil yang sama atas Persela Lamongan. Untuk itulah, dirinya fokus mempersiapkan tim alih-alih mengomentari hasil lawan di pertandingan sebelumnya.

"Yang jelas ada hasil kurang baik bagi Persita di pertandingan kemarin. Mereka memiliki tekad meraih poin penuh, begitu juga dengan kami. Mudah-mudahan motivasi tinggi dari Persita, bisa kami imbangi dengan motivasi tinggi juga," tegasnya.

Iwan Setiawan mengaku telah mengantongi kekuatan dan kelebihan lawan dari pertandingan sebelumnya. Tetapi dia enggan berbagi hal tersebut kepada publik.

"Yang jelas kami tim pelatih, punya evaluasi bagaimana Persita bermain dengan transisi bertahan dan menyerang. Terapi kurang etis bila saya sampaikan," pungkasnya.

4 dari 4 halaman

Posisi Persela saat Ini

Video Populer

Foto Populer