Sukses


Prediksi Pertandingan BRI Liga 1, Persik vs PSM: Juku Eja Waspadai Terkaman Macan Putih

Bola.com, Jakarta - Persik Kediri dan PSM Makassar saling mengintip peluang merangsek ke papan atas klasemen sementara BRI Liga 1 2021/2022 saat kedua tim saling bentrok pada laga pekan keempat hari Kamis (23/09/2021). 

Skuad Juku Eja berada di atas angin usai mempermalukan Persebaya Surabaya dengan skor 3-1 pada pekan ketiga di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu (18/9/2021). Kemenangan yang mengantar tim asuhan Milomir Seslija bertengger di peringkat enam dengan mengoleksi lima poin.

Sedangkan Macan Putih berada satu tingkat di bawah PSM dengan poin 4 setelah bermain imbang 2-2 melawan Persikabo 1973 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jumat (17/09/2021). Meski gagal menang, penampilan Persik menunjukkan tren membaik.

Mereka malah sempat unggul 2-1 lewat brace striker berpaspor Spanyol, Youssef Ezzejjari sebelum Persikabo menyamakan kedudukan berkat gol penalti Sergey Pushnyakov. Tren positif Persik inilah yang diwaspadai kubu Juku Eja.

Seperti diungkap pelatih PSM, Milomir Seslija kepada awak media Makassar seraya menunjuk dua laga terakhir Persik yang tak tersentuh kekalahan. Milo, sapaan karibnya, secara khusus memuji aksi Youssef Ezzejjari yang dinilainya bisa merepotkan lini belakang tim asuhannya.

Duet stoper Hasim Kipuw dan Erwin Gutawa tak boleh kehilangan konsentrasi dan fokus saat meredam pergerakan Ezzejjari. Keduanya pun kerap berdiri sejajar sehingga membuka peluang buat striker lawan yang jeli melihat celah kosong dan memiliki kecepatan.

Kelemahan ini terlihat ketika duet ini gagal mengadang striker Persebaya, Jose Wilkson yang berhasil menjebol gawang PSM pada pekan ketiga.

Khusus di lini belakang, PSM mendapatkan tambahan amunisi baru yakni Serif Hasic, stoper asal Bosnia yang sudah bergabung dalam latihan tim setelah menjalani karantina.

Namun, Hasic yang musim lalu juga memperkuat PSM masih menunggu terbitnya dokumen Kartu Izin Tinggal Sementara (KITAS). Selain Hasic, skuad Juku Eja juga sudah mendatangkan satu pemain asing lainnya, Bektur Talgat Uulu. Gelandang asal Kirgystan ini sudah tiba di Indonesia dan sedang menjalani karantina.

 

 

2 dari 5 halaman

Duet Belanda Jadi Tumpuan PSM

Menghadapi Persik, PSM kembali bertumpuh pada duet Belanda, Anco Jansen dan Wiljan Pluim sebagai aktor utama lini serang Juku Eja. Khususnya Jansen yang mulai mencuri perhatian dengan mencetak brace ke gawang Persebaya.

Meski diplot sebagai striker, saat pertandingan berjalan, pergerakan eks pemain NAC Breda lebih pas disebut gelandang serang. Sedangkan Pluim yang diplot sebagai 'pemain bebas' menjalankan perannya itu dengan baik.

Meski belum berada dalam kondisi terbaiknya, Pluim tetap menjadi sentral permainan PSM. Seperti yang diperlihatkannya ketika PSM melibas Persebaya. Tiga gol yang tercipta semuanya berawal dari andil Pluim sebagai kreator serangan Juku Eja.

Pergerakan dinamis Jansen dan Pluim bisa jadi pembuka jalan buat pemain PSM lainnya untuk berkontribusi buat tim. Ilham Udin Armaiyn dan Yacob Sayuri sudah merasakannya.

Ilham sudah mencetak dua gol. Masing-masing satu gol ke gawang Arema FC dan Madura United. Sedang Yacob mencuri perhatian dengan satu golnya ke gawang Persebaya.

 

3 dari 5 halaman

Sejarah Berpihak ke Persik

Meski lebih diunggulkan, salah besar kalau PSM memandang remeh calon lawannya itu. Sejarah membuktikan, tim Macan Putih kerap mengejutkan Juku Eja di kompetisi kasta tertinggi. Termasuk ketika Persik untuk kali pertama meraih trofi juara Liga Indonesia 2003.

Ketika itu, Persik dua kali mengalahkan PSM yang memiliki materi pemain lebih baik. Tiga tahun kemudian, Persik meraih trofi juara Liga Indonesia untuk kali kedua.

Pada musim ini, Persik dan PSM sama-sama tergabung di Wilayah Dua di Liga Indonesia 2006 yang menerapkan format penyisihan wilayah sampai laga puncak. Pada dua pertemuan kedua tim di penyisihan wilayah, Persik dan PSM saling mengalahkan.

Namun, pada pertemuan pertama di Stadion Brawijaya Kediri, Persik mempermalukan PSM dengan skor enam gol tanpa balas. PSM memang mampu membalas kekalahan itu di Makassar dengan skor 3-1.

Tapi, kekalahan di Kediri jadi sejarah memalukan Juku Eja di pentas Liga Indonesia. Secara keseluruhan, dalam 12 kali pertemuan kedua tim di Liga Indonesia, Persik lebih dominan dengan mencetak enam kemenangan, dua imbang dan empat kalah dari PSM.

Rekor pertemuan inilah yang harus diwaspadai PSM saat bersua Persik pada pekan keempat BRI Liga 1 2021/2022.

 

 

4 dari 5 halaman

Prediksi Susunan Pemain

Persik (3-5-2): Dian Agus (kiper); Vava Mario Yagalo, Arthur Silva, Andri Ibo (belakang); Ibrahim Sanjaya, Ahmad Agung, Adi Eko Jayanto, Bayu Otto, Dany Saputra (tengah); Faris Aditama, Youssef Ezzejjari (depan).

Pelatih: Joko Susilo.

PSM (4-3-3): Syaiful (kiper); Zulkifli Syukur, Hasim Kipuw, Erwin Gutawa, Abdul Rahman (belakang); Rasyid Bakri, Arfan, Sutanto Tan (tengah); Wiljan Pluim, Anco Jansen, Ilham Udin Armaiyn.

Pelatih: Milomir Seslija

Prediksi Bola.com: 45-55

  • Live streaming Vidio
  • Kamis, 23 September
  • Pukul 15.15 WIB
5 dari 5 halaman

Di Mana Posisi Persik dan PSM Saat Ini?

Video Populer

Foto Populer