Sukses


Rekor Pertemuan PSM Vs Barito Putera di Era Liga 1: Laskar Antasari Kerap Menyulitkan Juku Eja

Bola.com, Jakarta - PSM Makassar boleh menyandang status tim eks Perserikatan yang kiprahnya terbilang konsisten di kompetisi kasta tertinggi. Tapi, di era Liga 1, tim kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan itu tak bisa jemawa bila bersua dengan Barito Putera.

Dari tujuh kali pertemuan kedua tim, Barito Putera menang dua kali, dan empat imbang. Tim berjulukan Laskar Antasari itu hanya kalah sekali dari PSM Makassar.

Menariknya, Barito kerap jadi momok yang menakutkan sekaligus penjegal langkah Juku Eja meraih trofi juara. Pada 2017, PSM akhirnya hanya bertengger di peringkat tiga klasemen akhir setelah tertinggal tiga poin dari Bhayangkara FC yang dua kali mereka kalahkan musim itu.

Barito termasuk tim yang menghambat ambisi PSM setelah dua kali bermain imbang di Makassar dan Banjarmasin. Artinya, PSM kehilangan empat poin gegara hasil imbang itu.

Musim berikutnya lebih menyakitkan buat PSM yang hanya kalah satu poin dari sang juara, Persija Jakarta (poin 62) di klasemen akhir. PSM kembali kehilangan empat poin saat bertemu Barito Putera.

Di Stadion 17 Mei Banjarmasin, Juku Eja takluk dengan skor 2-3 dan hanya bermain imbang 1-1 kalau menjamu Laskar Antasari di Stadion Andi Mattalatta.

Pada Liga 1 2019, Barito kembali menjaga tradisi sebagai tim yang kerap menyulitkan PSM. Dalam dua kali pertemuan, mereka saling mengalahkan.

Terakhir pada Liga 1 2020, Barito berhasil menahan imbang PSM dengan skor 1-1 di Stadion Andi Mattalatta pada pekan ketiga. Seperti diketahui setelah laga itu, kompetisi Indonesia mengalami penundaan dan kemudian dinyatakan batal gegara tak kunjung turunnya izin dari kepolisian dengan alasan wabah pandemi COVID-19 yang kian meluas.

 

2 dari 4 halaman

Milomir Seslija Mewaspadai Kebangkitan Barito

Fakta di atas inilah yang membuat pelatih PSM, Milomir Seslija merasa perlu mewaspadai kebangkitan Barito Putera yang tengah terpuruk di dasar klasemen sementara BRI Liga 1 2021/2022.

Di mata Milo, sapaan karibnya, materi pemain Barito musim ini terbilang menjanjikan. Persiapan tim asuhan Djajang Nurjaman lebih baik dibandingkan PSM.

Barito Putera menggelar pemusatan latihan di Yogyakarta plus berujicoba dengan tim selevel. Sedang PSM hanya mempersiapkan diri di Makassar dengan hanya menghadapi tim-tim amatir.

"Sebelum kompetisi dimulai, saya juga membaca berita Barito diprediksi jadi penghuni lima besar klasemen musim ini. Dimata saya, penampilan Barito tetap menjanjikan meski belum pernah meraih kemenangan," kata Milo pada sesi jumpa media, Minggu (26/9/2021).

Jadwal BRI Liga 1 2021/2022 memang tidak menguntungkan buat Barito Putera. Dimana pada empat pekan pertama mereka menghadapi tim dengan materi pemain berkualitas yakni Persib Bandung, Bali United, Borneo FC dan Persikabo 1973.

 

3 dari 4 halaman

Rekor Pertemuan

2017

  • 18 Juli: PSM vs Barito 1-1
  • 29 Oktober: Barito vs PSM 2-2

2018

  • 16 April: Barito vs PSM 2-1
  • 13 September: PSM vs Barito 1-1

2019

  • 14 Agustus: PSM vs Barito 2-1
  • 11 Desember: Barito vs PSM 3-2

2020

  • 15 Maret: PSM vs Barito 1-1
4 dari 4 halaman

Persaingan di BRI Liga 1 2021/2022

Video Populer

Foto Populer