Sukses


Lini Depan Persib Tumpul di BRI Liga 1, Apa Sih Penyebabnya?

Bola.com, Jakarta - Lini depan Persib Bandung mendapat sorotan tajam dari Bobotoh di media sosial belakangan ini. Kritik bisa dipahami lantaran hingga pekan kelima BRI Liga 1 2021/2022, para penyerang Maung Bandung tidak kunjung mencetak gol.

Padahal lini depan Persib dihuni pemain-pemain berlabel bintang. Sebut saja, Wander Luiz, Geoffrey Castillion dan Ezra Walian.

Namun, dalam lima pertandingan terakhir ini, lini depan Persib seakan tumpul. Bahkan, semua gol Persib musim ini dicetak pemain berposisi gelandang seperti Marc Klok, Mohammed Rashid dan Beckham Putra Nugraha.

Pengamat sepakbola asal Bandung, Yudi Guntara menilai penyebab lini depan puasa gol karena tak adanya duet Wander Luiz dan Geoffrey Castillion. Sejauh ini, Wander Luiz kerap menjadi tumpuan Persib di sektor depan.

Sedangkan Geoffrey Castillion masih bergelut dengan masalah kesehatan. Pemain asal Belanda itu dikabarkan mengalami sakit dan harus mendapat perawatan dari tim dokter.

"Kalau menurut saya penyebabnya karena Wander Luiz gak ada pasangan di depan, itu saja," ujar Yudi saat dihubungi Bola.com, Rabu (29/09/2021).

 

 

 

 

 

2 dari 4 halaman

Awal BRI Liga 1

Mantan pemain Persib ini berkaca kepada Liga 1 2020. Di mana, duet Wander Luiz dan Geoffrey Castillion menjadi andalan Persib di lini depan. Kolaborasi kedua penyerang ini mampu menjadi momok menakutkan bagi tim lawan.

Bahkan, enam gol berhasil disarangkan ke gawang lawan dari tiga pertandingan. Wander Luiz mencatatkan empat gol. Adapun, Geoffrey Castillion mencetak dua gol. Bahkan Wander Luiz memimpin top skor Liga 1 2020, sebelum akhirnya kompetisi dihentikan karena pandemi COVID-19.

"Waktu Wander Luiz berpasangan dengan Geoffrey musim 2020, Persib bisa menang tiga kali. Mereka menjadi striker berbahaya, nah sekarang musim 2021 pernah gak Wander Luiz dan Geoffrey dipasang bareng," jelas Yudi.

"Jadi bukan berarti pemain depan tumpul. Wander Luiz pernah membuktikan musim lalu dia bisa mencetak gol. Ini kembali ke strategi pelatih," tambahnya.

3 dari 4 halaman

Ezra Walian dan Frets Butuan Bukan Striker Murni

Pelatih Persib, Robert Alberts memang pernah mencoba menduetkan Ezra Walian dan Wander Luiz atau Wander Luiz dengan Frets Butuan. Tapi, Yudi melihat Ezra dan Frets bukan striker murni.

"Idealnya itu Persib sukses adalah karena dua stiker murni. Sedangkan di kompetisi Liga 1 2021 dari pertama main hanya memasang satu striker," terangnya.

Pelatih Persib, Robert Alberts mengakui belum optimalnya lini depan karena Wander Luiz belum menemukan partnernya. Pemain berusia 29 tahun ini harus bekerja keras sendiri untuk membongkar pertahanan tim lawan.

"Luiz seolah bekerja sendirian karena tidak ada Geoffrey yang bersamanya. Tapi Luiz juga harus bisa menunjukkan kemampuannya dalam mencetak gol. Semua tahu itu, jadi tentu saja akan ada tekanan,"ungkap Robert usai laga melawan Borneo FC, Kamis (23/09/2021)

"Tapi kami harus mendukung setiap striker untuk mencetak gol, karena sekali dia mencetak gol, normalnya gol lain akan mengikuti dan saya harap dia bisa mengatasi tekanan ini dan mulai mencetak gol," lanjutnya. 

4 dari 4 halaman

Di Mana Posisi Persib Saat Ini?

Video Populer

Foto Populer