Sukses


Duel Antarlini Madura United vs Persipura di BRI Liga 1: Pertarungan Dua Raksasa Seret Gol

Bola.com, Jakarta - Pertemuan ketujuh diantara Madura United dan Persipura Jayapura mungkin tak akan semegah pertarungan di masa lalu. Maklum keduanya tengah berada di ambang zona degradasi saat bertemu di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Minggu (03/10/2021).

Dalam lima laga perdana BRI Liga 1 2021/22, kedua tim gagal menemukan permainan terbaiknya. Bahkan, mereka sempat nir kemenangan hingga pekan keempat.

Madura United dua kali bermain imbang dengan Persikabo 1973 dan PSM Makassar, sebelum kemudian takluk dari Bhayangkara FC. Sempat bangkit dengan kemenangan tipis atas PSS Sleman, mereka kembali ditahan imbang PSIS Semarang di laga terakhir.

Sementara itu, Persipura malah menelan pil pahit di dua laga awal setelah berturut-turut takluk atas Persita Tangerang dan Persela Lamongan. Sempat mengimbangi Persija Jakarta, mereka akhirnya mampu meraih kemenangan perdana atas Persiraja Banda Aceh.

Namun, konsistensi sepertinya masih jadi masalah yang harus dipecahkan mereka. Di laga terkini, mereka justru menyerah dari Arema FC.

Lantas, bagaimana dengan pertarungan kedua tim di pekan keenam BRI Liga 1 2021/22? Berikut perbandingan antarlini Madura United dan Persipura.

 

2 dari 6 halaman

Kiper

Madura United tetap akan mengandalkan M. Ridho di bawah mistar. Sejauh ini, M. Ridho tampil penuh dalam lima laga perdana Madura United musim ini.

Secara statistik, penampilan kiper asal Pekalongan itu sebenarnya tak buruk-buruk amat. Meski kebobolan tiga gol, M. Ridho berhasil meraih clean sheet dalam dua laga.

Sementara itu, Fitrul Dwi Rustapa besar kemungkinan kembali dipercaya Jacksen F. Tiago. Dalam empat laga terakhir, mantan penggawa Persegres Gresik United itu berhasil merebut tempat utama.

Penampilan Gerry Mandagi di laga perdana, rupanya tak mengesankan pelatih asal Brasil tersebut. Pada laga tersebut, kiper berusia 38 tahun tersebut kebobolan dua gol.

Bagaimana dengan Fitrul? Sejauh ini, kiper berusia 26 tahun itu baru kebobolan tiga gol. Tak hanya itu, dia juga berhasil menorehkan satu cleansheet saat hadapi Persija Jakarta.

 

3 dari 6 halaman

Belakang

Sektor pertahanan bakal jadi kunci hasil pertandingan ini. Walaupun kedua kesebelasan sama-sama seret gol, pemain-pemain di depan kiper tak boleh kehilangan fokusnya sedetik pun.

Kadek Raditya sepertinya bakal kembali andalan di pertahanan Madura United. Cederanya Jaimerson dan Fachruddin Wahyudi Aryanto yang mendapat panggilan pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia, membuat mereka harus bertumpu pada pemain berusia 22 tahun itu.

Dia pun telah menunjukkan kepiawaiannya di laga terakhir kontra PSIS Semarang, awal pekan ini. Ditunjuk mendadak sebagai starter, Kadek tetap mampu menampilkan permainan solid untuk membawa timnya meraih clean sheet.

Sedangkan Donny Monim diharapkan kembali ke permainan terbaiknya saat diturunkan di laga ini. Bersama Ricardo Salampessy, mantan penggawa Barito Putera itu merupakan bek tengah terbaik Persipura saat ini.

Sayangnya, pemain yang juga ditunjuk menjadi wakil kapten ini kerap kalah berduel dengan penyerang lawan. Hal ini yang akhirnya dijadikan kesempatan lawan mencetak gol kemenangan.

 

4 dari 6 halaman

Tengah

Pertarungan lini tengah bakal menarik untuk dinanti. Bakat-bakat terbaik bakal saling beradu kebolehan memperebutkan ruang mesin permainan.

Sejak turnamen pramusim Piala Menpora 2021, Hugo Gomes dos Santos Silva atau yang akrab disapa Jaja, sudah memperlihatkan permainan terbaiknya. Jebolan Timnas Brasil U-20 ini menjadi motor penggerak Madura United di lini kedua.

Dengan tarian samba Brasil, dirinya berhasil mengatur irama permainan Laskar Sape Kerrap, julukan Madura United. Tak heran bila namanya beberapa kali masuk dalam daftar tim terbaik per pekan sekalipun timnya tak meraih kemenangan.

Sementara itu, Todd Ferre mulai kembali moncer dalam beberapa laga terkini. Setelah melempem di dua laga awal, kegemilangan mencapai puncaknya saat membukukan satu assist dalam kemenangan atas Persiraja Banda Aceh.

Sayangnya, konsistensi masih menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikannya. Tetapi jika mampu menampilkan performa terbaiknya, pertahanan Madura United patut mewaspadainya.

 

5 dari 6 halaman

Depan

Baik Madura United dan Persipura Jayapura memiliki pekerjaan rumah di lini depan. Bersama Persela Lamongan, kedua tim tersebut saat ini baru mengemas tiga gol alias yang paling sedikit di BRI Liga 1 2021/22.

Pelatih Madura United, Rachmad Darmawan bukan tak menyadari hal tersebut. Rafael Silva yang diharapkan menjadi solusi ketajaman, baru mengemas satu gol dalam lima penampilannya.

Pria yang akrab disapa RD itu mengakui bila sang pemain kerap bertindak di luar strategi. Namun, dia pun tak punya opsi lain mengingat tak ada pemain yang bisa ditempatkan sebagai ujung tombak murni.

Sementara itu di kubu Persipura, Jacksen F. Tiago juga masih kesulitan merancang skema terbaik di lini depan. Permainan atraktif Persipura tak didukung seorang goal getter handal. Yevhen Bokhashvili belum bisa menutup ruang yang ditinggalkan Boaz Solossa.

Ricky Kayame mungkin bakal jadi andalan utama mengingat dua pemain lini depan lainnya, Gunansar Mandowen dan Ramai Rumakiek tengah menjalani TC Timnas Indonesia.

Meskipun lebih sering menjadi pengganti, penampilannya di laga kontra Persiraja sebenarnya cukup baik. Mantan penggawa Persebaya Surabaya itu berandil besar pada gol kemenangan yang diciptakan Gunansar. 

6 dari 6 halaman

Di Mana Posisi Madura United dan Persipura Saat Ini?

Video Populer

Foto Populer