Sukses


Rapor Pelatih Asing Sampai Seri Pertama BRI Liga 1: Paul Munster Terbaik, Jacksen F. Tiago Paling Jeblok

Bola.com, Jakarta - BRI Liga 1 2021/2022 telah memainkan semua pertandingan pekan keenam yang berakhir pada Minggu (3/10/2021). Pekan ini menjadi penutup rangkai seri pertama yang digelar di DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.

Terjadi banyak kejutan sepanjang seri pertama yang menyajikan enam pekan pertandingan. Ada klub elite yang mampu tampil gemilang hingga terseok-seok di papan bawah BRI Liga 1 2021/2022.

Kinerja para pelatih tentu menjadi bahan evaluasi dari manajemen klub. Terutama untuk pelatih asing yang sampai pekan keenam ini tak mampu berkontribusi banyak untuk timnya.

Bola.com memilih Paul Munster sebagai pelatih asing dengan rapor paling gemilang sepanjang seri pertama. Pelatih asal Irlandia Utara itu berhasil membantu Bhayangkara FC memuncaki klasemen sementara BRI Liga 1.

Kemudian ada nama Stefano Cugurra Teco bersama Bali United. Tangan dingin Teco sukses membantu klub asal Pulau Dewata menghuni peringkat kedua klasemen sementara.

Sementara itu, Angelo Alessio layak masuk daftar tiga besar pelatih dengan rapor gemilang di BRI Liga 1. Pelatih asal Italia itu membuat Persija sukar dikalahkan dan kini mengoleksi 10 poin hasil dua kemenangan dan empat kali imbang.

2 dari 4 halaman

Jacksen F. Tiago Terburuk

Bila ada yang terbaik, maka ada pula yang terburuk. Jacksen F. Tiago layak mendapatkan predikat pelatih asing dengan kinerja terburuk pada seri pertama BRI Liga 1 2021/2022.

Penilaian ini mengacu pada hasil minor yang diraih Persipura Jayapura. Bersama Jacksen, Persipura hanya mengumpulkan lima poin hasil sekali menang, dua kali imbang, dan tiga kali kalah.

Setelah itu, ada pula nama Dejan Antonic yang menukangi PSS Sleman. Dalam enam laga, Dejan hanya mampu memberikan lima poin untuk PSS hasil sekali menang, dua kali imbang, dan tiga kali kalah.

Namun, memang terlalu dini untuk memberikan predikat pelatih asing terbaik dan terburuk di BRI Liga 1. Apalagi perjalanan musim ini masih sangat panjang yakni menyisakan 28 pekan pertandingan lagi.

Selain itu, permasalahan yang dihadapi para pelatih asing di klub-klub BRI Liga 1 juga beragam. Intinya, jeda pertandingan selepas pekan keenam ini menjadi momentum para pelatih dan manajemen klub untuk melakukan evaluasi terhadap permainan timnya.

3 dari 4 halaman

Daftar Pelatih Asing di Klub BRI Liga 1

1. Arema FC: Eduardo Almeida (Portugal)

2. Bali United: Stefano Cugurra Teco (Brasil)

3. Bhayangkara FC: Paul Munster (Irlandia Utara)

4. Borneo FC: (Risto Vidakovic (Serbia)

5. Persib Bandung: Robert Alberts (Belanda)

6. Persija Jakarta: Angelo Alessio (Italia)

7. Persikabo 1973: Igor Kriushenko (Belarusia)

8. Persipura Jayapura: Jacksen F. Tiago (Brasil)

9. PSIS Semarang: Ian Gillan (Skotlandia)

10. PSM Makasar: Milomir Seslija (Bosnia dan Herzegovina)

11. PSS Sleman: Dejan Antonic (Serbia)

4 dari 4 halaman

Yuk Tengok Daftar Peringkat Terbaru

Video Populer

Foto Populer