Sukses


Analisis Kinerja Lini Belakang Timnas Indonesia Kontra Chinese Taipei: Satu Hal yang Wajib Dibutuhkan Agar Lebih Solid

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia lolos ke Kualifikasi Piala Asia 2023 setelah menyingkirkan Chinese Taipei lewat kemenangan pada dua pertemuan dengan agregat 5-1. Kali ini Merah-Putih mampu menjaga clean-sheet dan penampilan impresif itu mendapatkan pujian.

Dihubungi Bola.com, Selasa (12/10/2021), eks bek sayap PSM Makassar, Yusrifar Djafar mengapresiasi kinerja tim asuhan Shin Tae-yong. Terutama lini belakang yang mampu menjadikan gawang skuad Garuda tak kebobolan pada Leg 2 di Stadion Buriram, Thailand, Senin (11/10/2021).

Secara khusus Yusrifar memuji kinerja duet Victor Igbonefo dan Ryuji Utomo yang tampli lugas dan saling menutupi untuk meredam ambisi Chinese Taipei mencetak gol. "Saya menilai duet Victor-Ryuji lebih solid dan tenang saat mengamankan area 16 pertahanan Indonesia," ujar Yusrifar yang membawa Juku Eja meraih trofi juara Perserikatan 1992 dan Liga Indonesia 1999/2000 ini.

Pada laga tadi malam, Shin Tae-yong memang melakukan rotasi di lini belakang. Ryuji menggantikan peran Fachruddin Aryanto di posisi stopper. Begitu pun di bek sayap, Pratama Arhan melakoni peran Miftah Anwar Sani yang pada leg pertama mendapat jatah starter.

Menurut Yusrifar, secara umum, Shin Tae-yong tak banyak melakukan perubahan taktik dan cara bermain lini belakangnya. Asnawi dan Pratama bermain agresif dengan mobilitas tinggi.

Determinasi serupa juga ditunjukkan oleh gelandang jangkar Timnas Indonesia, Rahmat Irianto. Alhasil, konsentrasi Igbonefo dan Ryuji lebih fokus untuk melakukan intersep baik bola bawah mau pun atas.

 

2 dari 3 halaman

Jam Terbang

Yusrifar yang pernah membela timnas di Piala Raja, Thailand dan Piala Kemerdekaan yakin penampilan timnas bakal lebih berkembang bersama Shin Tae-yong. Ia membandingkan penampilan timnas saat tampil pada partai sisa kualifikasi Piala Dunia 2022 di Dubai.

"Penampilan timnas kali ini lebih berkarakter," ungkap Yusrifar.

Meski memberikan pujian, Yusrifar juga menilai lini belakang kerap masih terlihat panik saat pemain tim lawan melakukan tekanan. Itulah mengapa, Yusrifar berharap timnas mendapat banyak kesempatan untuk menambah jam terbang sekaligus meningkatkan kesolidan tim.

3 dari 3 halaman

Timnas Indonesia di Pot 4

Di ronde ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023, Timnas Indonesia berada di pot empat bersama Nepal, Mongolia, Bangladesh, Sri Lanka, dan Kamboja atau Guam.

Putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 akan dibagi ke enam grup dengan masing-masing grup berisikan empat tim.

Pembagian pot di ronde ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 bakal didasari oleh peringkat peserta pada ranking FIFA yang segera diperbarui pada 21 Oktober 2021.

Sesuai dengan ranking FIFA pada 16 September 2021, Timnas Indonesia untuk sementara berada di pot empat. Skuad Garuda bakal satu grup dengan negara yang berasal dari pot tiga, pot dua, dan pot satu.

Video Populer

Foto Populer