Sukses


Persipura Tantang Persebaya di BRI Liga 1, Jacksen Tiago Sesumbar Sudah Paham Bajul Ijo Luar Dalam

Bola.com, Sleman - Pekan ketujuh BRI Liga 1 2021/2022 bakal menyajikan pertandingan yang membuka kenangan lama. Persipura Jayapura dijadwalkan berjumpa Persebaya Surabaya dalam mengawali seri kedua di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (16/10/2021).

Hal itu melibatkan pelatih Persipura, Jacksen F. Tiago. Sosok asal Brasil ini tercatat sebagai pria berjasa besar untuk Persebaya. Dia pernah membawa tim Bajul Ijo menjadi kampiun baik sebagai pemain maupun pelatih.

Pada musim 1996-1997, Jacksen adalah striker andalan yang membawa trofi juara untuk Persebaya. Menariknya, kapten Persebaya saat itu adalah Aji Santoso yang kini telah menjadi pelatih kepala Persebaya.

Jangan lupakan Bejo Sugiantoro dan dan Uston Nawawi yang saat itu merupakan pemain muda. Dua nama ini kini berstatus asisten pelatih Persebaya membantu kerja Aji Santoso.

Jacksen juga menyumbang trofi juara sebagai arsitek tim di Divisi Utama 2004. Makanya, pelatih berusia 53 tahun itu menebar sesumbar bahwa dirinya memahami Persebaya karena latar belakang itu, ditambah keberadaan rekan-rekannya di staf kepelatihan.

“Saya pernah hampir sembilan menjadi bagian Persebaya. Saya tahu persis teman-teman yang ada di sana. Empat staf pelatih pernah bekerja sama dengan saya, Bejo, Aji, dan Uston,” ungkap Jacksen, Jumat (15/10/2021).

“Kami pernah bersama sebagai pemain dan saat saya jadi pelatih. Dan Cak Mustaqim (asisten pelatih Persebaya Surabaya) pernah jadi pelatih saya. Saya tahu persis kemampuan mereka,” imbuh top scorer Liga Indonesia 1996-1997 itu.

2 dari 4 halaman

Duel Menarik

Kendati demikian, Jacksen menolak meremehkan kekuatan yang dimiliki oleh Persebaya Surabaya. Bagian, tim Bajul Ijo tetaplah memiliki banyak kelebihan, seperti juga Persipura yang sedang ditanganinya saat ini.

“Saya tahu Aji di dalam tim Persebaya, semua tim besar seperti itu tidak bisa diremehkan sama sekali. Apapun yang terjadi, Persipura juga tim kuat dan sedang mengejar momentum dana kompetisi saat ini,” ucapnya.

“Pertandingan ini akan jadi sangat menarik dengan kekurangan pemain, komposisi pemain. Saya melihat ada kesamaan dalam tim kami. Kekuatan kedua tim seimbang,” tutur mantan pelatih Timnas Indonesia itu.

Sebenarnya, tidak hanya Persebaya saja yang memiliki kenangan manis saat bekerja sama dengan Jacksen. Persipura pun termasuk tim yang merasakan sentuhan magis pemilik nama lengkap Jacksen Ferreira Tiago itu.

Sebagai pelatih, dia telah menyumbang tiga gelar Indonesia Super League, masing-masing pada 2008-2009, 2010-2011, dan 2013. Dia masih menjadi pelatih dengan catatn prestasi terbaik di Indonesia karena pernah memenangi empat trofi kompetisi kasta tertinggi.   

3 dari 4 halaman

Jadwal BRI Liga 1

Sabtu, 16 Oktober 2021

  • 15.15 WIB: Persela Lamongan Vs Madura United (Stadion Maguwoharjo, Sleman)
  • 15.15 WIB: Persita Tangerang Vs Persiraja Banda Aceh (Stadion Moch. Soebroto, Magelang)
  • 18.15 WIB Persipura Jayapura Vs Persebaya Surabaya (Stadion Maguwoharjo, Sleman)
  • 20.45 WIB: Bhayangkara FC Vs Persib Bandung (Stadion Moch. Soebroto, Magelang)

Minggu, 17 Oktober 2021

  • 15.15 WIB: PSM Makassar Vs Bali United (Stadion Sultan Agung, Bantul)
  • 18.15 WIB: Persija Jakarta Vs Arema FC (Stadion Manahan, Solo)
  • 20.30 WIB: Persikabo 1973 Vs Borneo FC (Stadion Sultan Agung, Bantul)
4 dari 4 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer