Sukses


Man of the Match BRI Liga 1 Persipura Vs Persebaya: Ricky Kambuaya Masih On Fire Sepulang dari Timnas Indonesia

Bola.com, Sleman - Persebaya Surabaya berhasil mengawali seri kedua BRI Liga 1 2021/2022 dengan mengemas tiga angka. Bajul Ijo sukses memetik kemenangan dengan skor 3-1 atas Persipura Jayapura dalam pekan ketujuh di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (16/10/2021) malam.

Persipura sebenarnya unggul dulu berkat gol Ricky Kayame di menit ke-53. Namun, Persebaya kemudian bisa membalik kedudukan dengan mencetak tiga gol berkat trisula pemain asing, yakni Jose Wilkson (62’/penalti), Taisei Marukawa (70’), dan Bruno Moreira (82’).

Tiga gol Persebaya boleh saja diborong oleh trio pemain asing. Tapi, kalau ditanya siapakah pemain terbaik pertandingan ini, maka gelandang Ricky Kambuaya adalah jawabannya. Meski tak mencetak gol atau assist, dia tampil apik.

Pemain asal Sorong, Papua, itu seolah meneruskan penampilan impresifnya bersama Timnas Indonesia. Dia sudah menuai pujian saat tampil dua kali melawan Chinese Taipei dengan kemenangan agregat 5-1 yang membawa ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

Jangan lupakan kontribusi masing-masing satu gol dan assistnya saat menghadapi Chinese Taipei dalam laga play-off tersebut. Rupanya, Ricky masih melanjutkan performa on fire di level klub bersama Persebaya dalam persaingan BRI Liga 1.

Ricky mengawali pertandingan dengan tampil apik dalam mengawal lini tengah Persebaya Surabaya. Dia tetap mampu menjembatani aliran bola dari belakang atau tengah ke depan. Tapi, babak pertama belum banyak muncul kejutan karena timnya bermain sabar.

2 dari 4 halaman

Peran Krusial

Jelang berakhirnya babak pertama, Persebaya Surabaya mendapat peluang emas pada menit ke-45. Ricky Kambuaya menerima umpan terobosan dan mampu melewati bek Persipura sekaligus Fitrul. Dia melepas tendangan yang secara mengejutkan mampu dihalau dengan kaki oleh Fitrul.

Ricky berkontribusi untuk dua gol Persebaya yang berperan penting membawa timnya menang di babak kedua. Pertama, Persebaya mendapat penalti berkat pemain berusia 25 tahun itu setelah pelanggaran yang dilakukan pemain Persipura, Fridolin Kristof Yoku.

Yoku terlibat perebutan bola dengan Ricky Kambuaya yang berujung pada tendangan yang mengarah ke badan Kambuaya pada menit ke-62. Berkat upaya berbahaya Kambuaya di kotak penalti, Persebaya menyamakan skor.

Wasit menunjuk titik putih dan striker Jose Wilkson tampil sebagai eksekutor. Pemain asal Brasil itu sukses menceploskan bola ke sisi kanan atas gawang Persipura lewat tendangan kerasnya yang gagal dibendung Fitrul pada menit ke-63.

3 dari 4 halaman

Kontribusi

Kemudian, Persebaya tidak menunggu waktu lama untuk membalikkan kedudukan. Tim asal Kota Pahlawan itu mencetak gol kedua yang lahir dari menit ke-70 berkat winger Taisei Marukawa. Itu berawal dari Ricky Kambuaya yang mengirim umpan lambung ke jantung pertahanan Persipura.

Bola sempat diamankan oleh Fitrul namun kemudian terlepas. Marukawa berhasil mencurinya dan melepas tembakan tanpa hambatan ke arah gawang Mutiara Hitam. Keunggulan kali ini berbalik jadi milik Persebaya dengan skor 2-1.

Satu gol lagi yang dicetak Bruno Moreira tidak melibatkan Kambuaya. Tapi, penampilan apik pemain bernomor 17 itu selama 90 menit pertandingan membuktikan kualitasnya dan layak keluar sebagai man of the match.   

4 dari 4 halaman

Intip Posisi Tim Favoritmu

Video Populer

Foto Populer