Sukses


BRI Liga 1: Coach RD Ceritakan Sulitnya Madura United Bobol Gawang Persela karena Rafael Silva Absen

Bola.com, Jakarta - Madura United terpaksa bertanding tanpa striker Rafael Silva saat berjumpa Persela Lamongan. Duel pekan ketujuh BRI Liga 1 2021/2022 berakhir imbang 2-2 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (16/10/2021) sore.

Rafael sendiri harus absen lantaran terkena akumulasi kartu dengan sudah mengoleksi tiga kartu kuning. Duel ini jadi kali pertama striker asal Brasil itu tidak masuk dalam daftar susunan pemain Madura United.

Sebagai pengganti, ujung tombak lini depan Laskar Sape Kerap diisi oleh striker naturalisasi Silvio Escobar. Dia kemudian ditarik pada menit ke-69 diganti dengan Sansan Fauzi.

Pelatih Rahmad Darmawan mengakui absennya Rafael sempat menyulitkan timnya yang berusaha mencetak gol. Escobar dan Sansan yang diandalkan di lini depan tidak mampu berbuat banyak.

"Dengan tidak adanya Rafael, praktis kami melakukan rolling pergantian pemain lini depan. Opsinya memang ada pada Sansan dan Escobar. Sebetulnya, mereka menunjukkan kualitas di latihan dan layak bermain,” kata pelatih yang akrab disapa RD itu.

"Saya pikir mereka (Escobar dan Sansan) sudah berusaha walaupun belum bisa mengoptimalkan peluang-peluang yang ada. Ini merupakan proses dan masih ada waktu untuk mengasah kemampuan karena mereka juga jarang sekali dapat menit bermain,” imbuhnya.

 

 

 

2 dari 4 halaman

Tidak Punya Opsi Lain

Memang tidak ada opsi lain untuk mengisi pos striker dalam duel sesama tim Jawa Timur itu. Penyerang Ronaldo Kwateh juga tidak bisa tampil lantaran mengikuti agenda pemusatan latihan Timnas Indonesia U-23.

Hasilnya, Madura United terpaksa dua kali tertinggal lewat gol Persela yang dicetak oleh Birrul Walidain (6’) dan Jabar Sharza (54’).

Beruntung, tim asal Pulau Garam itu terhindar dari kekalahan karena dua kali pula menyamakan kedudukan berkat Alfin Tuasalamony (70’) dan Hugo Gomes Jaja (85’).

"Kami terlambat dalam mengatur ritme main. Kami beberapa momen agak terlambat mengantisipasi beberapa serangan cepat lawan dengan bola-bola lambung. Terlihat sekali ada keraguan, akhirnya kami ketinggalan,” ungkap RD.

 

 

3 dari 4 halaman

Hasil Seri Kelima

Ini merupakan hasil seri kelima yang didapat oleh Madura United dan menjadikannya yang terbanyak di antara kontestan lain sampai tujuh pekan BRI Liga 1. Berikutnya, Madura United bakal berjumpa Persija Jakarta di pekan kedelapan, Jumat (22/10/2021).

"Secara keseluruhan setelah 30 menit, anak-anak bisa melepaskan diri dari kesulitannya dan mulai bermain lepas. Mereka berusaha dengan sangat baik," kata coach RD kembali berbicara soal laga versus Persela.

"Saya harus berterima kasih, dua momen tertinggal tetapi bisa mengejar. Ini bukan laga mudah, jerih payah mereka harus diapresiasi,” ujarnya.

 

4 dari 4 halaman

Di Mana Posisi Madura United Saat Ini?

Video Populer

Foto Populer