Sukses


3 Kiper Timnas Indonesia U-23 untuk Kualifikasi Piala Asia U-23 2022, Muhammad Riyandi Jagoan

Bola.com, Dushanbe - Karier Muhammad Riyandi melesat. Di usianya yang baru menginjak 21 tahun, kiper Barito Putera itu telah menjadi pilihan di timnas senior. Sebentar lagi, Riyandi juga bakal menjaga gawang Timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi Piala Asia U-23 2022.

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong membutuhkan Muhammad Riyandi di timnya. Padahal, penjaga gawang asal Bogor, Jawa Barat itu telah paten di posisi utama timnas senior.

Keberadaan Muhammad Riyandi di Timnas Indonesia U-23 tidak lepas dari usianya yang masih cukup. Selain itu, faktor minimnya kiper muda berbakat disinyalir menjadi penyebabnya.

Selain Muhammad Riyandi, Shin Tae-yong juga memanggil Ernando Ari dan Aqil Savik ke Timnas Indonesia U-23.

Secara kualitas dan pengalaman, Muhammad Riyandi jauh lebih ungguk dari keduanya. Penjaga gawang kelahiran 3 Januari 2000 itu telah membukukan 23 penampilan untuk Barito Putera.

Selain itu, Muhammad Riyandi juga pernah menjadi pilihan utama di timnas U-19. Mulai musim ini, kiper berpostur 185 itu menyegel tempat utama di Barito Putera.

Selain Muhammad Riyandi, bagaimana dengan performa dua kiper Timnas Indonesia U-23 lainnya?

2 dari 3 halaman

Ernando Ari

Ernando Ari punya bakat untuk menjadi kiper hebat di masa depan. Namun, penjaga gawang Persebaya Surabaya itu sedang bermain buruk di level klub.

Ernando Ari, yang menjadi kiper utama Persebaya di musim ini menggantikan Satria Tama yang cedera, telah sembilan kali kebobolan dalam lima partai.

Kendati demikian, Shin Tae-yong tetap memercayai Ernando Ari ke Timnas Indonesia U-23. Kiper berusia 19 tahun itu dapat menjadi pelapis dari Muhammad Riyandi.

3 dari 3 halaman

Aqil Savik

Sejumlah pihak gagal paham dengan keputusan Shin Tae-yong memanggil Aqil Savik. Pasalnya, kiper Persib Bandung itu belum pernah bermain di BRI Liga 1.

Sejak promosi ke tim utama Persib pada 2018, Aqil Savik baru dua kali bermain, dengan satu di antaranya sebagai starter.

Masalahnya, Shin Tae-yong tidak hanya memercayai Aqil Savik ke Timnas Indonesia U-23, namun kiper asli Bandung, Jawa Barat itu juga rutin dipanggil ke timnas senior.

Video Populer

Foto Populer