Sukses


BRI Liga 1: Persebaya Tak Lagi Keluhkan Kepergian Rachmat Irianto Gabung Timnas Indonesia U-23 ke Tajikistan

Bola.com, Surabaya - Persebaya Surabaya merelakan kepergian kapten Rachmat Irianto hari ini, Senin (18/10/2021). Pemain asli Surabaya itu memenuhi panggilan pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia U-23 di Tajikistan.

Seperti diketahui, skuat arahan pelatih Shin Tae-yong itu sedang masa persiapan menatap dua laga Kualifikasi Piala Asia U-23 2022 melawan Australia pada 27 dan 30 Oktober 2021. Waktu mereka tidak banyak untuk mempersiapkan diri.

Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, kali ini tidak mengeluhkan lagi kepergian pemainnya ke Timnas Indonesia U-23 seperti sebelumnya. Dia kali ini mengikhlaskan Rachmat Irianto, yang merupakan pemain penting Persebaya, harus absen dulu dalam laga level klub.

“Saya sudah berkomitmen kepada pelatih Shin Tae-yong bahwa Rian (sapaan Rachmat Irianto) saya pinjam satu pertandingan. Dia sudah tampil melawan Persipura (Jayapura) dan sekarang waktunya kembali ke Timnas Indonesia U-23,” ujar Aji kepada Bola.com, Senin malam.

Rian merupakan pemain penting Persebaya Surabaya dan itu sudah terlihat saat timnya menang 3-1 untuk Bajul Ijo di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (16/10/2021) malam. Bertindak sebagai kapten sekaligus bek tengah, dia mengangkat mental rekan-rekannya dalam kondisi tertinggal.

 

2 dari 4 halaman

Beri Suntikan Moral

Persebaya tertinggal dulu lewat gol Ricky Kayame pada menit ke-53. Itu bermula dari gelandang Henrique Motta yang melepas tendangan jarak jauh, tapi sempat diamankan oleh kiper Andhika Ramadhani.

Andhika sebenarnya melakukan penyelamatan yang kurang sempurna. Bola yang ditepisnya lepas dan kemudian disambar oleh Ricky Kayame yang berdiri bebas tanpa kawalan. Skor 1-0 untuk Persipura.

Kepemimpinan yang dimiliki oleh Rian tentu saja sangat dibutuhkan dalam kondisi tertinggal. Meski masih berusia 22 tahun, pemain asli Surabaya itu merupakan sosok yang dihormati dalam skuat Persebaya.

Dalam situasi tertinggal itu, pemain yang juga bisa diturunkan sebagai gelandang bertahan itu memberikan suntikan moral kepada Dhika, sapaan Andhika Ramadhani, untuk mau bangkit.

Motivasi Rian kepada rekan-rekan setimnya terbukti mampu membangkit semangat. Persebaya kemudian membalasnya lewat tiga gol yang semuanya dicetak oleh trisula lini depan pemain asing.

 

3 dari 4 halaman

Siapa Pengganti Rachmat Irianto?

Mulanya Jose Wilkson mencetak gol penyama kedudukan lewat titik putih (62’) yang diikuti oleh gol pembalik keunggulan oleh Taisei Marukawa pada menit ke-70. Bruno Moreira kemudian melengkapi kemenangan dengan skor meyakinkan lewat tembakan kerasnya di menit ke-82.

Dengan peran penting itu, bagaimana Aji Santoso akan menemukan pemain pengganti Rian sebagai kapten maupun bek tengah atau gelandang bertahan?

“Nanti kami akan temukan penggantinya. Memang disayangkan dia harus pergi karena sedang dalam performa bagus. Tapi, saya sudah janji dia akan ikut TC timnas,” ucap pelatih berlisensi AFC Pro itu.

Timnas Indonesia U-23  bakal melakoni dua laga uji coba di Tajikistan. Pertama, mereka akan menghadapi Tajikistan pada Selasa (19/10/2021). Setelah itu, giliran Nepal yang diajak uji coba pada 22 Oktober 2021.

Sedangkan Persebaya dijadwalkan berjumpa dengan Persela Lamongan dalam pekan ketujuh BRI Liga 1 2021/2022. Duel sesama tim Jawa Timur itu bakal digelar, Kamis (21/10/2021) malam.    

4 dari 4 halaman

Yuk Tengok Posisi Persebaya

Video Populer

Foto Populer